Profil & Biografi Kelly Clarkson

Loading...

Kelly Clarkson adalah penyanyi wanita bersuara emas yang namanya melejit setelah keluar jadi pemenang dalam acara American Idol musim pertama. Bahkan, ia telah berhasil meraih dua buah piala Grammy Award tahun 2006 untuk Best Female Pop Vocal Performance dan Best Pop Vocal Album. Bahkan, penjualan single-nya yang berjudul “A Moment Like This” di tahun 2002 mampu mengalahkan Mariah Carey di tahun sebelumnya. Berikut ini Profil Kelly Clarkson yang bisa Anda ketahui.

Kelly Clarkson on TODAY

Kehidupan Pribadi
Kelly Brianne Clarkson lahir pada tanggal 24 April 1982 di Fort Worth, Texas, dari pasangan Jeanne Ann, seorang guru bahasa Inggris kelas satu, dan Stephen Michael Clarkson, seorang mantan insinyur. Dia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dengan saudara laki-laki bernama Jason dan seorang saudara perempuan bernama Alyssa.

Kelly Clarkson juga memiliki dua adik laki-laki yang lebih muda dari pernikahan kedua ayahnya. Orang tuanya bercerai saat usianya enam tahun, dimana adiknya pergi untuk tinggal bersama ayah mereka, saudara perempuannya tinggal bersama seorang bibi dan dia tinggal dengan ibunya.

Wanita cantik ini pernah menempuh ilmu di Sekolah Menengah Pauline Hughes dan di kelas tujuh, guru paduan suara sekolah, Cynthia Glenn, mendengar nyanyiannya di koridor dan memintanya untuk mengikuti audisi untuk paduan suara sekolah, meskipun dia tidak pernah menerima pelatihan vokal profesional.

Kelly Clarkson lulus dari SMA Burleson, di mana dia tampil di beberapa musikal, seperti “Annie Get Your Gun”, “Seven Brides for Seven Brothers” dan “Brigadoon”. Dia pernah bernyanyi di acara bakat SMA-nya, dimana seorang penonton mengatakan kepadanya: “Tuhan telah memberi kamu hadiah ini, Anda harus bernyanyi. Anda ditakdirkan untuk bernyanyi.”

American singer and songwriter Kelly Clarkson poses for a portrait in promotion of her forthcoming album "Piece by Piece" at the Sony Club, on Wednesday, March 4, 2015 in New York. (Photo by Victoria Will/Invision/AP)

Perkataan itulah yang mengilhami Kelly Clarkson terus bernyanyi dan segera memulai latihan klasik, dengan harapan bahwa musik akan menjadi tiketnya untuk mendapatkan beasiswa perguruan tinggi. Setelah lulus dari sekolah menengah atas, ia ditawari beasiswa penuh ke University of Texas di Austin, University of North Texas, dan Berklee College of Music, namun sayang, saat itu ia menolaknya karena ingin fokus bermusik dan menambahkan jika kuliah bisa kapan saja.

Setelah lulus kuliah, Kelly Clarkson mulai bekerja beberapa pekerjaan untuk membiayai demo, materi rekaman dan mencoba memasarkannya ke label rekaman, namun mendapat sedikit respon. Pada tahun 2001, dia melakukan perjalanan ke Los Angeles, mencoba mengejar karir di bidang musik. Dia tampil sebagai tambahan dalam beberapa serial televisi seperti di “Sabrina, the Teenage Witch” dan “Dharma & Greg”, serta sempat bekerja sama dengan musisi Gerry Goffin untuk merekam lima demo tracks dalam upaya untuk mendapatkan kontrak rekaman.

Perjalanan Karir
Setelah ditolak oleh hampir seluruh label rekaman di Amerika, Kelly Clarkson pun kembali ke Burleson. Di sana, ia direkomendasikan oleh temannya untuk mengikuti audisi “American Idol: The Search for a Superstar”. Ia pun mendapat golden ticket dan keluar sebagai pemenang pada tahun 2002. Setelah itu, Kelly berhasil mendapatkan kontrak rekaman dengan RCA Records.

Single perdana Kelly Clarkson yang dirilis adalah “Before Your Love / A Moment Like This”, yang menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika Serikat dan menjadi single terlaris tahun 2002 di negara itu. Kesuksesan ini diikuti dengan perilisan album debutnya, “Thankful” (2003), yang memulai debutnya di nomor satu chart Billboard 200.

Biografi Kelly Clarkson 3

Mencoba untuk menemukan kembali citranya, Kelly Clarkson memutuskan untuk berpisah dengan manajemen American Idol dan mengembangkan suara rock yang lebih pop untuk album keduanya, “Breakaway” (2004). Album ini terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia dan mendapatkan dua penghargaan Grammy Awards untuknya.

Wanita berumur 35 tahun ini mengambil kontrol lebih lanjut untuk album ketiganya, “My December” (2007), sehingga otomatis ia menjadi produser eksekutif dan co-writing dari keseluruhan album. Namun, hal ini menyebabkan perseteruan dengan labelnya, yang tidak puas dengan musik rock khas Kelly Clarkson yang lebih ‘gelap’ dan kurang komersial sehingga mereka enggan mempromosikan album tersebut.

Kelly Clarkson kembali ke puncak tangga lagu dengan album keempatnya yang berorientasi mainstream, “All I Ever Wanted” tahun 2009. Single utamanya, “My Life Would Suck Without You”, memegang rekor terbesar karir musiknya karena menempati nomor satu di Billboard Hot 100.

Dia mencetak rekor lagi dengan menempati posisi satu lagi di Billboard Hot 100 lewat single-nya “Stronger (What’s Kill You) “dari album studio kelima, “Stronger” (2011), yang membuat Kelly Clarkson menjadi artis pertama yang memenangkan Grammy Award untuk Best Pop Vocal Album sebanyak dua kali.

Album studio keenam dan rekaman Natal pertamanya, “Wrapped in Red” (2013), menjadi album liburan terlaris tahun itu sehingga menjadikannya artis wanita Amerika pertama yang meraih prestasi ini. Album ketujuh dan terakhirnya di bawah RCA, “Piece by Piece” (2015), adalah album ketiganya yang debut di nomor satu di Billboard 200. Judul lagunya menjadi single kesepuluh yang terlaris di Hot 100. Dia lalu menandatangani kontrak dengan Atlantic Records di 2016 dan merekam album kedelapan yang dipengaruhi oleh dirinya sendiri, “Meaning of Life” yang rilis tahun ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 1 =