Profil & Biografi Priscilla Chan

Loading...

Priscilla Chan (lahir 24 Februari 1985) adalah seorang dokter anak, sekaligus wanita filantropi asal Amerika. Dia adalah istri dari pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Pada tahun 2015, dia dan suaminya menyumbangkan lebih dari 1,6 miliar dolar untuk kegiatan amal. Mereka juga memberikan 99% saham Facebook mereka senilai $ 45 miliar, ke Inisiatif Chan Zuckerberg, sebuah perusahaan aksi filantropi dan politik yang berfokus pada kesehatan dan pendidikan.

Biografi Priscilla Chan 1

Kehidupan Pribadi
Priscilla Chan lahir tanggal 24 Februari 1985 di Braintree, Massachusetts, dan dibesarkan di Quincy, Massachusetts, di luar Boston. Orang tuanya adalah pengungsi etnis Tionghoa yang melarikan diri dari Vietnam ke kapal pengungsi untuk menghindari penindasan dari pemerintah Vietnam.

Dia dibesarkan dengan berbicara bahasa Kanton dan sering menjadi juru bahasa untuk kakek-neneknya. Priscillia juga memiliki dua adik perempuan. Saat tahun 2003, Priscilla lulus sebagai ahli pidato kelas dari Quincy High School, dan terpilih sebagai “orang jenius dikelas” oleh teman-teman sekelasnya.

Priscilla Chan memasuki Universitas Harvard pada tahun 2003, di mana dia bertemu dan mulai berkencan dengan Mark Zuckerberg. Dia lulus pada tahun 2007 dengan gelar BA dalam bidang biologi, dan juga belajar bahasa Spanyol. Dia fasih berbahasa Kanton, Inggris dan Spanyol. Dia adalah orang pertama di keluarganya yang lulus kuliah.

Setelah lulus, Priscilla Chan mengajar ilmu pengetahuan di Harker School selama setahun, sebelum memasuki sekolah kedokteran di University of California, San Francisco pada tahun 2008. Dia lulus pada tahun 2012, dan menikah bersama Mark Zuckerberg pada tanggal 19 Mei 2012, sehari setelah peluncuran pasar saham Facebook.

Biografi Priscilla Chan 2

Pada tanggal 31 Juli 2015, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa dia dan istrinya sedang menantikan seorang bayi perempuan. Dia mengatakan bahwa dia merasa yakin bahwa resiko keguguran rendah sampai pada kehamilan, setelah Priscilla Chan telah mengalami tiga kali keguguran.

Priscilla Chan dan Mark Zuckerberg mengumumkan kelahiran putri mereka, Maxima Chan Zuckerberg pada tanggal 1 Desember 2015. Pada bulan Maret 2017, dia mengumumkan bahwa keduanya tengah menanti buah hati lagi, hingga pada tanggal 28 Agustus 2017, Priscilla dan Mark mengumumkan melalui facebook Mark Zuckerberg tentang kelahiran putri kedua mereka bernama August.

Filantropi
Priscilla Chan beserta suaminya telah menyumbangkan sekitar $ 1,6 miliar untuk amal, termasuk sumbangan sebesar $ 75 juta ke San Francisco General Hospital, tempat Chan bekerja. Pada tahun 2013, mereka memberi 18 juta saham Facebook (senilai lebih dari $ 970 juta) ke Yayasan Komunitas Silicon Valley. The Chronicle of Philanthropy menempatkan pasangan itu di urutan teratas daftar 50 dermawan Amerika yang paling dermawan untuk tahun itu. Mereka juga menyumbang sebanyak $ 120 juta untuk sekolah umum di San Francisco Bay Area.

Biografi Priscilla Chan 3

Pada tanggal 1 Desember 2015, Priscilla Chan dan Mark Zuckerberg mengirim sebuah surat terbuka ke anak perempuan mereka yang baru lahir. Mereka berjanji untuk menyumbangkan 99% saham Facebook mereka, senilai $ 45 miliar, ke Inisiatif Chan Zuckerberg, yang merupakan yayasan amal baru mereka untuk berfokus pada kesehatan dan pendidikan.

Tujuan amal Priscilla Chan berfokus pada pendidikan, kesehatan dan sains, yang terkait erat dengan latar belakang pribadinya. Wanita ini dianggap memiliki pengaruh kuat pada filantropi suaminya. Dia juga berencana untuk meluncurkan The Primary School pada tahun 2016, sebuah organisasi nirlaba yang akan menyediakan pendidikan K-12 serta perawatan prenatal, di Palo Alto Timur, California.

Priscilla Chan adalah satu dari enam orang yang dinominasikan untuk penghargaan Visioner of the Year tahunan San Francisco Chronicle pada bulan Maret 2017. Penghargaan tersebut menghormati para pemimpin yang berusaha menjadikan dunia tempat yang lebih baik dan juga mendorong perubahan dengan menerapkan praktik bisnis baru yang inovatif.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =