Profil & Biografi John Boyega

Loading...

John Adedez B. Adegboyega atau lebih dikenal secara profesional sebagai John Boyega, adalah seorang aktor dan produser Inggris yang terkenal saat berperan sebagai Finn di film “Star Wars: The Force Awakens” tahun 2015, film ketujuh dari seri Star Wars. Ia juga akan meramaikan sekuel Pacific Rim, “Pacific Rim: Uprising” tahun 2018 yang turut dibintangi Jing Tian dan Scott Eastwood. Berikut ini Profil John Boyega yang bisa Anda ketahui.

Biografi John Boyega 1

Kehidupan Pribadi
John Boyega lahir di Peckham, London selatan, pada tanggal 17 Maret 1992, dari pasangan orang tua British Nigeria bernama Abigail, seorang pekerja sosial, dan Samson Adegboyega, seorang menteri Pentakosta. Peran pertamanya dalam berakting adalah seekor macan tutul dalam sebuah drama di sekolah dasarnya.

Pria berumur 25 tahun ini pernah menjadi murid di Sekolah Dasar Oliver Goldsmith. Sementara berakting dalam sebuah drama di sana pada usia sembilan tahun, dia diperhatikan oleh Teresa Early, direktur artistik Teater Peckham, sebuah teater belajar untuk orang-orang muda yang tinggal di London selatan.

Setelah mendapatkan bantuan keuangan karena ekonomi keluarganya yang sulit, John Boyega bergabung dengan teater, menghabiskan waktunya di luar jam sekolah dari usianya 9 tahun ke 14 tahun. Ayah Boyega, seorang pengkhotbah, juga menginginkan Boyega untuk menjadi seorang pengkhotbah, namun ia tetap mendukung putranya dalam berakting.

Biografi John Boyega 2

Pada tahun 2003, John Boyega memulai pendidikan menengahnya di Westminster City School, di mana dia mengambil bagian dalam berbagai produksi sekolah. Antara 2008 dan 2010, ia menghadiri South Thames College di kampus Wandsworth untuk belajar Diploma Nasional dalam Seni Pertunjukan. Kegiatannya di perguruan tinggi termasuk memainkan peran utama dalam produksi “Othello”. Dia kemudian mendaftar di University of Greenwich untuk belajar BA Film Studies & Media Writing,meskipun kemudian dia keluar dari kursus untuk fokus pada karir aktingnya.

Perjalanan Karir
John Boyega semakin dilatih di sekolah akting di Hackney, dan hadir di Six Parties di Teater Nasional dan Kategori B di Teater Tricycle sebelum ditawarkan peran dalam film “Attack the Block” tahun 2011. Pada bulan September 2011, HBO mengumumkan bahwa John Boyega telah berperan dalam film drama tinju “Da Brick”, yang berdasarkan pada kehidupan Mike Tyson.

Setelah itu, John Boyega diharapkan untuk berperan sebagai Donnie, yang dilepaskan dari pusat penahanan remaja pada ulang tahunnya yang ke 18 dan mulai memeriksa apa artinya menjadi seorang pria. Plot tersebut ditulis oleh John Ridley, namun sayang tidak diambil oleh HBO. Juga di tahun 2011, ia berperan dalam film “Junkhearts” di mana ia menggambarkan Jamal, seorang pedagang obat bius yang menemukan beberapa senjata dan mencoba menjualnya.

Biografi John Boyega 3

Sementara itu, John Boyega dipilih oleh Fionnuala Halligan of Screen International sebagai salah satu “UK Stars of Tomorrow 2011” dan hadir bersama dua aktor lainnya di sampul depan majalah tersebut dalam edisi Juli 2011. Setahun kemudian, ia dilemparkan dalam film adaptasi dari buku Chimamanda Ngozi Adichie berjudul “Half of a Yellow Sun”.

Pada tanggal 29 April 2014, dikonfirmasi bahwa Boyega telah berperan sebagai tokoh utama dalam film “Star Wars: The Force Awakens”. Boyega akan bermain sebagai Finn, sebuah stormtrooper untuk First Order, yang meninggalkan kekuatan militer setelah menyaksikan kekejaman mereka dalam misi tempur pertamanya sebelum bergabung dalam perang melawan mereka. Film ini dirilis pada tanggal 18 Desember 2015. Berkat aktingnya difilm itu Boyega mendapat pujian dari penonton dan kritikus.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + fourteen =