Profil & Biografi Colin Firth

Loading...

Colin Firth merupakan aktor asal Inggris yang telah memulai karirnya sejak tahun 1983 silam dan masih aktif hingga saat ini. Pria berumur 57 tahun ini masih gagah memainkan beberapa film aksi terbaru contohnya di film “Kingsman: The Golden Circle”, yang merupakan sekuel kedua dari film tahun 2015, “Kingsman: The Secret Service”. Bahkan ia akan memainkan lima judul film di tahun 2018-2019 mendatang, salah satunya film yang juga dibintangi Amanda Seyfried, “Mamma Mia: Here We Go Again”. Berikut ini Profil Colin Firth yang bisa Anda ketahui.

LONDON, ENGLAND - JANUARY 14: Colin Firth attends the World Premiere of "Kingsman: The Secret Service" at Odeon Leicester Square on January 14, 2015 in London, England. (Photo by Anthony Harvey/Getty Images)

Kehidupan Pribadi
Colin Andrew Firth lahir tanggal 10 September 1960 di desa Grayshott, Hampshire, Inggris. Ibunya, Shirley Jean, seorang dosen agama di King Alfred’s College (sekarang Universitas Winchester), dan ayahnya, David Norman Lewis Firth, seorang dosen sejarah di King Alfred’s dan petugas pendidikan untuk Pemerintah Nigeria.

Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara, yang dengannya memiliki saudara perempuan, Kate, seorang aktris dan pelatih suara, dan seorang saudara laki-laki, Jonathan, seorang aktor. Kedua orang tuanya dilahirkan dan dibesarkan di India, karena kakek dari pihak ibu menjabat menteri Kongregasionalis, dan kakek dari pihak ayah ialah seorang pendeta Anglikan sehingga banyak melakukan pekerjaan di luar negeri.

Semasa kecil, Colin Firth banyak melakukan perjalanan karena pekerjaan orang tuanya, dan menghabiskan beberapa tahun di Nigeria. Dia juga tinggal di St. Louis, Missouri saat berusia 11 tahun. Saat kembali ke Inggris, ia bersekolah di Montgomery of Alamein Secondary School (sekarang Kings ‘School), yang pada saat itu adalah sekolah komprehensif negara bagian di Winchester, Hampshire.

Biografi Colin Firth 2

Pada saat berusia 14 tahun, Colin Firth telah memutuskan untuk menjadi aktor profesional, setelah menghadiri acara drama sejak usia 10 tahun. Setelah lulus sekolah menengah, ia pindah ke London dan bergabung dengan National Youth Theatre. Di sana, dia membuat banyak kontak di dunia akting, dimana dia mendapat pekerjaan di departemen pakaian di Teater Nasional. Dari situ, dia melanjutkan kuliah di Drama Center London.

Colin Firth telah dianugerahi gelar kehormatan pada tanggal 19 Oktober 2007 dari University of Winchester. Pada tanggal 13 Januari 2011, ia dipresentasikan dengan bintang 2.429 di Hollywood Walk of Fame. Ditahun yang sama pula, majalah Time menyertakan Colin Firth dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di dunia. Ia pun ditunjuk sebagai Commander of the Order of he British Empire (CBE) dan menjadi Freeman Kota London pada tanggal 8 Maret 2012.

Perjalanan Karir
Colin Firth telah menerima berbagai penghargaan bergengsi seperti Academy Award, Golden Globe Award, dua penghargaan BAFTA Awards, dan tiga Screen Actors Guild Awards, serta Piala Volpi. Perannya yang paling terkenal dan terkenal sampai saat ini adalah penggambarannya pada tahun 2010 sebagai Raja George VI dalam “The King’s Speech”, sebuah pertunjukan yang memberinya penghargaan Oscar dan beberapa penghargaan aktor terbaik di seluruh dunia.

HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 27: Actor Colin Firth, winner of the award for Best Actor for 'The King's Speech', poses in the press room during the 83rd Annual Academy Awards held at the Kodak Theatre on February 27, 2011 in Hollywood, California. (Photo by Jason Merritt/Getty Images) *** Local Caption *** Colin Firth

Film-filmnya telah meraup lebih dari $ 3 miliar dari 42 rilis di seluruh dunia. Pada tahun 2011, ia menerima sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame, dan juga terpilih sebagai salah satu selebriti paling berpengaruh dari Time 100. Ia dianugerahi gelar kehormatan dari University of Winchester pada tahun 2007, dan diangkat menjadi Freeman dari Kota London pada tahun 2012.

Pada bulan Mei 2011, Colin Firth mulai berakting dalam “Gambit”, sebuah film remake dari tahun 1960an, mengambil bagian yang dimainkan oleh Michael Caine. Setelah itu, diumumkan bahwa ia telah menandatangani kontrak untuk membintangi bersama Emma Stone dalam komedi romantis garapan Woody Allen “Magic in the Moonlight”, yang diambil pada tema 1920-an dan syuting di Riviera Prancis.

Pada tahun 2015, Colin Firth memainkan peran sebagai Harry Hart a.k.a. “Galahad” dalam film aksi mata-mata “Kingsman: The Secret Service”. Film ini memperoleh pendapatan kotor sebesar $ 414,4 juta, dengan anggaran sebesar $ 81 juta. Ia pun mengulangi peran ini dalam sekuel keduanya di tahun 2017 dalam “Kingsman: The Golden Circle”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + three =