Profil & Biografi Gerard Butler

Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan Gerard Butler? Aktor legendaris ini telah bermain lebih dari 30 judul film selama dua decade berkecimpung di industri perfilman. Pria berumur 47 tahun ini paling dikenal melalui perannya sebagai Raja Leonidas yang otoritas di film “300” tahun 2007 atau film romantis seperti “The Bounty Hunter” tahun 2010, yang dibintanginya bersama Jennifer Aniston. Berikut ini Profil & Biografi Gerard Butler yang bisa Anda ketahui.

Biografi Gerard Butler 1

Kehidupan Pribadi
Gerard James Butler lahir di Paisley di Renfrewshire, Skotlandia, pada tanggal 13 November 1969. Ia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara, dari pasangan Margaret dan Edward Butler. Ia berasal dari keluarga Katolik keturunan Irlandia dan keluarganya pindah ke Montreal, Quebec, saat ia berusia enam bulan.

Gerard Butler pernah bersekolah di St Mirin’s & St Margaret’s High School di Paisley dan meraih nilai yang cukup baik untuk mendapatkan tempat di University of Glasgow School of Law. Ia juga menempuh ilmu di Scottish Youth Theatre saat remaja.

Selama waktunya sebagai mahasiswa, Gerard Butler adalah presiden masyarakat hukum universitas. Dia juga bernyanyi dalam sebuah band rock bernama Speed. Saat Gerard adalah seorang mahasiswa berusia 22 tahun, ayahnya didiagnosis menderita kanker dan meninggal dunia.

TORONTO, ON - SEPTEMBER 15: Gerard Butler attends the 'Septembers of Shiraz' premiere during the 2015 Toronto International Film Festival at the Roy Thomson Theatre on September 15, 2015 in Toronto, Canada. attends the 'Septembers of Shiraz' premiere during the 2015 Toronto International Film Festival at the Roy Thomson Theatre on September 15, 2015 in Toronto, Canada. (Photo by Walter McBride/FilmMagic)

Sebelum tahun terakhir sekolah hukumnya, Gerard Butler menghabiskan satu tahun untuk tinggal di California. Dia kebanyakan tinggal di Venice Beach, bekerja di tempat kerja yang berbeda, sering bepergian, dan minuman berat, hingga pada suatu saat ditahan karena melakukan tindakan yang berhubungan dengan alkohol.

Perjalanan Karir
Aktor tampan asal Skotlandia ini telah tampil di banyak film, panggung teater, dan televisi. Setelah belajar hukum, Gerard Butler beralih ke dunia akting pada pertengahan 1990an dengan peran kecil dalam produksi film seperti “Mrs Brown” (1997), film James Bond “Tomorrow Never Dies” (1997), dan “Tale of the Mummy” (1998). Pada tahun 2000, ia membintangi peran sebagai Dracula dalam film horor “Dracula” tahun 2000.

Di tahun berikutnya dan seterusnya, ia memainkan peran Attila the Hun di miniseri “Attila” (2001) dan kemudian muncul dalam film “Reign of Fire” yang juga diperankan oleh Christian Bale dan film “Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life” bersama Angelina Jolie tahun (2003), sebelum ia memerankan André Marek dalam adaptasi petualangan fiksi ilmiah karya Michael Crichton, “Timeline” (2003).

Biografi Gerard Butler 3

Gerard Butler kemudian berperan sebagai Erik, dalam film “The Phantom” dalam film adaptasi musikal Joel Schumacher tahun 2004 tentang musik The Phantom of the Opera bersama Emmy Rossum. Peran itu membuatnya mendapat nominasi Satellite Award untuk Aktor Terbaik.

Meskipun Gerard telah muncul dalam Attila dan The Phantom of the Opera, namun ia baru terkenal pada tahun 2007 atas penggambarannya sebagai Raja Leonidas dalam film perang fantasi karya Zack Snyder berjudul “300”. Peran tersebut membuatnya mendapatkan nominasi untuk Empire Award untuk Aktor Terbaik dan Saturn Award untuk Aktor Terbaik dan sebuah penghargaan untuk MTV Movie Award untuk Best Fight.

Pada tahun 2010, ia menyuarakan peran Stoick the Vast dalam film action fantasi animasi “How To Train Your Dragon”, peran yang kemudian ia ulangi dalam “Legend of the Boneknapper Dragon” (2010), “Gift of the Night Fury” (2011) dan “How To Train Your Dragon 2” (2014). Dia juga bermain sebagai pemimpin militer bernama Tullus Aufidius dalam film “Coriolanus”, sebuah adaptasi modern tentang tragedi Shakespeare dengan judul yang sama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 6 =