Profil & Biografi James Franco

Loading...

Aktor tampan yang dikenal dalam perannya di film Spider-man beserta sekuelnya, James Franco, ternyata merangkap sebagai seorang sutradara dan produser berkebangsaan Amerika Serikat. Ia telah berkecimpung di industri perfilman sejak tahun 1999 dan masih aktif hingga tahun 2017 ini. Bahkan James Franco membintangi 12 judul film, salah satunya adalah “The Long Home”, yang juga diramaikan oleh Josh Hutcherson. Berikut ini Profil James Franco, dimulai dari kehidupan pribadi hingga perjalanan karirnya.

Biografi James Franco 1

Kehidupan Karir
James Edward Franco lahir pada tanggal 19 April 1978 di Palo Alto, California. Ibunya, Betsy Lou, adalah seorang penulis dan aktris, dan ayahnya, Douglas Eugene Franco (wafat tahun 2011), menjalankan bisnis Silicon Valley. Orang tuanya bertemu saat masih mahasiswa di Stanford University. Ayah Franco berasal dari bahasa Portugis dan keturunan Swedia. Sedangkan ibu Franco adalah orang Yahudi, dari keluarga keturunan Rusia-Yahudi.

Pria tampan ini dibesarkan di California bersama dua saudara laki-lakinya, Tom dan Dave yang juga seorang aktor. Menjadi seorang “jagoan matematika,” James Franco pernah magang di Lockheed Martin. Dia juga sering didorong oleh ayahnya untuk mendapatkan nilai bagus dan melakukannya dengan baik pada SAT-nya. Dia lulus dari Palo Alto High School pada tahun 1996, di mana dia aktif berperan dalam drama. Hal ini menyebabkan dia menghadiri CSSSA pada tahun 1998 untuk teater.

Biografi James Franco 2

Meskipun ia tertarik menjadi ahli zoologi laut, James Franco selalu diam-diam ingin menjadi aktor tapi takut ditolak. Dia terdaftar di University of California, Los Angeles (UCLA) sebagai jurusan bahasa Inggris, namun keluar setelah tahun pertamanya dan melawan keinginan orang tuanya untuk mengejar karir sebagai aktor. Oleh karena itu, ia malah memilih untuk mengambil pelajaran akting dengan Robert Carnegie di Playhouse West. Selama waktu ini, James Franco mengambil pekerjaan larut malam di McDonald’s untuk membiayai dirinya sendiri karena orang tuanya menolak untuk melakukannya.

Karir
Setelah 15 bulan mengikuti pelatihan akting, pria berumur 39 tahun ini mulai mengikuti audisi di Los Angeles. Peran pertamanya yang dibayar adalah iklan televisi untuk Pizza Hut, yang menampilkan Elvis Presley yang menari (yang meninggal 20 tahun sebelumnya). Dia juga menjadi peran tamu di acara televisi tapi jeda pertamanya datang pada tahun 1999, setelah dia berperan dalam peran utama dalam serial televisi NBC “Freaks and Geeks”, yang tayang selama 18 episode dan dibatalkan karena rating yang rendah.

Namun ajaibnya, tak lama kemudian, acara tersebut menjadi hit kultus di antara penonton. Sejak itu, ia banyak menerima tawaran berakting lain dan memulai debut filmnya yaitu “Never Been Kissed”. Kemudian, ia memerankan peran Chris yang populer di “Whatever It takes” (2000), remake modern dari film tahun 1897 berjudul “Cyrano de Bergerac”.

Biografi James Franco 3

Dia kemudian memerankan sebuah peran dalam film biografi karya Mark Rydell “James Dean” pada tahun 2001. Untuk mendalami dirinya dalam peran tersebut, James Franco beralih dari menjadi seorang perokok, memutihkan rambut pirangnya yang cokelat tua, dan belajar mengendarai sepeda motor serta bermain gitar. Untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Dean, Franco menghabiskan berjam-jam dengan dua teman Dean. Kerja kerasnya itu pun membuahkan hasil karena dia menerima Golden Globe Award dan nominasi untuk Emmy Award dan Screen Actors Guild Award (SAG).

Perlu diketahui, James Franco ialah seorang aktor, sutradara, penulis skenario, dan produser asal Amerika. Untuk perannya dalam “127 Hours” tahun 2010, ia dinominasikan untuk Academy Award for Best Actor. Dia dikenal karena perannya dalam film live-action seperti “Milk” (2008), “Pineapple Express” (2008), “Rise of the Planet of the Apes” (2011), “Spring Breakers” (2012), “Oz the Great and Powerfull” (2013), “The Disaster Artist” (2017), dan trilogi “Spider-Man” (2002-2007). Ia juga memberikan suara dalam film animasi seperti “The Little Prince” (2015) dan “Sausage Party” (2016). Ia lebih dikenal karena berkolaborasi dengan sesama aktor Seth Rogen, karena tampil dalam delapan film bersamanya.

James Franco juga dikenal karena karyanya di televisi dengan peran akting pertamanya yang menonjol adalah tokoh utama Daniel Desario dalam drama komedi pendek komedi “Freaks and Geeks”, yang mengembangkan pengikut kultus. Ia juga memerankan tokoh utama dalam film biografi TV “James Dean” (2001), dimana ia memenangkan Golden Globe Award. Dia memiliki peran berulang di sinetron “General Hospital” dan sitkom “Angie Tribeca”, serta membintangi serial terbatas tahun 2016 berjudul “11.22.63”. Ia juga membintangi drama HBO buatan David Simon berjudul “The Deuce”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =