Profil & Biografi Michael Keaton

Loading...

Michael Keaton adalah seorang aktor, produser dan sutradara asal Amerika yang mulai terkenal berkat perannya di sitkom CBS berjudul “All’s Fair” dan “The Mary Tyler Moore Hour” tahun 1970-an. Pria berumur 66 tahun ini masih aktif di industri hiburan hingga kini dengan memerankan dua judul film di tahun 2017 yaitu “Spider-Man: Homecoming” dan “American Assasin” yang juga dibintangi oleh Dylan O’Brien. Berikut ini Profil Michael Keaton yang bisa Anda ketahui.

Michael Keaton arrives at the Hollywood Film Awards at the Palladium on Friday, Nov. 14, 2014, in Los Angeles. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Kehidupan Pribadi
Dengan nama lengkap Michael John Douglas, ia lahir pada tanggal 6 September 1951 di Coraopolis, Pennsylvania dan merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Ia dibesarkan di kawasan antara Forest Grove, Pennsylvania dan Coraopolis, dekat Pittsburgh. Ayahnya, George A. Douglas, berprofesi sebagai insinyur sipil dan surveyor, dan ibunya, Leona Elizabeth ialah seorang ibu rumah tangga yang berasal dari McKees Rocks.

Michael Keaton dibesarkan di sebuah keluarga Katolik Roma. Dia adalah keturunan Irlandia setengah, melalui ibunya. Selama hidupnya, ia pernah menghadiri Montour High School di Pennsylvania, dan belajar berpidato selama dua tahun di Kent State University, sebelum putus sekolah dan kembali ke Pittsburgh.

Biografi Michael Keaton 2

Dalam hubungan asmaranya, Michael Keaton sempat menikah dengan mendiang aktris Caroline McWilliams dari tahun 1982 sampai 1990. Mereka memiliki satu anak laki-laki bernama Sean. Dia lalu memiliki hubungan dengan aktris Courteney Cox dari 1989-1995.

Michael Keaton juga seorang Demokrat yang mendukung Presiden Barack Obama untuk terpilih kembali pada tahun 2012 dan Senator Bernie Sanders untuk nominasi Demokrat pada tahun 2016. Pada tanggal 18 Januari 2016, dia diangkat sebagai Pejabat Order of Arts and Letters di Perancis, serta seorang ilmuwan tamu di Carnegie Mellon University.

Perjalanan Karir
Karirnya di dunia industri dimulai saat Michael Keaton muncul di sebuah program televisi publik Pittsburgh, termasuk “Where the Heart Is” dan “Mister Rogers’s Neighborhood” (1975), sebagai salah satu “Flying Zookeeni Brothers.” Ia juga bekerja sebagai aktor di teater Pittsburgh dengan memainkan peran Rick di pemutaran perdana film karya David Rabe berjudul “Sticks and Bones” dengan Pittsburgh Poor Players.

Pria itu lalu meninggalkan Pittsburgh dan pindah ke Los Angeles untuk mulai mengikuti audisi berbagai serial TV. Dia kemudian muncul di berbagai acara TV populer termasuk “Maude” dan “The Mary Tyler Moore Hour”. Debut filmnya ialah dalam peran non-speaking kecil dalam film Joan Rivers, “Rabbit Test”.

Karir Michael Keaton mendapat dorongan besar saat dia ditunjuk oleh Tim Burton, untuk menjadi pahlawan superhero “Batman” tahun 1989. Namun saat itu, Warner Bros menerima ribuan surat keluhan oleh fans yang percaya bahwa Michael Keaton adalah pilihan yang salah untuk menggambarkan Batman. Tapi ajaibnya, penampilannya dalam peran tersebut akhirnya mendapatkan pengakuan luas dari kritik dan khalayak, dan film “Batman” menjadi salah satu film paling sukses tahun itu.

Biografi Michael Keaton 3

Mengulai perannya, Michael Keaton tampil dalam sekuel “Batman Returns” (1992), yang merupakan puncak kesuksesannya. Dia awalnya ditugaskan untuk kembali memainkan perannya lagi dalam film Batman seri ketiga, bahkan melangkah lebih jauh untuk tampil sesuai kostum. Namun, ketika Burton, sutradara film tersebut keluar, Ia juga meninggalkan waralaba. Dia measa tidak puas dengan skenario yang ditulis oleh sutradara baru, Joel Schumacher. Menurut episode “A & E Biography” di Keaton, setelah dia menolak pertama kalinya (setelah bertemu dengan Schumacher), Warner Bros menawarinya $ 15 juta, namun Keaton dengan gigih menolak dan digantikan oleh Val Kilmer di “Batman Forever” (1995).

Pada awal tahun 2000-an, Keaton tampil di beberapa film sukses, seperti “Live From Baghdad” (yang dinominasikan untuk penghargaan Golden Globe), “First Daughter”, “White Noise” dan “Herbie: Fully Loaded”.

Selang beberapa tahu kemudian, Michael Keaton bersama Zach Galifianakis, Edward Norton, Emma Stone, dan Naomi Watts membintangi film “Birdman” atau (The Unexpected Virtue of Ignorance) tahun 2014. Dia memenangkan Golden Globe Award sebagai Aktor Terbaik dalam Musikal atau Komedi untuk aktingnya dan menerima nominasi Academy Award sebagai Aktor Terbaik pula.

Pada tahun 2015, Michael Keaton tampil sebagai Walter V. Robinson dalam film “Spotlight”, dan tahun berikutnya, ia berperan sebagai pengusaha Ray Kroc di film biopic “The Founder”. Di tanggal 28 Juli 2016, Michael Keaton menerima sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame, yang berada di 6931 Hollywood Boulevard.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =