Profil & Biografi Kim Heechul

Loading...

Kim Heechul atau lebih dikenal dengan nama panggungnya, Heechul, adalah penyanyi, penulis lagu, presenter, dan aktor asal Korea Selatan. Dia adalah anggota grup boyband populer Super Junior dan selanjutnya berpartisipasi dalam subkelompoknya, Super Junior-T dan juga kelompok proyek bersama Jungmo TRAX, M&D. Selain kegiatan kelompok, ia berpartisipasi dalam berbagai drama televisi, tampil sebagai DJ radio dan presenter televisi. Jika ingin tahu dengan pria tampan ini, mari simak Profil Kim Heechul di bawah ini.

Biografi Kim Heechul 1

Perjalanan Karir
Kim Heechul lahir di Hoengseong County, Provinsi Gangwon, pada tanggal 10 Juli 1983. Dia memiliki satu kakak perempuan bernama Kim Heejin. Ia lulus dari Universitas Sangji dengan gelar sarjana di bidang informatika melalui Ujian Bachelor of Self-Education. Selanjutnya, ia lulus dari Universitas Chungwoon dengan gelar master di bidang desain industri.

Heechul menjalankan wajib militer sejak tanggal 1 September 2011 sampai 30 Agustus 2013. Dia bertugas sebagai pekerja pelayanan publik selama 23 bulan setelah menjalani pelatihan dasar selama empat minggu di kamp. militer Nonsan di Chungcheongnam-do.

Episode Radio Star terakhirnya sebelum mendaftar di wajib militer ditayangkan pada tanggal 14 September 2011 di mana dia berbicara tentang kritik karena tidak bergabung dengan militer sebagai tentara penuh waktu. Dia berkata, “Saya terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil besar 4 tahun yang lalu. Kaki kiri saya hancur karena kecelakaan itu dan saya memiliki banyak batang baja yang dimasukkan ke kaki saya”. Secara medis, dia memang tidak layak untuk melayani masyarakat sebagai tentara profesional.

Biografi Kim Heechul 2

Pada tanggal 26 Januari 2012, dia menyelenggarakan program radio setiap hari Jumat di kantor Distrik Seong Dong, di mana saat itu dia sedang menjalani tugas militer wajib 2 tahun. Episode pertamanya disiarkan pada 20 Januari dan telah menerima 5.600 hits.

Perjalanan Karir
Pada bulan Oktober 2002, Heechul mengikuti audisi untuk menjadi penyanyi melalui Starlight Casting System, dan pada awalnya ditempatkan di sebuah kelompok beranggotakan empat orang yang disebut “Four Seasons” bersama dengan Jaejoong, Yunho dan Kangin. Sementara Jaejoong dan Yunho melanjutkan debut sebagai TVXQ pada bulan Desember 2003, Heechul dan Kangin bergabung dengan sepuluh trainee lain di bawah S.M. Entertainment membentuk grup “Super Junior 05”, generasi pertama Super Junior.

Pada bulan Desember 2016 lalu, Heechul mengaku, ia sedang bersiap untuk debut sebagai vokalis utama Trax. Dia juga mengungkapkan bahwa dia sering bertengkar dan salah paham dengan orang yang bertanggung jawab di SM saat itu. Oleh karena itu, ia menjadi frustrasi dan meninggalkan debut Trax-nya dan kembali ke kampung halamannya di Provinsi Gangwon. Dengan Trax Jungmo dan Jay, dorongan dan positif TVXQ Yunho dan Lee Donghae, dia pun akhirnya kembali ke SM.

Biografi Kim Heechul 3

Peran akting pertamanya adalah dalam drama remaja “Sharp 2” bersama bandmate Kibum pada tahun 2005 sebelum debut Super Junior. Tak lama kemudian, ia muncul dalam sebuah episode dari serial “Loveholic” dan merupakan MC reguler untuk pertunjukan musik kabel “Show! Music Bank Tank”. Dia juga berpartisipasi dalam model runwary dan muncul dalam sejumlah iklan.

Pada bulan Maret 2016, Heechul dikonfirmasi menjadi host sementara untuk Weekly Idol sampai 5 Oktober, ketika Jeong Hyeong-don mengakhiri jeda 11 bulan dari aktivitas televisi. Pada tanggal 15 April 2016, ia merilis duet dengan Wheein untuk SM Station. Single “Narcissus” ditulis olehnya dan diproduksi oleh Jungmo.

Lagu ini merupakan kolaborasi pertamanya dengan seorang artis wanita. Pada awal Juli 2016, M&D kembali sebagai “Kim Heechul & Kim Jungmo”, dengan mini album ke-2 berjudul “Goody Bag”, dan lagu trot-rock “Ulsanbawi” pada tanggal 12 Juli. Di tanggal 23 Juli-nya, ia menggelar fanmeeting solo pertama bertajuk “The Space Big Star Show” di Beijing, China.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − three =