Profil & Biografi James McAvoy

Loading...

Aktor bernama James McAvoy mungkin tidak terdengar asing lagi di telinga Anda, terlebih lagi saat menonton film-film Hollywood populer, misalnya “X-Men” beserta sekuel-sekuelnya ataupun film terbarunya yang tayang tahun 2017 ini, “Atomic Blonde” dengan pemeran wanita utama Charlize Theron. Adapun Profil James McAvoy bisa Anda lihat di bawah ini.

Biografi James McAvoy 1

Kehidupan Pribadi
James McAvoy lahir pada tanggal 21 April 1979 di Glasgow, Skotlandia, yang merupakan anak dari Elizabeth, seorang perawat psikiater, dan James McAvoy, Sr. seorang pembangun. Dia dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma. Namun sayangnya, orang tuanya bercerai saat berumur ia tujuh tahun. Ibunya lalu mengalami kesehatan yang buruk dan kemudian memutuskan bahwa yang terbaik untuk James adalah tinggal dengan kakek dan nenek dari pihak ibu, Maria dan James Johnstone, seorang tukang daging yang tinggal di sebuah rumah dewan bertingkat di daerah Drumchapel di Glasgow. James McAvoy memiliki saudara perempuan bernama Joy, dan saudara tiri yang lebih muda, Donald.

Pria tampan ini pernah bersekolah di St Thomas Aquinas Secondary di Jordanhill, Glasgow, sebuah sekolah Katolik, dan secara singkat dianggap bergabung dengan kelompok pendeta Katolik. Dalam sebuah wawancara di tahun 2006, James McAvoy mengatakan bahwa dia dianggap menjadi pendeta saat kecil karena ini tampaknya merupakan cara terbaik untuk menjelajahi dunia melalui pekerjaan misionaris. Selama pendidikannya itu, dia pernah bekerja di toko roti lokal.

Biografi James McAvoy 2

Saat bekerja di Shameless, James McAvoy memulai hubungan dengan Anne-Marie Duff, dan mereka menikah pada tanggal 11 November 2006 dalam sebuah upacara yang sederhana. Mereka memiliki satu anak bersama, seorang anak laki-laki bernama Brendan (lahir tahun 2010). Pada tanggal 13 Mei 2016, James McAvoy dan Duff bersama-sama mengumumkan keputusan mereka untuk bercerai. Pada tanggal 30 Agustus 2017 lalu, James McAvoy berbicara dengan Stephen Colbert tentang kekasihnya saat ini, Lisa (Liberati), saat berada di lokasi syuting film X-Men baru.

Perjalanan Karir
James McAvoy adalah seorang aktor Skotlandia yang membuat debut aktingnya sebagai aktor remaja di “The Near Room” (1995) dan terus membuat penampilan televisi sampai tahun 2003, saat karir filmnya dimulai. Dia terus bekerja aktif di kedua media sejak saat itu. Karya televisi terkenalnya termasuk drama show “State of Play” dan fiksi ilmiah menunjukkan “Frank Herbert’s Children of Dune”.

Selain akif berakting di layar lebar lebar, James McAvoy telah tampil di beberapa produksi West End dan menerima tiga nominasi untuk Laurence Olivier Award sebagai Aktor Terbaik. Dia juga telah menyumbangkan suara sexy-nya untuk film animasi termasuk “Gnomeo & Juliet” dan “Arthur Christmas” (keduanya di tahun 2011).

Biografi James McAvoy 3

Pada tahun 2003, pria berumur 38 tahun ini tampil sebagai pemeran utama di “Bollywood Queen”, sebuah film Indian Inggris yang mengambil drama Shakespeare Romeo dan Juliet, yang disutradarai oleh Jeremy Wooding. Setelah itu, ia menjadi peran pendukung sebagai faun Mr. Tumnus, dalam “The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe” (2005). Penampilannya dalam drama karya Kevin Macdonald, “The Last King of Scotland” (2006) yang sukses mengumpulkan beberapa nominasi penghargaan. Film perang drama romantis yang diakui secara kritis, “Atonement” (2007) memberinya nominasi Golden Globe Award dan nominasi BAFTA keduanya. Ia tampil berhadapan dengan Angelina Jolie sebagai pembunuh yang baru dilatih dalam laga thriller “Wanted” (2008).

Sejak saat itu, James McAvoy dikenal karena bermain sebagai Profesor Charles Xavier muda di film superhero “X-Men: First Class” (2011), sebuah peran yang ia ulangi dalam “X-Men: Days of Future Past” (2014), “X-Men: Apocalypse” (2016) dan “X-Men: Dark Phoenix” (2018). Ia juga membintangi film komedi-drama kriminal ”Filth” (2013) dimana ia memenangkan Best Actor dalam British Independent Film Awards. Pada tahun 2017 ini, dia menggambarkan Kevin, seorang pria dengan 23 kepribadian di tubuhnya, di film karya M. Night Shyamalan, “Split”, yang mendapat pujian kritis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − four =