Profil & Biografi Joseph Kahn

Loading...

Jika Anda sering melihat video klip lagu-lagu Taylor Swift, pastinya Anda juga sempat melihat nama Joseph Kahn di awal-awal. Pria asal Korea Selatan ini telah menjadi sutradara video musik dan film internasional yang namanya sudah dikenal luas. Bukan hanya Taylor Swift saja, namun Joseph Kahn pernah menjadi sutradara video musik Eminem, Katy Perry, Shakira, Maroon 5, Lady Gaga, dan masih banyak lagi. Jika Anda penasaran dengan sutradara jenius ini, mari simak profil Joseph Kahn sebagai berikut.

Biografi Joseph Kahn 1

Kehidupan Pribadi
Joseph Kahn adalah seorang sutradara film dan video klip Hollywood. Nama aslinya ialah Ahn Jun-hee dan ia lahir tanggal 12 Oktoer 1972 di Busan, Korea Selatan. Keluarganya lalu pindah ke Jersey Village, Texas, saat Joseph berumur 3 tahun. Setelah lulus dari Jersey Village High School pada tahun 1990, Kahn melanjutkan studi di New York University, jurusan seni. Sayangnya ia memutuskan untuk berhenti setahun kemudian untuk mengejar karir sebagai direktur video musik.

Pada tahun 1999, Joseph Kahn memulai usaha produksi videonya sendiri, SuperMega Media, bersama dengan Chris Lee dan di bawah naungan HIS Production. Sejak awal karirnya, pria berumur 45 telah berhasil menggarap ratusan video klip dari puluhan penyanyi papan atas dunia. Salah satu karya fenomenalnya adalah video clip song “Doesnt Really Matter” milik Janet Jackson. Dengan menggunakan konsep budaya pop Jepang untuk pertama kalinya, video ini menjadi salah satu video klip musik dengan biaya pembuatan yang paling mahal dengan biaya produksi total melebihi 2,5 juta rupiah.

Biografi Joseph Kahn 2

Selain menggarap video klip musik, Joseph Kahn juga sering dipercaya oleh perusahaan terkemuka untuk membuat iklan mereka. Vodafone, Hewlett Packard, Bacardi, BMW, Mazda, dan Playstation adalah beberapa daftar perusahaan kaliber internasional yang menjadi kliennya. Yang terkenal adalah saat ia menggunakan sosok Bruce Lee melalui teknik pencitraan yang dihasilkan komputer untuk menciptakan iklan minuman beralkohol Johnnie Walker.

Perjalanan Karir
Joseph Kahn telah mengumpulkan beberapa penghargaan Produksi Video Musik. Dia telah memenangkan beberapa MTV Video Music Awards dengan nominasi untuk Best Video of the Year untuk Brandy & Monica “The Boy Is Mine”, Britney Spears “Toxic”, Chris Brown untuk single “Forever”, the Pussycat Dolls “When I Grow Up”, Eminem “We Made You”, Britney Spears “Womanizer”, dan Eminem “Love the Way You Lie”.

Biografi Joseph Kahn 3

Pada tahun 2002, Joseph Kahn memenangkan penghargaan Grammy pertamanya sebagai Best Direction untuk video klip “Without Me” milik Eminem yang juga memenangkan Video Terbaik MTV VMA Tahun itu. Video untuk Katy Perry “Waking Up In Vegas” memenangkan MVPA 2009 Video Terbaik Tahun Ini.

Penggunaan budaya pop Jepang oleh Joseph Kahn dalam video musik pertama kali dimulai dengan video “Does not Really Matter” milik penyanyi Janet Jackson. Video itu juga video paling mahal yang telah diarahkan olehnya dan termasuk yang paling mahal sepanjang masa, dengan biaya lebih dari $ 2,5 juta. Pada tahun 2014, ia diberi The Icon Award oleh UK Music Video Awards.

Setahun kemudian, Joseph Kahn mendapatkan beberapa penghargaan dari pilihan MTV untuk Video Terbaik Tahun Ini, Video Pop Terbaik, Video Wanita Terbaik, dan Kolaborasi Terbaik untuk beberapa video dari album Taylor Swift, “1989”. Dia memenangkan Grammy Award untuk Best Music Video 2015 untuk single “Blood Blood” dari Taylor Swift ft Kendrick Lamar. Pada tahun 2017, ia memenangkan American Country Music Awards Video of the Year untuk “Forever Country.”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − sixteen =