Profil & Biografi Mark Ruffalo

Loading...

Bagi Anda yang menggemari serial The Avengers, pastinya sudah hafal beberapa karakter superhero yang beraksi di dalamnya. Diantaranya adalah Captain America yang diperankan oleh Chris Evans, Iron Man oleh Robert Downey Jr, Black Widow oleh Scarlett Johansson, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, terdapat sosok raksasa hijau, Hulk, yang diperankan oleh Mark Ruffalo. Berikut ini Profil Mark Ruffalo yang bisa Anda ketahui.

Biografi Mark Ruffalo 1

Kehidupan Pribadi
Mark Alan Ruffalo lahir pada tanggal 22 November 1967 di Kenosha, Wisconsin. Ibunya, Marie Rose, adalah seorang hairdresser dan stylist, dan ayahnya, Frank Lawrence Ruffalo, Jr., bekerja sebagai pelukis konstruksi. Dia memiliki dua saudara perempuan, Tania dan Nicole, serta seorang saudara laki-laki, Scott (meninggal tahun 2008). Ayahnya keturunan Italia, dari Girifalco, dan ibunya keturunan setengah Kanada dan setengah Italia.

Pria itu menghabiskan masa remajanya di Virginia Beach, Virginia, tempat ayahnya bekerja. Dia sempat berkompetisi dalam gulat di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Wisconsin dan Virginia dan merupakan pegulat tingkat negara bagian.

Mark Ruffalo lulus dari First Colonial High School di Virginia Beach, dan kemudian pindah bersama keluarganya ke San Diego, California, lalu ke Los Angeles, di mana dia mengikuti kelas di Stella Adler Conservatory dan mendirikan Orpheus Theatre Company. Dengan Orpheus Theatre Company, dia menulis, mengarahkan, dan membintangi sejumlah drama, serta menghabiskan hampir satu dekade bekerja sebagai bartender.

Sejak bulan Juni 2000, Mark Ruffalo telah menikah dengan Sunrise Coigney dan mereka memiliki tiga anak yaitu Keen (lahir tahun 2001), Bella Noche (lahir tahun 2005) dan Odette (lahir tahun 2007). Mereka sekeluarga tinggal di Manhattan.

Biografi Mark Ruffalo 2

Setelah menyelesaikan projeknya di film “The Last Castle”, Mark Ruffalo didiagnosis menderita neuroma akustik, sejenis tumor otak, dan menjalani operasi yang untungnya tumor itu jinak namun mengakibatkan periode kelumpuhan wajah parsial. Dia pun sembuh dari kelumpuhan. Namun sayang, ia menjadi tuli di telinga kirinya akibat tumor tersebut.

Perjalanan Karir
Mark Ruffalo adalah seorang aktor, pembuat film, dan aktivis sosial berkebangsaan Amerika. Dia membuat debut layarnya di sebuah episode dalam “CBS Summer Playhouse” (1989), kemudian diikuti oleh peran film minor. Dia adalah anggota dari pemeran utama “This Is Our Youth” (1996), yang berkat aktingnya ini, ia dinominasikan untuk Independent Spirit Award.

Beberapa perannya di film populer ialah adalah dalam “13 Going on 30” (2004), “Eternal Sunshine of the Spotless Mind” (2004),” Zodiac” (2007), dan “What Doesn’t Kill You” (2008). Pada tahun 2010 lalu, ia membintangi thriller psikologis berjudul “Shutter Island” dan drama komedi” The Kids Are All Right”.

Mark Ruffalo juga pernah menerima nominasi untuk SAG Award, BAFTA Award, dan Academy Award untuk Best Supporting Actor. Dia juga turut membintangi film misteri-sulap berjudul “Now You See Me” dan “Now You See Me 2” sebagai Agen Khusus FBI bernama Dylan Rhodes.

Mark Ruffalo

Setelah itu, Mark Ruffalo memperoleh ketenaran internasional dengan menggambarkan karakter Hulk di dalam Marvel Cinematic Universe untuk menggantikan Edward Norton, dalam The Incredible Hulk, yang diluncurkan pada tahun 2008. Aktingnya sebagai Hulk dimulai dari film “The Avengers” (2012) dan kemudian mengulangi perannya sebagai raksasa hijau di “Avengers: Age of Ultron” (2015). Bukan hanya itu, Mark Ruffalo ikut tampil dalam film terbaru “Thor: Ragnarok” (2017), “Avengers: Infinity War” (2018), beserta sekuelnya di tahun 2019 mendatang.

Dia membintangi dan juga menjadi produser eksekutif film drama tahun 2014 lalu, “The Normal Heart”, yang dinominasikan untuk Primetime Emmy Award untuk Outstanding Television Movie dan dia memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Aktor Terbaik di Film TV.

Pada tahun yang sama pula, Mark Ruffalo memerankan sebagai Dave Schultz di “Foxcatcher”, yang dinominasikan untuk penghargaan, termasuk Golden Globe, dan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik. Pada tahun 2015, ia dinominasikan untuk Golden Globe Award untuk Best Actor – Motion Picture Musical atau Comedy for Infinitely Polar Bear dan juga menerima nominasi BAFTA dan Academy Award untuk perannya dalam drama “Spotlight”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =