Profil & Biografi Frank Wang

Loading...

Apabila Anda hanya mengetahui sosok Jack Ma yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Asia, maka perlu Anda ketahui ada seorang pemuda yang dinobatkan sebagai pemuda terkaya di Asia. Orang itu adalah Frank Wang, pendiri sekaligus CEO dari perusahaan drone DJI Technology. Berikut ini Profil & Biografi Frank Wang yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Biografi Frank Wang 1

Kehidupan Pribadi
Wāng Tāo atau sering dikenal dengan Frank Wang, lahir pada tahun 1980 di Hangzhou, Zhejiang, China. Ia lulusan Bachelor of Arts dari Hongkong University jurusan Science and Technology, setelah itu ia mengambil gelar Master of Science di kampus dan jurusan yang sama. Pada bulan Oktober 2016 lalu, Frank Wang masuk dalam daftar orang terkaya di China karena meraup uang sekitar Rp 48 triliun dari bisnis drone yang digelutinya.

Ketertarikannya pada pesawat tanpa awak dimulai ketika ia berusia 16 tahun. Saat itu, Frank Wang lulus dengan nilai memuaskan sehingga orang tuanya memberikan hadiah berupa perangkat pesawat remote kontrol. Sejak itulah, setiap harinya ia membaca buku dan informasi mengenai pesawat terbang dan seluk-beluknya.

Biografi Frank Wang 2

Perjalanan Karir
Saat tugas kuliah, Frank Wang menciptakan perangkat terbang yang dilengkapi dengan kamera. Menariknya, ia membuat perangkat tersebut dengan badget $ 2000 dollar dan ditawari oleh seseorang dengan harga $ 6000 dollar. Setahun kemudian, Frank Wang semakin yakin ingin mengembangkan drone tersebut.

Meskipun projek kuliah tersebut mendapat nilai buruk, tetapi karya pesawat tanpa pilot tersebut diterima dengan baik di forum internet untuk penggemar pesawat tak berawak di Shenzhen. Karena itulah, di tahun 2006, Frank Wang membangun perusahaan DJI Innovations dengan fokus membuat perangkat drone. Saat itu produk pertamanya ialah Phantom Drone. Lama-kelamaan, drone DJI semakin tersebar hingga mancanegara hingga industri teknologi di Amerika tertarik dengan konsep drone DJI.

Biografi Frank Wang 3

Pada tahap awal DJI, Frank Wang menerima bantuan dari almamaternya UST. Tapi dia juga diuntungkan dari pindah ke Shenzhen, yang telah berkembang menjadi modal perangkat keras teknologi China. DJI lalu tumbuh dengan cepat sejak start up sejak pembuat pesawat tak berawak ini digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Perusahaan Frank pun merekrut tenaga kerja sebanyak 2.800 orang.

Pembuktian ini telah menjadikan DJI sebagai pemasok pesawat tak berawak terbesar di dunia, dan bisa dibilang perusahaan Cina pertama yang meraih kepemimpinan global dalam produk konsumen. Pangsa pasarnya dalam ‘sistem udara tak berawak sipil’ sekitar 70%.

Di usianya yang baru menginjak 36 tahun, Frank Wang telah memiliki perusahaan yang telagh berhasil meraup kekayaan sampai mencapai USD 3,6 miliar atau berkisar Rp 48 triliun. Kesuksesan DJI Innovations membuat pria ini masuk dalam daftar Forbes ke – 54 dalam 100 orang terkaya di dunia dalam ruang lingkup teknologi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + eleven =