Profil & Biografi Liam Neeson

Loading...

Liam Neeson merupakan salah satu aktor senior di dunia hiburan Hollywood yang telah memainkan film sejak tahun 1978 silam. Di umurnya yang menginjak 65 tahun itu pun, Liam Neeson masih aktif bermain film layar lebar. Di tahun 2016 lalu, ia muncul dalam tiga judul film, yang salah satunya ialah “Silence”, bersama Andrew Garfield dan Adam Driver. Tahun 2017 ini juga, ia akan tampil dalam film “Felt” dan “The Commuter”. Berikut ini Profil Liam Neeson yang bisa Anda ketahui.

Biografi Liam Neeson 1

Kehidupan Pribadi
Liam John Neeson lahir di Ballymena, County Antrim, Irlandia Utara, pada tanggal 7 Juni 1952. Ia adalah putra dari Katherine Neeson, seorang juru masak, dan Bernard Neeson, seorang perawat di Sekolah Dasar Cowmena Boys All Saints. Dibesarkan sebagai seorang penganut Katolik Roma, ia dinamai Liam dari pendeta setempat.

Pria itu pertama kali melangkah di atas panggung pada usia 11 tahun, setelah guru bahasa Inggrisnya menawarinya peran utama dalam sebuah drama sekolah, yang ia terima karena gadis yang ia sukai juga ikut membintangi drama tersebut. Namun, setelah itu, Liam terus berperan dalam produksi drama sekolah selama tahun-tahun berikutnya.

Pada tahun 1971, Liam Neeson terdaftar sebagai mahasiswa ilmu fisika dan komputer di Queen’s University Belfast, Irlandia Utara, sebelum berangkat ke Guinness Brewery. Di Queen’s, ia menemukan bakatnya dalam dunia sepak bola dan terlihat oleh pemain Seán Thomas di Bohemian F.C. Ia pun memainkan satu babak pertandingan sebagai pengganti melawan Shamrock Rovers F.C., namun dia tidak ditawari kontrak.

Biografi Liam Neeson 2

Liam Neeson bertemu dengan calon istrinya, aktris Natasha Richardson, saat tampil dalam drama “Anna Christie” di Broadway pada tahun 1993. Mereka menikah pada tanggal 3 Juli 1994. Pada bulan Agustus 2004, Neeson dan istrinya membeli sebuah perkebunan di Millbrook, New York.

Namun, lima tahun kemudian, istrinya meninggal dunia saat mengalami cedera kepala parah akibat kecelakaan ski di Mont Tremblant Resort, sebelah barat laut Montreal. Dia dan Liam Neeson memiliki dua putra yaitu Micheál Richard Antonio (lahir 22 Juni 1995, di Dublin) dan Daniel Jack (lahir 27 Agustus 1996, di New York City).

Karir
Liam Neeson adalah seorang aktor dari Irlandia Utara. Pada tahun 1976, ia bergabung dengan Lyric Players ‘Theatre di Belfast selama dua tahun. Dia kemudian berperan dalam film Arthurian, “Excalibur” (1981). Antara tahun 1982 dan 1987, Liam Neeson membintangi lima film, terutama di samping Mel Gibson dan Anthony Hopkins di ”The Bounty” (1984) dan bersama Robert De Niro dan Jeremy Irons di “The Mission” (1986). Dia juga menduduki peran utama bersama Patrick Swayze di “Next of Kin” (1989).

Biografi Liam Neeson 3

Liam Neeson menjadi terkenal saat ia membintangi peran dalam film pemenang Academy Award karya Steven Spielberg, “Schindler’s List” (1993). Setelah itu, ia telah membintangi film-film sukses lainnya, termasuk peran utama dalam biografi historis “Michael Collins” (1996).

Kemudian dalam adaptasi film tahun 1998 dari Victor Hugo Les Misérables, opera epik ruang angkasa “Star Wars: Episode I – The Phantom Menace” (1999), biografi drama “Kinsey” (2004), film superhero “Batman Begins” (2005), serial action thriller seri “Taken” (2008-2014), film thriller survival “The Grey” (2011) dan drama sejarah “Silence” (2016). Dia juga memberikan suara Aslan dalam trilogi “The Chronicles of Narnia” (2005-2010) dan monster tituler dalam “A Monster Calls” (2016).

Liam Neeson telah dinominasikan untuk sejumlah penghargaan bergengsi, termasuk Academy Award for Best Actor, Penghargaan BAFTA untuk Aktor Terbaik dalam Peran Terkemuka dan tiga penghargaan Golden Globe untuk Aktor Terbaik dalam Drama Motion Picture. Majalah Empire menempatkannya di antara “100 Bintang Terseksi dalam Sejarah Film” dan “100 Bintang Film Terbaik Sepanjang Masa”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =