Profil & Biografi Jean Liu

Loading...

Jean Liu, adalah seorang eksekutif bisnis Tiongkok yang menjabat sebagai Presiden Didi Chuxing, platform transportasi mobile terbesar di China. Dia pernah bekerja di Goldman Sachs Asia selama 12 tahun, menjadi direktur pelaksana pada tahun 2012, sebelum beralih ke Didi Dache sebagai chief operating officer pada bulan Juli 2014. Berikut ini Profil Jean Liu yang dapat Anda ketahui.

Jean Liu, president of Didi Kuaidi Co., stands for a photograph following a Bloomberg West television interview in San Francisco, California, U.S., on Thursday, April 21, 2016. Didi Kuaidi, the ride-hailing service slugging it out in China with Uber Technologies Inc., is partnering with China Merchants Bank Co. to provide automobile financing and help its 14 million drivers with car payments. Photographer: Michael Short/Bloomberg via Getty Images

Kehidupan Pribadi
Lahir dengan nama Liu Qing pada tahun 1978 di Beijing, ia adalah putri pengusaha Cina dan pendiri Lenovo Liu Chuanzhi, dan cucu Liu Gushu, seorang bankir eksekutif senior di Bank of China. Dia menerima gelar sarjana di bidang Ilmu Komputer di Universitas Peking, dan gelar master di bidang Ilmu Komputer di Universitas Harvard.

Saat ini, Jean Liu tinggal di Beijing bersama suami dan tiga anaknya. Pada bulan Oktober 2015 lalu, ia mengumumkan secara internal bahwa dia menderita kanker payudara di usianya ke 37 tahun. Pada akhir tahun tersebut, dia memposting status di Weibo bahwa dia akan kembali bekerja pada akhir Desember setelah menjalani perawatan selama dua bulan. Menurut DiDi, perusahaan yang dipimpin oleh Cheng Wei tersebut, Jean Liu sekarang baik-baik saja dan telah dalam sembuh sepenuhnya.

Biografi Jean Liu 2

Perjalanan Karir
Setelah menyelesaikan gelar masternya di Harvard, Jean Liu bergabung dengan Goldman Sachs pada tahun 2002 sebagai analis junior. Selama 12 tahun, dari tahun 2002 sampai 2014, dia bekerja dengan cara untuk menjadi salah satu direktur pelaksana termuda dalam sejarah bank tersebut.

Pada tahun 2014, Jean Liu memutuskan untuk bergabung dengan Didi Dach. Dia memimpin merger strategis antara Didi Dache dan pesaing utamanya Kuaidi Dache yang kemudian menciptakan sebuah perusahaan mobile transportasi baru bernama Didi Kuaidi (kemudian diganti namanya menjadi Didi Chuxing) pada tahun 2015. Dia juga membantu DiDi memenangkan investasi senilai $ 1 miliar dari Apple dan mendalangi akuisisi DiDi atas Uber China pada tahun 2016.

Biografi Jean Liu 3

Di tahun ini juga, Jean Liu dipilih oleh Fast Company sebagai salah satu “Orang Paling Kreatif di Dunia Bisnis.” Dia diangkat ke daftar internasional Fortune tahun 2016 dalam jajaran Wanita Paling Kuat di Dunia. Dia juga berada di peringkat bersama Cheng Wei, CEO DiDi, di The Wired 100 List.

Jean Liu adalah salah satu Pemimpin Bisnis Global “40 Under 40″ di Fortune, dan berada di puncak daftar Pemimpin Bisnis Fortune “40 under 40” bersama dengan Cheng Wei. Pada tahun yang sama, ia dinobatkan sebagai salah satu “25 Most Influential Business Women” dari Fortune, dan salah satu “Wanita Paling Berpengaruh” di China. Dia juga dinobatkan sebagai salah satu “Pemimpin Bisnis Perempuan Top China” pada tahun 2013 dan 2015 oleh Majalah Wirausaha China.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + eighteen =