Profil & Biografi Hyuna

Loading...

Hyuna adalah penyanyi, penari, penulis lagu dan model asal Korea Selatan. Dia mulai terkenal pada akhir tahun 2000-an sebagai anggota grup bernama Wonder Girls, namun ia meninggalkan grup tersebut di tahun 2007. Hyuna kemudian bergabung dengan girl group 4Minute pada tahun 2009. Dua tahun kemudian 4Minute bubar dan ia memulai karir solo di tahun 2010. Single debutnya berjudul “Change” memuncak di posisi 2 Gaon Digital Chart. Berikut ini Profil Hyuna yang bisa Anda ketahui.

Biografi Hyuna 1

Kehidupan Pribadi
Hyuna lahir pada tanggal 6 Juni 1992 di Seoul, Korea Selatan dengan nama keluarga Kim Hyun-ah. Dia menempuh pendidikannya di Choongam Middle School dan Korea High School of Music and Arts. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah di Universitas Konkuk, jurusan seni budaya, dan menerima pengakuan khusus dari sekolah tersebut

Nama Hanja Hyuna adalah “泫 我”. Namun, gurunya dari Cina mengatakan kepadanya bahwa hal itu terdengar aneh dalam bahasa Mandarin (pinyin: Xuàn Wǒ, bisa diterjemahkan sebagai “Saya menangis”) dan merekomendasikan agar dia mengadopsi karakter “泫 雅” (pinyin: Xuàn Yǎ) sebagai namanya untuk promosi kegiatan di Taiwan, yang disepakati Hyuna, berkomentar bahwa “泫 雅” terdengar sangat menggemaskan.

Biografi Hyuna 3

Wanita berumur 25 tahun ini memiliki tato di bahu kirinya yang berbunyi, “My mother is the heart that keeps me alive”. Dia juga memiliki tato lain di lengan kanannya yang bertuliskan “Tempus”, yang berarti ‘waktu’ dalam bahasa Latin.

Perjalanan Karir
Perjalanan karir Hyuna dimulai pada tahun 2006, dimana ia menjadi anggota grup Wonder Girls saat usianya menginjak 14 tahun. Wonder Girls adalah sebuah grup wanita yang dikelola oleh JYP Entertainment, yang juga agensi dari grup Twice. Hyuna berperan sebagai rapper utama kelompok ini.

Hyuna berpartisipasi dalam debut mini album grup tersebut bertajuk “The Wonder Begins”, yang dirilis pada bulan Februari 2007. Dia juga menjadi bagian dari acara televisi kelompok MTV Wonder Girls selama dua musim, dan ikut bersama “Show! Music Core” dengan Sohee (anggota Wonder Girls) dan Fly to the Sky oleh penyanyi Brian Joo dari tanggal 12 – 30 Juni 2007. Namun, Hyuna meninggalkan Wonder Girls pada bulan Juli, saat dia dipindahkan oleh orang tuanya karena kekhawatiran mereka akan kesehatannya, khususnya, gastroenteritis kronis dan sering pingsan.

Biografi Hyuna 2

Pada tahun 2008, ia bergabung dengan Cube Entertainment dan kemudian memulai debutnya sebagai bagian dari grup wanita bernama 4Minute. Diumumkan pada bulan Mei 2009, kelompok tersebut memulai debutnya dengan single “Hot Issue” tunggal pada tanggal 15 Juni di tahun itu. Dia juga merilis film pertamanya yang berjudul “Bubble Pop!” pada tahun 2011.

Dengan penjualan EP yang sukses, beberapa judul lagu terjual lebih dari 2,5 juta eksemplar, membuat Hyuna menjadi artis solo K-pop wanita pertama yang mencapai 100 juta penayangan di satu video YouTube. Pada tahun 2012, ia menjadi bintang video klip di single hit diseluruh dunia “Gangnam Style” oleh Psy. EP milik Hyuna berjudul “Melting” (2012) menjadi entri pertamanya di chart Gaon dengan single “Ice Cream”.

Setelah pembubaran 4Minute pada tahun 2016, Hyuna merilis EP kelimanya berjudul “A’wesome” yang didukung oleh tur konser pertamanya di Amerika Serikat. Album ini menduduki sembilan tangga lagu musik lokal saat dirilis. Dia memulai tur Asia solo pertamanya segera setelah itu. Ia juga telah berkolaborasi dengan beberapa rekan labelnya di bawah Cube Entertainment. Hyuna kembali merilis album mini keenamnya dengan judul lagu “Babe” pada tanggal 29 Agustus 2017.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 10 =