Profil & Biografi Penélope Cruz

Loading...

Siapa yang tidak mengenal Penélope Cruz? Aktris seksi berzodiak taurus ini memulai jejak karir aktingnya sejak tahun 1992. Si cantik dengan postur tinggi badan 163 cm ini membuming sejak membintangi peran sebagai Hermana Rosa di “All About My Mother” (1999). Ia juga pernah beradu akting dengan Tom Cruise di film “Vanilla Sky” pada tahun 2001. Berikut ini Profil Penélope Cruz yang dapat anda ketahui.

Biografi Penélope Cruz 1

Kehidupan Pribadi
Aktris cantik berumur 43 tahun ini memiliki nama asli Penélope Cruz Sanchez yang lahir di Alcobendas, Madrid, Spain tepat pada tanggal 28 April 1974. Tidak disangka, wanita berdarah Spanyol yang memiliki warna rambut dan bola mata yang cokat ini terlahir dari keluarga yang sederhana.

Ayahnya, Eduardo Cruz yang bekerja sebagai pedagang eceran dan montir mobil sedangkan ibunya Encarna Sanchez seorang yang berprofesi sebagai penata rambut ini bisa membuat anak-anaknya menjadi orang yang ternama dan banyak dikenal orang. Eduardo Jr, adik kandung dari Penélope ini mencoba karir nya dirana tarik suara sebagai seorang penyanyi. Sementara adik perempuannya Monica Cruz, selain menekuni hobi menjadi seorang penari, ia juga menggeluti dunia perfilman menjadi bintang film.

Biografi Penélope Cruz 2

Istri dari aktor tampan Javier Bardem ini juga membuat barisan banyak mantan kekasih selama ia berkarir. Antara lain mantan kekasihnya adalah Faiz Ahmad, Nacho Cano (yang berprofesi sebagai musisi, dan tak kalah tampan dan terkenal aktor satu ini, yaitu Tom Cruise 2001 sampai Januari 2014.

Mantan terakhirnya adalah Matthew Mc Conaughey (aktor, 2005 sampai 2006), dan akhirnya memutuskan menikah dengan aktor berparas tampan Javier Bardem pada juli 2010 lalu. Dari pernikahan mereka tersebut akhirnya mendapatkan sepasang buah hati dengan anak yang pertama bernama Leo Encinas Cruz lahir pada 22 januari 2011 dan anak kedua bernama Luna Encinas Cruz lahir pada 22 Juli 2013.

Perjalanan Karir
Untuk masuk kedunia perfilman tidaklah mudah yang dialami oleh Cruz, karena beberapa kali ia sering mendapatkan penolakan. Akan tetapi Cruz tidak mudah pantang menyerah, ia terus menerus mencoba dan menggali bakat dan kemampuannya sendiri.

Akhirnya, pada tahun 1989 ia mengikuti acara ajang pencarian bakat yang diikuti hampir 300an anak perempuan dan Cruz lah yang di nobatkan sebagai pemenang karena aktingnya yang sangat luar biasa. Pada 1990an ia sering tampil mengisi acara TV diberbagai acara secara rutin. Salah satunya adalah ia menjadi tuan rumah pada acara talkshow remaja “La Quinta Marcha”.

Penelope Cruz arrives at the 2014 Vanity Fair Oscar Party on March 2, 2014 in West Hollywood, California. AFP PHOTO/ADRIAN SANCHEZ-GONZALEZ (Photo credit should read ADRIAN SANCHEZ-GONZALEZ/AFP/Getty Images)

Penélope Cruz mulai mengembangkan sayapnya dirana akting ke dunia internasional mulai tahun 2000 setelah ia membintangi film yang memakai bahasa Inggris seperti, Woman On Top, Blow, dan Vanilla Sky. Skill dari seni perannya sendiri memang tidak perlu diragukan lagi.

Aktris seksi ini pernah bahkan sering mendapat nominasi di ajang penghargaan insan perfilman dunia Academy Award. Sahabat dari aktris Salma Hayek asal meksiko ini sangat menginginkan bermain peran dalam film Don’t Move pada tahun 2004. Karena itulah, ia belajar bahasa Italia dengan sangat keras. Akhirnya kerja keras Penélope semuanya terbayar, ia pun mendapatkan penghargaan setara Oscar di Italia sebagai Aktris Terbaik. Penélope juga menjadi aktris keturunan Spanyol pertama yang memenangkan piala Oscar.

Untuk pertama kalinya pada tahun 2007, Penélope Cruz memperoleh nominasi Aktris Terbaik Academy Award untuk perannya sebagai Raimunda dalam film Volver. Cruz juga memenangkan Aktris Pendukung Terbaik Academy Award untuk perannya sebagai Maria Elena dalam film Vicky Cristina Barcelona, Pada tahun 2009 dan menjadikannya aktris keturunan Spanyol pertama yang pernah memenangkan Piala Oscar tersebut.

Ia kembali mendapat nominasi Aktris Pendukung Terbaik Academy Award pada tahun 2010 untuk perannya sebagai Carla Albanese dalam film musikal Nine, namun pada saat itu ia dikalahkan oleh Mo’nique.

Di tahun 2011, aktris yang beragama Buddha ini sedang hamil 7 bulan, Pada Saat menjalani syuting film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides. Oleh karena itu sang adik, Monica Cruz, yang juga berprofesi sebagai seorang aktris, akhirnya menggantikan Penolope sebagai pemeran pengganti di beberapa adegan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 1 =