Profil & Biografi Kanye West

Loading...

Kanye West adalah salah satu rapper asal Amerika yang sukses secara internasional. Ia telah mengeluarkan delapan album studio, mulai dari tahun 2004 hingga 2016 lalu. Selama jadi rapper dan penyanyi, suami dari Kim Kardashian ini juga sering menjadi cameo dalam beberapa film. Berikut Profil Kanye West mulai dari kehidupan pribadi dan perjalanan karirnya.

Biografi Kanye West 1

Kehidupan Pribadi
Kanye Omari West lahir pada tanggal 8 Juni 1977 di Atlanta, Georgia. Orang tuanya bercerai saat usianya tiga tahun. Setelah bercerai, dia dan ibunya pindah ke Chicago, Illinois. Ayahnya, Ray West, adalah mantan Black Panther dan merupakan salah satu jurnalis foto berkulit hitam pertama di The Atlanta Journal-Constitution.

Ibu West, Dr. Donda C. (Williams) West, adalah seorang profesor bahasa Inggris di Universitas Clark Atlanta, dan Ketua Departemen Bahasa Inggris di Chicago State University sebelum pensiun untuk bekerja sebagai manajer anaknya. Kanye hanya berlatar belakang sekolah kelas menengah, menghadiri Sekolah Menengah Atas Polaris di Oak Lawn, Illinois setelah tinggal di Chicago.

Kanye West telah menunjukkan ketertarikan pada seni sejak usia dini. Dia mulai menulis puisi saat berusia lima tahun. Ibunya ingat bahwa ia pertama kali memperhatikan gairah anaknya itu untuk menggambar dan musik saat ia berada di kelas tiga. Tumbuh di Chicago, Kanye West menjadi sangat terlibat dalam musik hip hop.

Dia mulai rapping dari kelas tiga dan mulai membuat komposisi musik di kelas tujuh, yang akhirnya menjualnya ke artis lain. Pada usia tiga belas tahun, Kanye West menulis lagu rap berjudul “Green Eggs and Ham” dan mulai membujuk ibunya untuk membayar $ 25 per jam di sebuah studio rekaman.

CANNES, FRANCE - JUNE 17: Kanye West attends the 2014 Cannes Lions on June 17, 2014 in Cannes, France. (Photo by Didier Baverel/WireImage)

Setelah lulus dari sekolah menengah atas, Kanye West mendapat beasiswa untuk mengikuti American Academy of Art di Chicago pada tahun 1997 dan mulai mengambil kelas melukis, namun tak lama kemudian, ia dipindahkan ke Chicago State University untuk belajar bahasa Inggris. Dia segera menyadari bahwa jadwal kelasnya yang padat membuat bakat musiknya terganggu, sehingga pada usia 20 tahun dia putus kuliah untuk mengejar impian bermusiknya.

Dalam hubungan asmaranya, Kanye West mulai berkencan dengan bintang reality show dan teman lamanya, Kim Kardashian, pada bulan April 2012. Keduanya pun bertunangan pada bulan Oktober 2013, dan menikah pada tanggal 24 Mei 2014 di Fort di Belvedere di Florence, Italia. Mereka memiliki dua anak yaitu North West (lahir Juni 2013) dan Saint West (lahir Desember 2015).

Perjalanan Karir
Kanye West adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, perancang busana, dan pengusaha asal Amerika. Ia sempat menghadiri sekolah seni sebelum dikenal sebagai produser untuk Roc-A-Fella Records di awal tahun 2000-an, yang menghasilkan single hit untuk artis seperti Jay-Z dan Alicia Keys.

Biografi Kanye West 3

Berusaha mengejar karir solo sebagai rapper, Kanye West merilis album debutnya “The College Dropout” pada tahun 2004. Album ini pun meluas sukses secara kritis dan komersial, dan mendirikan label rekaman GOOD Music. Dia melanjutkan untuk mengejar berbagai gaya pada album selanjutnya yaitu “Late Registration” (2005), “Graduation” (2007), dan “808s & Heartbreak” (2008).

Pada tahun 2010, ia merilis album kelimanya berjudul “My Beautiful Dark Twisted Fantasy” yang mendapat sambutan hangat dari kritikus, sehingga di tahun berikutnya, ia kembali merilis album kolaboratif bertajuk “Watch the Throne” bersama Jay-Z. Kanye West juga merilis album keenamnya yang abrasif, “Yeezus”, dan mendapatkan pujian kritis pada tahun 2013. Album ketujuhnya, “The Life of Pablo”, pun kemudian dirilis pada tahun 2016.

Kanye West adalah salah satu musisi paling terkenal di abad ke-21, dan merupakan salah satu artis terlaris sepanjang masa yang telah menjual lebih dari 32 juta album dan 100 juta unduhan digital di seluruh dunia. Dia telah memenangkan total 21 Grammy Awards, sehingga menjadikannya sebagai salah satu artis paling dihormati sepanjang masa dan artis yang paling banyak dianugerahkan Grammy karena memulai debutnya di abad 21.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 2 =