Profil & Biografi Melinda Gates

Loading...

Melinda Gates adalah seorang dermawan asal Amerika dan mantan karyawan Microsoft. Ia adalah istri dari pendiri Microsoft, Bill Gates. Dia juga menjadi salah satu pendiri Yayasan Bill & Melinda Gates. Wanita berumur 53 tahun ini masuk dalam daftar “The 100 Most Influental People” 2017 dalam jajaran ‘Leaders’. Berikut ini Profil & Biografi Melinda Gates yang perlu Anda ketahui.

Biografi Melinda Gates 1

Awal Kehidupan
Melinda Ann French lahir pada tanggal 15 Agustus 1964 di Dallas, Texas. Dia adalah anak kedua dari empat bersaudara dengan Raymond Joseph French Jr., seorang insinyur kedirgantaraan, dan Elaine Agnes Amerland, seorang ibu rumah tangga. Ia memiliki kakak perempuan dan dua adik laki-laki.

Melinda adalah seorang penganut Katolik Roma, yang menempuh pendidikan di Sekolah Katolik St. Monica, di mana dia adalah murid dengan nilai tertinggi di kelasnya. Setelah itu, ia juga lulus sebagai ahli waris dari Akademi Ursulin Dallas pada tahun 1982. Dia meraih gelar sarjana ilmu komputer dan ekonomi dari Duke University pada tahun 1986 dan gelar MBA dari Duke’s Fuqua School of Business pada tahun 1987. Di Duke, Melinda adalah anggota Alpha Kappa Theta sorority, Beta Rho Chapter.

Tak lama setelah lulus dari perguruan tinggi, Melinda French bergabung dengan Microsoft dan berpartisipasi dalam pengembangan banyak produk multimedia Microsoft, termasuk Publisher, Microsoft Bob, Encarta, dan Expedia.

Biografi Melinda Gates 2

Kehidupan Pribadi
Melinda bertemu dengan Bill Gates saat bekerja di Microsoft. Pada tahun 1994, dia menikah dengan Bill Gates dalam sebuah upacara pribadi yang diselenggarakan di Lanai, Hawaii. Tak lama kemudian, dia meninggalkan Microsoft untuk fokus untuk kehidupan keluarga barunya.

Posisi terakhirnya di pabrikan raksasa itu adalah General Manager Information Products. Melinda dan Bill Gates memiliki tiga orang anak yaitu anak perempuan Jennifer Katharine Gates (lahir 1996), Phoebe Adele Gates (lahir tahun 2002), dan anak laki-laki Rory John Gates (lahir 1999). Keluarga tersebut tinggal di rumah Bill Gates di tepi Danau Washington dekat Seattle.

Melinda Gates sempat menjabat sebagai anggota dewan pengawas Duke University dari tahun 1996 sampai 2003. Dia menghadiri konferensi Bilderberg Group dan memegang kursi di dewan direktur perusahaan Washington Post. Dia pensiun dari dewan Drugstore.com pada bulan Agustus 2006 untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk bekerja di Bill & Melinda Gates Foundation.

Penghargaan
Pada tahun 2002, Melinda Gates bersama menerima Penghargaan untuk Pelayanan Publik Terbesar yang Menguntungkan yang Tidak Mampu, sebuah penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Jefferson Awards.

Biografi Melinda Gates 3

Pada bulan Desember 2005, Melinda dan Bill Gates termasuk dalam daftar Time, “Person of the Year”. Mereka menerima Penghargaan Pangeran Asturias Spanyol untuk Kerjasama Internasional pada tanggal 4 Mei 2006, sebagai pengakuan atas dampak dunia mereka melalui pemberian amal.

Pada bulan Mei 2006, untuk menghormati pekerjaannya dalam memperbaiki kehidupan anak-anak di seluruh lokal dan di seluruh dunia, Rumah Sakit Anak Seattle mendedikasikan bangunan Perawatan Ambulatory Gates Melinda French di Seattle Children’s (yang kemudian disebut Children’s Hospital dan Regional Medical Center).

Pada tahun 2007, Melinda Gates menerima gelar doktor kehormatan dalam bidang kedokteran dari Institut Karolinska di Stockholm, Swedia. Dua tahun kemudian, Melinda dan Bill Gates menerima gelar kehormatan dari Universitas Cambridge. Donasi mereka sebesar $ 210 juta pada tahun 2000 dengan mendirikan Gates Cambridge Trust, yang mendanai sarjana pascasarjana dari luar Inggris untuk belajar di Universitas.

Pada tahun 2016, Presiden Barack Obama memberi penghargaan pada Melinda Gates dan suaminya dengan Presidential Medal of Freedom atas usaha filantropi mereka. Ia juga terdaftar oleh perusahaan yang berbasis di Inggris Richtopia di urutan ke-12 dalam daftar “200 Filantropis Paling Berpengaruh dan Wirausahawan Sosial di Seluruh Dunia”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =