Profil & Biografi Monsta X

Loading...

Monsta X adalah nama boyband Korea Selatan yang dibentuk oleh agensi Starship Entertainment melalui acara No.Mercy di Mnet pada tahun 2015. Kelompok ini terdiri dari tujuh anggota yaitu Jooheon, Shownu, Kihyun, Hyungwon, Wonho, Minhyuk, dan IM. Kepopuleran grup ini di ranah internasional hampir menyamai Bangtan Boys, karena menandatangani kontrak dengan Mercury Tokyo dan memulai debutnya dengan single “Hero” di Jepang. Untuk mengenal lebih jauh tentang grup ini, mari simak Profil Monsta X sebagai berikut.

Biografi Monsta X 1

Awal Terbentuk
Monsta X dibentuk sebagai hasil program yang disebut “No.Mercy”, yang diluncurkan oleh Starship Entertainment dan Mnet pada bulan Desember 2014. Saat acara berlangsung, para peserta bekerja langsung dengan para artis Starship Entertainment termasuk Rhymer, San E, Giriboy dan Nochang.

Ketika “No.Mercy” hampir selesai, sembilan dari anggota yang tersisa harus membentuk tiga kelompok dan tujuh anggota terakhir kelompok tersebut yaitu Jooheon, Shownu, Kihyun, Hyungwon, Wonho, Minhyuk, dan IM, ditentukan pada episode terakhir acara tersebut. Anggota I.M adalah satu-satunya peserta yang ditambahkan di tengah pertunjukan dan akhirnya terpilih untuk grup tersebut.

Nama grupnya, “Monsta X”, berisi arti ganda dari “monster yang menaklukkan scene K-pop” dan “bintangku” (Mon berarti “My” dalam bahasa Prancis). X melambangkan eksistensi yang tidak diketahui. Jooheon, Hyungwon, dan I.M juga merilis lagu mereka “Interstellar” pada 12 Februari 2014, yang diproduksi untuk misi terakhir oleh produser Yella Diamond.

Biografi Monsta X 2

Monsta X memulai debut mereka dengan merilis EP pertama mereka, “Trespass” pada 14 Mei 2015. Judul lagu dengan nama yang sama diproduksi oleh Rhymer dan digambarkan sebagai “lagu yang kuat dan edgy yang mencerminkan karakter unik Monsta X”. Album Trespass mencakup tujuh lagu yang berbeda, rapper Jooheon adalah anggota yang paling banyak terlibat dalam produksi album tersebut dan mengcompose beberapa lagu, termasuk “One Love”, “Steal Your Heart,” dan “Blue Moon”. Rapper lain Monsta X, I.M juga terlibat dalam pembuatan rap beberapa lagu. Kihyun dan Wonho juga menyumbangkan lirik lagu untuk album tersebut.

Perjalanan Karir
Pada bulan Januari 2016, kelompok tersebut bergabung dalam program variety baru berjudul “MONSTA X’s Right Now”. Di bulan April tahun itu, kelompok tersebut berpartisipasi dalam program TV China yang disebut “The Remix” dan tayang pada bulan Juni di Televisi Jiangsu.

Acara ini mengadakan kompetisi remix dan masing-masing peserta mendapat pelajaran dari mentor yang ditugaskan dan tampil di panggung dengan remixing musik Cina yang representatif. Monsta X juga muncul dalam sebuah drama web China “Good Evening, Teacher”, menerima tanggapan positif dari pemirsa lokal.

TAIWAN, CHINA - AUGUST 21: (CHINA MAINLAND OUT)MONSTA X attend ACG concert on 21th August, 2016 in Taipei, Taiwan, China.(Photo by TPG/Getty Images)

Album mini ketiga Monsta X berjudul “The Clan Pt. 1 Lost” dirilis pada 18 Mei dengan judul lagu “All In”. Video musik untuk “All In” disutradarai oleh pembuat film Shin Dong-keul, yang terkenal dengan gaya melamunnya dan sebelumnya telah memenangkan penghargaan di Canadian International Film Festival.

Album debut Monsta X ini berhasil menempati nomor 5 di Billboard’s World Albums Chart dan tinggal selama dua minggu berturut-turut. Pada tanggal 9 Mei, Monsta X merilis salah satu lagu album, “Ex girl” yang menampilkan Wheein dari Mamamoo. Album ini merupakan awal dari sebuah proyek berskala besar yang disebut “THE CLAN”, yang terdiri dari dua setengah bagian albumnya.

Pada bulan Januari 2017, Monsta X meluncurkan variety show sendiri yang disebut “Monsta X-Ray” melalui JTBC2. Dua bulan kemudian, mereka merilis album studio pertama mereka dan bagian terakhir dari serial “The Clan” berjudul “The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter” dengan singe utama berjudul “Beautiful”.

Album ini memulai debutnya di urutan 1 di chart Billboard World Albums dengan lebih dari 1.000 eksemplar terjual, yang menjadikannya minggu penjualan terbaik band ini di Amerika. di tangga lagu Top Billboard Heatseekers Albums chart dan debut di nomor 10. Selanjutnya, judul lagu “Beautiful” diluncurkan di nomor 4 di chart Billboard World Digital Song Sales.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =