Profil & Biografi Jeff Goldblum

Loading...

Jeff Goldblum adalah seorang aktor Amerika yang telah menerima nominasi Oscar, Emmy, Genie dan Drama Desk Award sepanjang karirnya. Dia dikenal karena membintangi film terlaris pada zamannya, “Jurassic Park” (1993) dan “Independence Day” (1996), serta sekuel masing-masing, “The Lost World: Jurassic Park” (1997), “Independence Day: Resurgence tahun lalu, dan “Jurassic World: Fallen Kingdom” (2018), yang juga dibintangi oleh Chris Pratt. Berikut ini Profil Jeff Goldblum yang perlu Anda ketahui.

Biografi Jeff Goldblum 1

Kehidupan Pribadi
Jeffrey Lynn Goldblum lahir tanggal 22 Oktober 1952 dan besar di Homestead Barat, Pennsylvania, pinggiran kota Pittsburgh. Ibunya, Shirley, adalah seorang penyiar radio yang kemudian mengelola peralatan penjualan peralatan dapur, dan ayahnya, Harold L. Goldblum, adalah seorang dokter medis.

Dia memiliki saudara perempuan, Pamela, dan kakak laki-laki, Lee. Kakak lain yang lebih tua darinya bernama Rick, meninggal karena gagal ginjal pada usia 23 tahun. Keluarganya adalah orang Yahudi, dan berimigrasi dari Rusia dan Austria ke A.S.

Sebelum pindah ke New York City pada usia 17 untuk menjadi aktor, Jeff Goldblum bekerja di atas panggung dan belajar berakting di Neighborhood Playhouse yang terkenal di bawah bimbingan pelatih akting, Sanford Meisner. Dia membuat debut Broadway-nya di “Two Gentlemen of Verona”, yang berhasil memenangkan Tony Award Musical. Dia juga seorang pianis jazz berprestasi dan menyatakan bahwa jika dia tidak berakting, dia akan menjadi seorang musisi profesional.

Dari tahun 1980 sampai 1986, Jeff Goldblum pernah menikah dengan Patricia Gaul yang ikut membintangi “Silverado” (1985). Dari tahun 1987 sampai 1990, dia menikah lagi dengan Geena Davis, rekan mainnya dalam tiga judul film yaitu “Transylvania 6-5000” (1985), “The Fly” (1986), dan “Earth Girls Are Easy” (1988).

NEW YORK, NY - FEBRUARY 26: Actor Jeff Goldblum attends the "The Grand Budapest Hotel" New York Premiere at Alice Tully Hall on February 26, 2014 in New York City. (Photo by Michael Loccisano/WireImage)

Pada pertengahan tahun 2014, ia bertunangan dengan pesenam Olimpiade Kanada bernama Emilie Livingston. Pasangan ini menikah pada 8 November 2014. Saat tanggal 9 Januari 2015, Jeff Goldblum juga mengumumkan di “Late Show with David Letterman” bahwa mereka berdua sedang menunggu kelahiran seorang putra.

Anak Jeff Goldblum dan istrinya yaitu Charlie Ocean, yang lahir pada tanggal 4 Juli 2015. Pria itu kemudian mengumumkan pada konverensi Conan pada tanggal 11 Januari 2017 bahwa Emilie sedang mengandung anak kedua mereka. Tak lama kemudian, anak kedua mereka, seorang anak laki-laki bernama River Joe, lahir pada 7 April 2017.

Perjalanan Karir
Profil Jeff Goldblum dilanjut ke perjalanan karirnya. Dia membuat debut filmnya sebagai preman yang menyerang rumah di film “ Death Wish” tahun 1974. Tahun demi tahun berlalu, Jeff Goldblum telah memiliki peran utama dalam film seperti “The Fly” (1986), “The Lost World” (1997) dan Into the Night (1985).

Ia juga memerankan tokoh pendukung yang kuat termasuk perannya di “Invasion of the Body Snatchers” (1978), “The Big Chill (1983), “Jurassic Park” (1993), “Independence Day” (1996), serta film “The Life Aquatic with Steve Zissou” tahun 2004. Ia juga tampil dalam “The Grand Budapest Hotel” (2014) dan film kultus “The Adventures of Buckaroo Banzai Across the Eighth Dimension” (1984) dan “Igby Goes Down” (2002).

Biografi Jeff Goldblum 3

Jeff Goldblum menggantikan Chris Noth sebagai detektif senior dalam “Law & Order: Criminal Intent”. Dalam serial tersebut, ia berperan sebagai Detektif Zack Nichols. Pada bulan Agustus 2010, media melaporkan bahwa Jeff Goldblum telah memutuskan untuk tidak kembali ke serial tersebut, karena ia terus khawatir perihal masa depan program tersebut.

Pada tahun 2014, Jeff Goldblum muncul dalam sebuah episode di “Last Week Tonight” yang memparodikan perannya dalam Law & Order. Pada tahun 2016, dia mengembalikan perannya sebagai David Levinson di “Independence Day: Resurgence”, sekuel film invasi dan bencana alien, tahun 1996 di “Independence Day”.

Setahun kemudian, ia bergabung dengan pemeran film ketiga garapan Shane Carruth, “The Modern Ocean” bersama Anne Hathaway, Keanu Reeves, Daniel Radcliffe, Chloë Grace Moretz, Tom Holland, Asa Butterfield dan Abraham Attah. Pada bulan Mei 2016, Jeff Goldblum ditunjuk untuk berperan sebagai Grandmaster di “Thor: Ragnarok” yang akan menyatukannya kembali dengan sesama rekan dalam Jurassic Park, Sam Neill. Dia juga akan mengulangi perannya sebagai Dr. Ian Malcolm di “Jurassic World: Fallen Kingdom”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 2 =