Profil & Biografi Lee Hae Jin

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi Line? Bagi pengguna smartphone tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi perpesanan berwarna hijau ini bukan? Dibalik kesuksesan Line saat ini, terdapat seseorang yang dengan gigih mendirikannya dan membesarkan nama Line di kancah internasional. Orang itu ialah Lee Hae Jin, seorang sarjana dari Korea Selatan. Berikut ini Profil & Biografi Lee Hae Jin yang patut Anda ketahui.

Biografi Lee Hae Jin 1

Kehidupan Pribadi
Bernama Lee Hae Jin, ia lahir pada tanggal 14 November 1967 di Seoul, Korea Selatan, salah satu negara maju di dunia yang dipimpin oleh Moon Jae-in. Memang belum diketahui jelas mengenai latar belakang keluarganya, namun pria berumur 49 tahun ini merupakan seorang sarjana teknik di Universitas Nasional Seoul.

Setelah menyelesaikan sarjananya, Lee Hae Jin melanjutkan pendidikannya lagi di Korea Advanced Institute dan lulus dengan gelar Master of Science. Setelah menyelesaikan Master Degree, ia bekerja di SDS, anak perusahaan dari Samsung Group. Meskipun memiliki masa depan cerah di SDS, Hae Jin memutuskan untuk meninggalkan karirnya itu untuk mendirikan Naver.

Biografi Lee Hae Jin 2

Perjalanan Karir
Bagi yang belum tahu, Naver ialah perusahaan yang di dirikan oleh Lee Hae Jin, beberapa saat sebelum meluncurkan Line. Naver di ciptakan olehnya pada tahun 1999 dengan nama awal NHN atau Next Human Network. Pada awalnya, Naver hanyalah search engine seperti Google namun seiring berjalannya waktu, Naver menjadi mesin pencari terpopuler di Korea Selatan.

Di perusahaan Naver inilah, Lee Hae Jin berhasil menciptakan sebuah aplikasi messanger yang dinamakan Line. Aplikasi Line dirilis tahun 2011 dan sudah bisa dioperasikan pada perangkat yang berbasis Android dan iOS. Nama Line sendiri, terinspirasi dari orang Jepang yang mengantri telepon umum ketika gempa di Jepang tahun 2011.

Biografi Lee Hae Jin 3

Berkat ketenaran Line, nilai saham Naver pun melonjak sehingga berujung pada kekayaan Lee Hae Jin yang berlipat ganda. Kini, kekayaan pria dengan dua orang anak ini melebihi angka $ 1,1 miliar. Kesuksesan Lee Hae Jin yang cukup menakjubkan ini secara tak langsung membantu perekonomian Korea Selatan. Menurut Forbes, Lee Hae Jin masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Korea dengan posisi nomor 34 di tahun 2017 ini, dan di urutan 29 orang terkaya di Korea Selatan.

Dalam waktu yang tergolong singkat, Line berhasil mendominasi Jepang, Indonesia, Thailand, dan negara asalnya. Aplikasi buatan Lee Hae Jin yang berupa Line Messanger ini juga sudah di unduh sebanyak lebih dari 500 ribu juta unduhan dari pengguna Android di Google Play Store, itu pun belum termasuk pengguna iOS, Blackberry, Mac, dan Windows. Apalagi Lee Hae Jin mengembangkannya dengan aplikasi tambahan seperti game, anti virus, kamera, komik online seperti WEBTOON, dan masih banyak lagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + ten =