Profil & Biografi Kendrick Lamar

Loading...

Kendrick Lamar telah lama dipuji sebagai ‘penyelamat Hip-Hop’ berkat keahlian rapping dan story telling yang membuktikan pada dunia bahwa musik rap bukan hanya sekedar musik yang mempromosikan kekerasan dan seks. Pria ini jugalah yang berduet dengan Taylor Swift dalam single “Bad Blood”. Berikut Profil Kendrick Lamar yang bisa Anda baca di bawah ini.

BURBANK, CALIFORNIA - APRIL 09: Rapper Kendrick Lamar speaks onstage during the 2016 MTV Movie Awards at Warner Bros. Studios on April 9, 2016 in Burbank, California. MTV Movie Awards airs April 10, 2016 at 8pm ET/PT. (Photo by Emma McIntyre/Getty Images for MTV)

Kehidupan Pribadi
Kendrick Lamar Duckworth lahir pada tanggal 17 Juni 1987 di Compton, California. Ayah Kendrick, Kenny Lamar, adalah seorang anggota gang jalanan bernama Gangster Disciples. Nama depannya itu diberikan kepadanya oleh sang ibu untuk menghormati penyanyi dan penulis lagu Amerika Eddie Kendricks, dari The Temptations.

Pada tahun 1995, tepatnya saat Kendrick Lamar menginjak usia delapan tahun menyaksikan idolanya, Tupac Shakur dan Dr. Dre, yang memfilmkan video musik untuk single hit mereka “California Love”. Menurutnya kejadian ini merupakan momen yang sangat penting dalam hidupnya. Ia juga bersekolah di McNair Elementary di Compton Unified School District dan melanjutkannya dengan mengikuti Centennial High School di Compton, di mana dia adalah seorang siswa straight-A.

Perjalanan Karir
Saat berusia 16 tahun, Kendrick Lamar merilis proyek full-length pertamanya, sebuah mixtape berjudul “Youngest Head Nigga in Charge” dengan nama samaran K-Dot. Mixtape ini dirilis di bawah Konkrete Jungle Muzik dan mengumpulkan pengakuan lokal untuknya. Mixtape tersebut juga membuat Kendrick Lamar menandatangani sebuah kontrak rekaman dengan Top Dawg Entertainment (TDE), label rekaman indie yang baru didirikan, yang berbasis di Carson, California. Dia mulai merekam single dengan label tersebut yang kemudian merilis mixtape berisi 26 lagu dua tahun kemudian, berjudul “Training Day” (2005)

Rapper Kendrick Lamar performs during the 2016 Austin City Limits Music Festival at Zilker Park on October 8, 2016 in Austin, Texas. / AFP / SUZANNE CORDEIRO (Photo credit should read SUZANNE CORDEIRO/AFP/Getty Images)

Sepanjang tahun 2006 dan 2007, Kendrick Lamar terus muncul di samping rapper Pantai Barat lainnya yang sedang naik daun, seperti Jay Rock dan Ya Boy, sebagai pembuka untuk rapper veteran West Coast, The Game. Di bawah nama samaran K-Dot, Kendrick Lamar juga tampil di lagu The Game’s “The Cypha” dan “Cali Niggaz”.

Pada tahun 2008, ia tampil menonjol di seluruh video musik untuk single debut Jay Rock, “All My Life (In the Ghetto)”, yang menampilkan superstar hip hop Amerika, Lil Wayne, dan didukung oleh Warner Bros Records. Kendrick Lamar mengumpulkan pengakuan lebih lanjut setelah sebuah video pertunjukan live dari sebuah pertunjukan Charles Hamilton muncul, di mana Charles Hamilton melawan rekan rapper yang hadir di antara penonton. Ia tidak ragu dan mulai rapping dengan isi yang sangat penting untuk lagu “Keep It Real” Miilkbone, yang kemudian akan muncul di lagu berjudul “West Coast Wu-Tang”.

Setelah menerima tanda tangan dari Lil Wayne, Kendrick Lamar merilis mixtape ketiganya pada tahun 2009, berjudul “C4”, yang banyak bertema di sekitar Wayne sendiri yakni Tha Carter III LP. Setelah itu, ia memutuskan untuk melepas nama K-Dot sebagai nama panggung dan hadir kembali dengan nama aslinya. Dia kemudian merilis “The Kendrick Lamar EP” pada akhir 2009. Pada tahun yang sama pula, ia membentuk Black Hippy, sebuah kelompok supergroup hip hop, dengan label label TDE-nya, Jay Rock, Ab-Soul and Schoolboy Q.

Biografi Kendrick Lamar 3

Kendrick Lamar mulai mendapatkan pengakuan internasional di tahun 2010, setelah merilis ritel pertamanya, “Overly Dedicated”. Tahun berikutnya, ia secara independen merilis album studio pertamanya, “Section.80”, yang termasuk single debutnya, “HiiiPoWeR”. Pada saat itu, dia mengumpulkan sejumlah besar fans Internet dengan berkolaborasi bersama beberapa artis terkemuka di industri hip hop, termasuk The Game, Busta Rhymes, dan Snoop Dogg.

Album debut major labelnya, “good kid, m.A.A.d city”, dirilis pada tahun 2012 oleh TDE, Aftermath, dan Interscope Records yang kesuksesan kritis. Album ini memulai debutnya di nomor dua di tangga lagu Billboard 200 AS dan kemudian mendapat sertifikasi platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA).

Kendrick Lamar juga memenangkan Grammy Award pertamanya untuk “i”, single utama dari album ketiga yang mendapat pujian kritis untuk “Pimp a Butterfly” (2015). Album ini menghasilkan musik jazz, funk, soul, dan jazz, memulai debutnya di puncak tangga lagu di AS dan Inggris, dan memenangkan Grammy Award untuk Best Rap Album di acara ke-58.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 11 =