Profil & Biografi Julianne Moore

Loading...

Bagi yang hobi menonton film Hollywood, pastinya tidak asing lagi dengan wajah Julianne Moore. Wanita ini sudah banyak memerankan film box offivce seperti “Hannibal” (2001), “Crazy, Stupid, Love” (2011), “Carrie” (2013), yang juga diperankan oleh Chloe Moretz, hingga serial “The Hunger Games”. Ingin tahu lebih tentang aktris senior ini, mari simak Profil Julianne Moore yang bisa Anda ketahui sebagai berikut.

NEW YORK, NEW YORK--NOV. 25, 2014--Actress Julianne Moore stars in the new movie "Still Alice." Photographed at the Crosby Hotel in New York on Nov. 25, 2014. (Carolyn Cole/Los Angeles Times)

Kehidupan Pribadi
Julianne Moore lahir dengan nama Julie Anne Smith pada tanggal 3 Desember 1960, di Fort Bragg, North Carolina. Ayahnya, Peter Moore Smith, adalah seorang penerjun payung di Angkatan Darat Amerika Serikat selama Perang Vietnam, yang kemudian mencapai pangkat kolonel dan menjadi hakim militer. Ibu, Anne (1940-2009), adalah seorang psikolog dan pekerja sosial dari Greenock, Skotlandia, yang beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1951 bersama keluarganya. Ia memiliki seorang adik perempuan, Valerie, dan seorang adik laki-laki, novelis Peter Moore Smith.

Semasa kecil, ia sering berpindah-pindah karena pekerjaan ayahnya. Keluarganya pernah tinggal di beberapa tempat, termasuk Alabama, Georgia, Texas, Panama, Nebraska, Alaska, New York, dan Virginia, sehingga Julianne Moore menghadiri sembilan sekolah yang berbeda.

Ketika dia berusia 16 tahun, keluarganya pindah dari Falls Church, Virginia, tempat Julianne Moore bersekolah di J.E.B. Stuart High School, lalu pindah ke Frankfurt American High School. Dia pintar dan rajin serta berencana untuk menjadi seorang dokter. Bahkan ia tidak pernah mempertimbangkan untuk tampil, atau bahkan menghadiri teater, tapi dia adalah seorang pembaca setia dan hobi inilah yang membawanya untuk mulai berakting di sekolah tersebut.

Julianne Moore lalu muncul dalam beberapa drama, termasuk “Tartuffe” dan “Medea”. Berkat karyanya itu dan atas dorongan dari guru bahasa Inggrisnya, dia memilih untuk mengikuti karir teatrikal. Orang tua Moore mendukung penuh keputusannya, namun meminta agar dia tetap kuliah di universitas untuk mengambil gelar sarjana. Dia pun diterima di Universitas Boston dan lulus dengan gelar BFA di Teater pada tahun 1983.

Biografi Julianne Moore 2

Dalam hubungan asmaranya, aktor dan sutradara panggung, John Gould Rubin, adalah suami pertama Moore, yang ia temui pada tahun 1984 dan menikah dua tahun kemudian. Mereka lalu berpisah pada tahun 1993, dan perceraian mereka diselesaikan pada bulan Agustus 1995.

Setelah itu, Julianne Moore memulai hubungan dengan Bart Freundlich, direkturnya di “The Myth of Fingerprints”, pada tahun 1996. Pasangan ini memiliki seorang putra, Caleb (lahir Desember 1997) dan seorang anak perempuan, Liv (lahir April 2002). Mereka lalu menikah pada bulan Agustus 2003 dan tinggal di Greenwich Village, New York City.

Perjalanan Karir
Julianne Moore adalah seorang aktris senior Amerika yang masih produktif di jagat hiburan dan film layar lebar sejak awal 1990an. Dia mulai terkenal berkat aktingnya sebagai wanita protagonis diberbagai film independen dan Hollywood, sehingga tak heran jika ia telah mendapat banyak penghargaan, termasuk Academy Award for Best Actress 2014.

Setelah belajar teater di Boston University, Julianne Moore memulai karirnya dengan serangkaian peran televisi. Dari tahun 1985 sampai 1988, dia adalah anggota tetap di opera sabun “As the World Turns” dan mendapatkan penghargaan Daytime Emmy untuk penampilannya itu.

Biografi Julianne Moore 3

Debut filmnya dimulai dari “Tales dari Darkside: The Movie” (1990), dan sejak itu Julianne Moore terus memainkan peran kecil selama empat tahun ke depan, termasuk dalam film thriller “The Hand That Rocks the Cradle” (1992). Ia pertama kali mendapat perhatian kritis berkat film garapan Robert Altman di “Short Cuts” (1993), serta projek selanjutnya di “Vanya di 42nd Street” (1994) dan “Safe” (1995). Berkat membintangi peran dalam film blockbuster “Nine Months” (1995) dan “The Lost World: Jurassic Park” (1997), menjadikannya sebagai aktris terkemuka di Hollywood.

Julianne Moore mendapat pengakuan yang cukup besar pada akhir 1990an dan awal 2000an, mendapatkan nominasi Oscar untuk “Boogie Nights” (1997), “The End of the Affair” (1999), “Far from Heaven” (2002) dan “The Hours” (2002). Dia juga semakin sukses berkat film The Big Lebowski” (1998), “Magnolia” (1999), “Hannibal” (2001), “Children of Men” (2006), “A Single Man” (2009), “The Kids Are All Right| (2010), dan “Crazy, Stupid, Love” (2011).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 1 =