Profil & Biografi Yesung

Loading...

Kim Jong-hoon atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Yesung, adalah penyanyi dan aktor asal Korea Selatan. Dia memulai debutnya di tahun 2005 sebagai anggota Super Junior dan sub-kelompoknya Super Junior-K.R.Y. yang dibentuk tahun 2006 bersama Cho Kyuhyun dan Ryeowook. Dia lalu memulai karir solonya di tahun 2016 dengan album perdananya berjudul “Here I Am”. Jika Anda penasaran dengan pria tampan ini, mari simak Profil Yesung sebagai berikut.

Biografi Yesung 1

Kehidupan Pribadi
Yesung lahir dengan nama asli Kim Jong-woon pada tanggal 24 Agustus 1984 di Seoul dan kemudian pindah ke Cheonan, Chungcheong Selatan pada usia 10 tahun. Dia lahir dari pasangan Kim Sang-gon dan Im Bo Kyung, yang juga menjadi anak pertama dari dua bersaudara dengan nama adiknya, Kim Jong-jin. Sejak usia muda, Yesung sudah sangat tertarik menyanyi.

Pada tahun 1999, ia mengikuti kompetisi menyanyi broadcast dan memenangkan emas di Cheonan Singing Competition. Pada tahun 2001, ibu Yesung mendaftarkannya untuk audisi SM Entertainment Starlight Casting System, di mana dia mengesankan para juri dengan “suara artistiknya”, dan lolos sebagai trainee di bawah naungan SM Entertainment pada tahun yang sama. Labelnya diberi nama panggung Yesung yang berasal dari ungkapan Korea “예술가 의 성대” (yang berarti: pita suara seorang seniman) dan bisa diterjemahkan sebagai “suara mirip seni”.

Pada bulan April 2016 lalu, Yesung mengkonfirmasi di acara Kiss the Radio Super Junior bahwa ibunya telah mengubah namanya dari Jong-woon menjadi Jong-hoon dan dia akan mematuhi permintaan ibunya.

Perjalanan Karir
Yesung secara resmi memulai debutnya sebagai bagian dari 12 anggota grup proyek Super Junior 05 pada tanggal 6 November 2005 di program musik SBS Popular Songs, dengan menyanyikan single pertama mereka, “Twins (Knock Out)”. Album debut mereka yang bertajuk SuperJunior05 (Twins), dirilis sebulan kemudian pada tanggal 5 Desember 2005 dan memulai debutnya di posisi 3 tangga album MIAK K-pop bulanan.

Biografi Yesung 2

Pada bulan Maret 2006, SM Entertainment mulai merekrut anggota baru untuk generasi Super Junior berikutnya. Namun, rencana itu berubah dan perusahaan menyatakan berhenti untuk membentuk generasi Super Junior masa depan. Setelah penambahan anggota ketiga belas, Kyuhyun, kelompok tersebut menghapus akhiran “05” sehingga resmi dinamakan Super Junior. Ketika musim gugur tahun 2007, grup ini merilis album resmi kedua mereka, “Don’t Don”, yang menjadi album terlaris Super Junior dan album terlaris kedua Korea tahun itu.

Selain menjadi penyanyi, Yesung memulai debutnya sebagai aktor pada tanggal 26 Juli 2007 dengan berperan dalam “Attack on the Pin-Up Boys”, sebuah drama komedi SMA yang dibintangi sesama anggota Super Junior. Dia bermain sebagai bintang rock sekolah yang diserang oleh kekuatan misterius.

Pada tanggal 31 Januari 2011, lagu solo Yesung dari drama OST SBS, “Paradise Ranch”, dirilis. Single dengan judul “Waiting For You” adalah sebuah balada yang bercerita tentang seorang pria yang bersikeras menunggu sampai akhir dunia agar kekasihnya kembali kepadanya. Dia tampil untuk pertama kalinya di Super Junior K.R.Y Konser 1 di Seoul pada tanggal 11 Februari.

Biografi Yesung 3

Karena bergabung dengan sub-kelompok Super Junior K.R.Y., Yesung menggelar tur konser di Jepang, dengan tagline “Super Junior K.R.Y. Special Winter Concert”. Mereka mengumumkan bahwa mereka akan merilis single pertama mereka 6 tahun setelah debut. Teaser untuk single”Promise You” pun dirilis pada 21 November 2012, diikuti oleh perilisan single tersebut pada tanggal 23 Januari 2013. Single ini debut di nomor dua di chart single harian Oricon.

Sebagai warga negara yang baik, Yesung mengumumkan bahwa dia akan mendaftar untuk wajib militer pada tahun 2013 di konser Seoul Super Show 5. Dia bertugas sebagai pekerja pelayanan publik setelah empat minggu menjalani pelatihan dasar. Dia mendaftar pada tanggal 6 Mei 2013, sehingga dia tidak bisa ikut serta dalam konser berikutnya.

Super Junior-K.R.Y. bersatu kembali dengan kembalinya Yesung dari dinas militer. Super Junior-K.R.Y. Tur Jepang pun dimulai di Yokohama pada 2-3 Juni dan memiliki 11 pertunjukan total di arena di Kobe, Fukuoka, dan Nagoya. Di bulan Juli 2015, SM Entertainment mengumumkan Super Junior-K.R.Y. memulai tur Asia mereka di Seoul di Olympic Hall di Seoul pada tanggal 22 dan 23 Agustus. Trio tersebut merilis single Jepang tunggal berjudul “Join Hands” pada tanggal 5 Agustus 2015.

Yesung merilis EP pertamanya yang bertajuk “Here I Am” di tanggal 19 April 2016. Album ini berisi tujuh lagu, dengan single utama berjudul “Here I Am”. Yesung membuat debutnya di acara “M Countdown” di bulan April tahun itu. Bahkan ia sudah pernah menggelar konser solo pertamanya bernama Sweet Coffee, bagian dari seri konser S.M. Entertainment The AGIT, yang diadakan pada bulan Juni 2016. Tahun ini, Yesung merilis EP kedua berjudul “Spring Falling”. Album ini berisi enam lagu, dengan single utama berjudul “Paper Umbrella”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 15 =