Profil & Biografi Sunmi

Loading...

Lee Sun-mi atau sering disebut sebagai Sunmi, adalah seorang penyanyi berparas cantik dan bertubuh sexy asal Korea Selatan. Dia memulai debutnya pada tahun 2007 sebagai anggota girlband bernama Wonder Girls dan meninggalkan grup tersebut pada bulan Januari 2010 untuk melanjutkan karir akademisnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak Profil Sunmi di bawah ini.

Biografi Sunmi 1

Kehidupan Pribadi
Sunmi lahir pada tanggal 2 Mei 1992 di Iksan, Jeolla Utara, Korea Selatan. Dia pernah bersekolah di Sekolah Dasar Hwangnam, Sekolah Menengah Chung Dam dan Chung Dam High School. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Dongguk, jurusan teater musikal. Dia mengadopsi nama keluarga tirinya saat berada di universitas dan menggabungkan nama depan dan belakang aslinya, menjadi Lee Sunmi.

Setelah tiga tahun absen dari dunia musik, Sunmi melanjutkan karirnya sebagai penyanyi solo pada bulan Agustus 2013 dengan single digital pertamanya, “24 Hours”. Lagu ini memuncak di nomor dua di Gaon Digital Chart dan nomor tiga di Billboard Korea K-pop Hot 100. Debut EP-nya, Full Moon (2014), mendarat di nomor dua belas dan memimpin puncak di nomor dua Gaon Digital Chart, serta nomor tiga di Billboard Korea K-pop Hot 100. Bahkan album ini juga masuk daftar Billboard World Digital Chart di nomor tiga belas.

Pada tahun 2015, Wonder Girls kembali ke dunia musik setelah dua tahun absen dengan formasi band dan Sunmi juga mengkonfirmasi untuk bergabung kembali dengan grup tersebut setelah hengkang pada tahun 2010. Kelompok ini kemudian bubar pada tahun 2017 setelah Sunmi dan Yeeun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan JYP Entertainment, agensi artis yang juga menaungi TWICE.

Biografi Sunmi 2

Perjalanan Karir
Pada bulan Mei 2006, Sunmi ditunjuk sebagai anggota keempat Wonder Girls, sebuah girlband yang dikelola oleh JYP Entertainment. Kelompok ini memulai debutnya dengan single “Irony”, yang secara resmi memulai debutnya di acara MBC “Show! Music Core” pada tanggal 10 Februari 2007. Kelompok ini dengan cepat menjadi bintang berkat hits mereka berjudul “Tell Me”, “So Hot” dan “Nobody” dalam waktu kurang dari 2 tahun sejak debut mereka.

Pada bulan Januari 2010, JYP mengumumkan bahwa Sunmi akan menunda karir musiknya untuk mengejar karir akademisnya, namun akan berlanjut sampai Februari untuk menyelesaikan acara yang sudah dijadwalkan. Dua tahun kemudian, perwakilan JYP menyatakan jika Sunmi tetap berada di dalam agensi dan terus mempertajam bakat musiknya. Namun sayangnya, JYP Entertainment kemudian menyatakan bahwa tidak ada rencana bagi Sunmi untuk kembali sebagai anggota Wonder Girls, karena gadis itu memutuskan untuk berkarir solo.

Pada bulan Agustus 2013, Sunmi dikabarkan akan kembali ke karir musiknya, memulai debutnya sebagai artis solo. Sunmi membuat panggung debut solonya pada 22 Agustus di acara Mnet “M! Countdown”. Single debutnya yaitu “24 Hours” dirilis pada tanggal 26 Agustus 2013 dan mampu mencapai prestasi all-kill di tangga musik.

Biografi Sunmi 3

Selanjutnya, debut EP (Extended Play) miliknya berjudul “Full Moon” dirilis pada tanggal 17 Februari 2014. Judul lagu yang sama, yang menampilkan mantan JYP trainee Lena Park, memuncak di nomor dua di Gaon Digital Chart dan di nomor tiga di Billboard’s K-pop Hot 100. EP “Full Moon” dipuji karena inovatif, dan Sunmi dikatakan telah membawakan lagu “seksi” yang berkelas.

Pada tanggal 24 Juni 2015, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Sunmi akan kembali bergabung dengan Wonder Girls, setelah menarik diri pada 2010, untuk comeback mereka setelah absen dua tahun grup tersebut. Kelompok tersebut kembali dengan konsep band, dengan Sunmi bermain bass. Pada bulan Agustus, album grup “REBOOT” dirilis, dengan Sunmi sebagai co-writing dan co-producing untuk tiga lagu di dalamnya.

Pada tanggal 26 Januari 2017, diumumkan bahwa Wonder Girls memutuskan untuk bubar setelah negosiasi perpanjangan kontrak yang tidak berhasil dengan anggota Yeeun dan Sunmi sendiri. Kelompok ini merilis single terakhir mereka “Draw Me” pada tanggal 10 Februari. Perilisan single ini juga sebagai perayaan ulang tahun ke 10 mereka sejak debut tahun 2010 silam.

Setelah itu, Sunmi menandatangani kontrak dengan MakeUs Entertainment sekitar akhir Februari 2017. Agnesi bagi penyanyi seperti Park Won dan Urban Zakapa ini, Sunmi berkomentar, “Di agensi baru saya, saya akan bekerja keras dalam musik saya dan menunjukkan kepada semua orang sisi baru dari diri saya sendiri. Sebelum itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada agensi, penggemar, dan teman saya atas dukungan mereka selama ini.”

Pada akhirnya, Sunmi merilis single solonya pada 22 Agustus 2017, sebuah comeback solo pertamanya setelah tiga tahun. Dia merilis single berjudul “Gashina”, yang diproduksi oleh Teddy Park dari The Black Label. Single ini digambarkan sebagai fashion synthpop bergaya dancehall dengan suasana Timur dan suara bass berirama yang unik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + two =