Profil & Biografi Harland Sanders

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan kelezatan ayam goreng KFC? Hampir setiap orang diseluruh dunia ini pernah memakan ayam goreng tersebut dan pastinya tahu dengan ikon pria berjenggot memakai apron berwarna merah. Pria berjenggot itu ialah Kolonel Harland Sanders, pendiri sekaligus brand ambassador dari KFC. Di Indonesia sendiri, KFC begitu terkenal karena sering dipromosikan oleh artis-artis terkenal, misalnya Iqbaal CJR. Berikut ini Profil Harland Sanders yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Biografi Harland Sanders 1

Kehidupan Pribadi
Harland David Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890, di Henryville, Indiana. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara yang lahir dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann Sanders. Ayahnya adalah seorang pria bekerja di ladang seluas 80 hektar, sampai kakinya patah setelah terjatuh. Dia kemudian bekerja sebagai tukang daging di Henryville selama dua tahun. Ibu Sanders adalah orang Kristen yang taat sehingga selalu memperingatkan anak-anaknya tentang kejahatan alkohol, tembakau, perjudian, dan tindak asusila lainnya.

Pada tahun 1895, ayahnya meninggal sehingga kehidupan rumah tangganya ditanggung oleh sang ibu yang memperoleh pekerjaan di pengalengan tomat. Harland muda diwajibkan untuk merawat dan memasak untuk saudara-saudaranya. Pada usia tujuh tahun, ia sudah terampil dengan roti, sayuran, dan daging. Saat berusia 10 tahun, ia mulai bekerja sebagai buruh tani.

Akhir hidupnya, Harland Sanders didiagnosis menderita leukemia akut pada bulan Juni 1980. Dia meninggal di Rumah Sakit Yahudi di Louisville, pada tanggal 16 Desember 1980 pada usia 90. Ia pun beristirahat dengan tenang di Rotunda Kentucky State Capitol di Frankfort setelah sebuah upacara pemakaman di Kapel Seminari Teologi Southern Baptist, yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang. Harland Sanders dimakamkan dengan setelan putih khas dan dasi string barat hitam di Cave Hill Cemetery di Louisville.

Biografi Harland Sanders 2

Perjalanan Karir
Pada tahun 1906, dengan persetujuan ibunya, Harland Sanders meninggalkan kampung halamannya untuk tinggal bersama pamannya di New Albany, Indiana. Pamannya bekerja untuk perusahaan streetcar, sehingga saat itu, ia mendapat pekerjaan sebagai konduktor.

Setelah dua bulan, ia pindah ke Jasper, Alabama di mana dia mendapat pekerjaan di kereta api dari Northern Alabama Railroad (sebuah divisi dari Southern Railway) ketika mereka menyelesaikan perjalanan mereka. Kemudian, ia berkerja menjadi pemadam kebakaran (steam engine stoker) pada usia 16 atau 17 tahun.

Pada tahun 1930, Shell Oil Company menawarkan kepada Harland Sanders sebuah stasiun layanan di North Corbin, Kentucky, untuk sewa gratis, dengan imbalan persentase penjualan mereka. Ia pun mulai menyajikan masakan ayam dan makanan lainnya seperti ham dan steak.

Biografi Harland Sanders 3

Pada bulan Juli 1939, Ia pun membeli sebuah motel di Asheville, North Carolina.Sayangnya, restoran dan motel Corbin Utara hancur dilalap api pada bulan November 1939, sehingga Harland Sanders membangun kembali sebagai sebuah motel dan restoran dengan kapasitas 140 tempat duduk.

Setahun kemudian, ia telah menyelesaikan “Resep Rahasia” untuk menggoreng ayam dalam alat penggoreng tekanan yang bisa memasak ayam lebih cepat dari pada penggorengan biasa. Namun sayangnya, proses penjualan ayam tersebut tidak terlalu berhasil hingga pada tahun 1952, Harland Sanders mulai memasarkan resep rahasianya di restoran “Kentucky Fried Chicken” untuk pertama kalinya, kepada Pete Harman dari South Salt Lake, Utah, operator salah satu restoran terbesar di kota itu.

Pada tahun pertama penjualan produk tersebut, penjualan restoran meningkat tiga kali lipat, dengan 75% kenaikan berasal dari penjualan ayam goreng. Bagi Harman, penambahan menu ayam goreng merupakan cara membedakan restorannya dari pesaing di Utah. Don Anderson, seorang pelukis yang disewa oleh Harman, menciptakan nama untuk ayam tersebut yaitu Kentucky Fried Chicken. Setelah sukses Harman, dan beberapa pemilik waralaba lainnya selalu membayar Harland Sanders sebesar $ 0,04 per ekor ayam.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − seven =