Profil & Biografi Tulus

Loading...

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas profil Tulus yang menjadi salah satu penyanyi papan atas di Tanah Air. Penyanyi bersuara merdu ini bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi juga dikenal oleh masyarakat luar negeri karena Tulus telah tampil di berbagai festival musik internasional. Saat ini, Tulus menjadi juri di acara The Voice Kids Indonesia 2 bersama dengan Bebi Romeo dan Agnes Monica.

Biografi Tulus 1

Awal Kehidupan
Muhammad Tulus lahir pada tanggal 20 Agustus 1987 di Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Dia mendapatkan gelar sarjana di bidang arsitektur di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Dibesarkan dalam keluarga yang bukan musisi, kesukaannya untuk keindahan nada telah ada sejak dia sangat kecil. Dulu, ibunya lah yang mengenalkan Tulus pada berbagai jenis musik.

Dalam studinya di bidang arsitektur, dia mendapati dirinya memiliki ikatan yang sangat kuat dengan musik itu sendiri. Terlepas dari kontradiksinya, bagi Tulus, musik dan arsitektur memiliki banyak kesamaan yang tidak banyak orang ketahui. Dalam musik, Ia belajar bagaimana menghargai keindahan sambil mempertahankan struktur dan fungsi musik itu sendiri. Begitu juga dalam arsitektur, dimana tiga aspek seperti keindahan, struktur, dan fungsi merupakan fondasi utama dalam karya yang bersifat arsitektural.

Biografi Tulus 2

Perjalanan Karir
Tulus telah menulis banyak lagu. Beberapa lagu terpilih telah dirilis ke dalam tiga album resminya melalui TulusCompany, sebuah label rekaman independen yang didirikan oleh Tulus bersama saudaranya Riri Muktamar pada tahun 2010. Saat ini, perusahaan tersebut memiliki dua divisi usaha utama yakni Tulus Management dan Tulus Production.

Album Tulus yang pertama dirilis pada akhir tahun 2011, direspon dengan sangat baik dan mendapat banyak tanggapan positif dari pecinta musik di Tanah Air. Bahkan, Majalah Rolling Stone Indonesia menempatkan album ini di daftar teratas dalam jajaran daftar album Indonesia terbaik di tahun 2013. Tak heran jika pencapaian ini memberikan penghargaan bagi Tulus sebagai Rookie of the Year untuk tahun itu.

Biografi Tulus 3

Pada awal tahun 2016, TULUS merilis single barunya berjudul “Pamit”. Pamit adalah single yang menjadi bagian dari album ketiganya yang dirilis pada Agustus 2016. Di dalam album ketiga ini, TULUS berkesempatan berkolaborasi dengan The City of Prague Philharmonic di Republik Ceko. Ia memiliki sesi rekaman disertai dengan instrumen senar dari The City of Prague Philharmonic untuk lima lagu di dalam album tersebut.

Di bawah naungan TulusCompany, pada tanggal 3 Agustus 2016, Tulus merilis album ketiganya yang berjudul “Monokrom” secara independen. Album ini diproklamirkan sebagai salah satu album musik terbaik tahun 2016 oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

Sebagai penyanyi live, Tulus telah mengisi banyak panggung di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Mulai dari Java Jazz, Music Matters Singapore, Jazz Internasional di Hamamatsu, hingga penampilan terbarunya di Melbourne Town Hall, Australia. Dia telah membuktikan dirinya sebagai penyanyi yang luar biasa.

Tulus juga pernah melakukan 6 konser solo dengan bekerjasama dengan Penyelenggara Acara Lokal di Indonesia. Tulus Production atau Tulus Pro adalah tim yang berdedikasi di bawah naungan Tulus Company untuk mengembangkan kinerja live performance dari penyanyi berusia 30 tahun itu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =