Profil & Biografi Dua Lipa

Loading...

Dua Lipa adalah penyanyi, penulis lagu dan model asal Inggris. Karir musiknya dimulai pada usia 14 tahun, saat dia mulai mencover lagu oleh artis lain seperti Nelly Furtado dan Christina Aguilera di YouTube. Pada bulan Januari 2017 lalu, dia memenangkan EBBA Public Choice Award. Album debutnya yang berjudul “Dua Lipa” dirilis pada tanggal 2 Juni 2017. Berikut ini Profil Dua Lipa dari kehidupan pribadi hingga perjalanan karir.

Biografi Dua Lipa 1

Kehidupan Pribadi
Dua Lipa lahir pada tanggal 22 Agustus 1995 di London, Inggris, dari orang tua etnis Albania yang telah meninggalkan Pristina pada 1990-an. Dia bersekolah di Sylvia Young Theatre School, sebelum pindah ke Kosovo bersama keluarganya di tahun 2008. Wanita cantik ini pun tumbuh dewasa dan terinspirasi dari ayahnya yang juga seorang penyanyi, Dukagjin Lipa.

Pada usia 14 tahun, dia mulai mengupload beberapa cover lagu favoritnya dari penyanyi lain seperti P!Nk, Christina Aguilera dan Nelly Furtado di YouTube. Pada usia 15 tahun, dia pindah kembali ke London dengan aspirasi untuk menjadi seorang penyanyi. Tak lama kemudian, dia mulai bekerja sebagai model berkat wajah dan tinggi badannya yang mendukung.

Biografi Dua Lipa 2

Perjalanan Karir
Pada tahun 2015, Dua Lipa mulai mengerjakan album debutnya untuk Warner Music Group. Pada bulan Agustus 2015, dia merilis single pertamanya “New Love”, yang diproduksi oleh Emile Haynie dan Andrew Wyatt. Dia lalu merilis single keduanya berjudul “Be the One”, yang ditulis oleh Lucy Taylor, pada bulan Oktober 2015.

Lagu tersebut meraih kesuksesan di seluruh Eropa hingga mencapai nomor satu di Belgia, Polandia dan Slovakia, serta mencatat dalam 10 besar di lebih dari 11 wilayah Eropa. Di Australia dan Selandia Baru, lagu tersebut menjadi sukses dengan masing-masing mencapai peringkat 6 dan 20. Dua Lipa menggambarkan gaya musiknya sebagai “pop gelap”.

Biografi Dua Lipa 3

Pada tanggal 18 Februari 2016, Dua Lipa merilis single ketiganya berjudul “Last Dance”, yang diikuti oleh “Hotter than Hell” pada tanggal 6 Mei. “Hotter than Hell” menjadi hit di seluruh dunia, terutama di Inggris, di mana ia memuncak di nomor 15. Beberapa bulan kemudian, single kelima Dua Lipa yaitu “Blow Your Mind (Mwah)” dirilis.

Lagu ini menjadi entri pertama baginya dalam AS Billboard Hot 100, yang memulai debutnya di nomor 72. “Blow Your Mind (Mwah)” juga menduduki puncak tangga lagu Billboard Dance Club Songs dan mencapai nomor 23 di chart Billboard Mainstream Top 40. Di tempat lain, lagu tersebut menikmati kesuksesan dengan mencapai 20 besar di Belgia, Hungaria, Selandia Baru dan Skotlandia. Di Inggris, single ini memuncak di nomor 30, menjadikannya single charting kedua Dua Lipa di wilayah Inggris.

Pada bulan November 2016, Sean Paul merilis single “No Lie” yang juga menampilkan Dua Lipa. Tak lama dari itu, Dua Lipa merilis single “Scared to Be Lonely” bersama Martin Garrix. Album debutnya yang berjudul “Dua Lipa” dirilis pada tanggal 2 Juni 2017. Single ketiganya “New Rules”, menjadi nomor dua pertama di Inggris. Dengan demikian, lagu ini juga menjadi lagu pertama dalam hampir dua tahun oleh artis solo wanita tersebut untuk mencapai puncak di Inggris, karena di dahului oleh “Halo” oleh Adele pada tahun 2015.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =