Profil & Biografi Achmad Zaky

Loading...

Achmad Zaky ialah salah satu enterpreneur Indonesia yang sukses di bidang internet. Ia merupakan pendiri dan CEO dari situs e-commerce Bukalapak.com, sebuah perusahaan berbasis marketplace C2C yang fokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah. Selain Nadiem Makarim yang membanggakan Indonesia dengan brand ‘Gojek’-nya, maka Achmad Zaky membanggakan Indonesia dengan brand Marketplace, Bukalapak, miliknya. Berikut ini Profil & Biografi Achmad Zaky yang bisa Anda ketahui.

Biografi Achmad Zaky 1

Awal Kehidupan
Achmad Zaky lahir pada tanggal 24 Agustus 1986 di Sragen, Indonesia. Ia mulai mengenal dunia teknologi sejak sekolah dasar. Pada tahun 1997, pamannya membelikan sebuah komputer beserta buku-buku tentang pemrograman. Karena itulah, ia tumbuh bersama komputer dan buku-buku tersebut.

Saat menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Solo, Achmad Zaky mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional di bidang komputer dan menang sampai tingkat nasional. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Sebagai mahasiswa, Achmad Zaky terkenal dengan anak yang cerdas dan beberapa kali mendapat IPK 4.00. Ia juga pernah mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di ITB. Ia menjadi salah satu pendiri lahirnya ShARE Global Student Think-Tank di ITB. Achmad Zaky pun sempat meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari Amerika Serikat selama dua bulan tahun 2008 silam. Ia juga pernah mewakili almameternya dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

Biografi Achmad Zaky 2

Perjalanan Karir
Karier Achmad Zaky berawal dari keaktifannya di dunia teknologi dan entrepreneurship saat kuliah di ITB. Ia mendapatkan tawaran untuk mengerjakan software quickcount pemilu dengan nilai 1,5 juta untuk sebuah stasiun televisi nasional. Setelah lulus kuliah, pria berumur 31 tahun ini pun mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia.

Achmad Zaky juga pernah mencoba untuk membuka usaha kuliner mie ayam saat kuliah namun akhirnya bangkrut. Sayangnya, ia sudah menghabiskan seluruh uang hasil menang dari berbagai perlombaan.

Dengan modal pengalaman membangun sistem IT di berbagai perusahaan besar, Achmad Zaky tercetus ide untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk banyak orang. Karena itulah, Bukalapak.com mulai dirintis pada tahun 2010. Ia pun bermimpi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UKM melalui internet.

Biografi Achmad Zaky 3

Code base Bukalapak akhirnya selesai dalam kurun waktu dua bulan. Awalnya, Achmad Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di Bukalapak. Namun, respon yang diberikan oleh mereka sangat kecil. Klien pertama yang ia dapatkan justru dari pedagang kecil.

Saat ditanya kenapa mereka mau bergabung, alasannya yaitu karena barang mereka di toko tidak laku-laku. Oleh sebab itu, mereka meminta bantuan Achmad Zaky untuk menjualnya di Bukalapak. Dari sini, ia memfokuskan diri untuk mengajak para pelaku UKM yang belum begitu berkembang hingga di tahun 2011, sudah terdaftar 10.000 pedagang yang bergabung di Bukalapak.

Pertumbuhan Bukalapak pun terbilang sangat pesat dan berhasil menarik minat banyak investor untuk menanamkan modal. Beberapa di antaranya adalah 500 Startups, IMJ Investment, Batavia Incubator, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 19 =