Profil & Biografi Mary Barra

Loading...

Berbicara mengenai para pemimpin wanita di dunia bisnis, maka nama Mary Barra pasti termasuk dalamnya. Berbeda dengan Susan Wojcicki yang menjabat sebagai CEO Youtube, Mary Barra adalah Chairman dan CEO General Motors Company. Dia telah memegang posisi tersebut sejak 15 Januari 2014, dan juga menjadi CEO wanita pertama dari pembuat mobil global utama tersebut. Sebelumnya, ia telah menjabat sebagai Executive Vice President Global Product Development, Purchasing and Supply Chain di General Motors. Berikut ini Profil Mary Barra yang bisa Anda ketahui.

Biografi Mary Barra 1

Kehidupan Pribadi
Mary Teresa Barra lahir di Royal Oak, Michigan pada tanggal 24 Desember 1961. Ayahnya, Ray Makela, bekerja sebagai pembuat die di Pontiac selama 39 tahun. Orang tua Mary Barra merupakan keturunan Finlandia. Ia juga telah menghadiri sekolah Waterford di Waterford, Michigan. Dia adalah lulusan Waterford Mott High School.

Dalam masa pendidikannya, diketahui jika Mary Barra lulus dari General Motors Institute (sekarang Kettering University), di mana dia memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang teknik elektro. Dia kemudian kuliah di Stanford Graduate School of Business dalam sebuah ikatan kerja sama dengan GM, dimana ia sudah menerima gelar Master in Business Administration pada tahun 1990.

Mary Barra menikah dengan konsultan Tony Barra, yang ia temui saat belajar di Kettering University, dan memiliki dua anak. Keluarga mereka tinggal di Northville, pinggiran kota Detroit. Dia pun telah menamai Chevrolet Camaro dan Pontiac Firebird sebagai mobil kesukaannya.

Biografi Mary Barra 2

Sementara itu, Mary Barra adalah anggota General Dynamics Board of Directors. Dia bertugas di Dewan Direksi Detroit Economic Club dan sebagai anggota Dewan Bisnis. Dia juga menjadi anggota Dewan Pengawas Universitas Stanford, Stanford Graduate School of Business Advisory Council dan Dewan Pengawas untuk Detroit Country Day School

Perjalanan Karir
Perjalanan karir dari Mary Barra dimulai saat ia bekerja untuk General Motors pada usia 18 sebagai mahasiswa magang pada tahun 1980. Setelah itu, ia kemudian memegang berbagai posisi teknik dan administrasi, termasuk menjadi manajer pabrik perakitan Detroit dan Hamtramck.

Pada bulan Februari 2008, Mary Barra menjadi Vice President Global Manufacturing Engineering. Setahun kemudian, dia melanjutkan ke posisi Vice President of Global Human Resources, yang dipegangnya selama tiga tahun sebelum dia diangkat sebagai Executive Vice President of Global Product Development. Posisi terakhirnya sebelum menjadi pimpinan ialah termasuk penanggung jawab untuk desain yang telah bekerja untuk mengurangi jumlah platform mobil di GM.

Biografi Mary Barra 1

Selama menjabat sebagai CEO GM, pada bulan Agustus 2017, Mary Barra juga terpilih menjadi anggota dewan Disney. Bahkan ia pernah terdaftar sebagai salah satu wanita paling kuat di dunia oleh Forbes, untuk kelima kalinya, pada tahun 2016. Dia baru-baru ini terdaftar sebagai Wanita Paling Kuat kelima, naik dari posisi ke 35 pada 2013 lalu.

Pada tanggal 3 Mei 2014, Mary Barra sempat menyampaikan pidato pembukaan musim semi untuk kampus Ann Arbor University of Michigan di Stadion Michigan. Berkat itu, ia menerima gelar kehormatan. Wanita tangguh ini kemudian tercatat sebagai nomor 1 dalam daftar Fortune’s Most Powerful Women pada tahun 2015, pindah dari tempat kedua di tahun sebelumnya. Dia tetap berada di posisi nomor satu di Fortune’s Most Powerful Women tahun 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 18 =