Profil & Biografi Lee Hi

Loading...

Lee Hi adalah seorang gadis cantik yang berprofesi sebagai penyanyi dan penulis lagu asal Korea Selatan. Dia mulai dikenal secara luas setelah menjadi juara runner-up K-pop Star Season 1 dari channel SBS. Setelah itu, ia menjadi penyanyi di bawah label rekaman YG Entertainment, dimana banyak idol terkenal lainnya yang berada di label sama, misalnya BlackPink dan Big Bang. Berikut ini profil Lee Hi yang bisa Anda ketahui.

Biografi Lee Hi 1

Awal Kehidupan
Dengan nama lengkap Lee Ha Yi, ia lahir pada tanggal 23 September 1996 di Bucheon, Korea Selatan. Ia pernah bersekolah di Sukchun Elementary School dan Sangil Middle School. Setelah itu, ia melanjutkan sekolahnya di School of Performing Arts di Seoul. Awal pra debutnya di tahun 2012, Lee Hi berhasil menduduki posisi runner-up di K-pop Star Season 1, melawan Park Ji-min dan akhirnya menandatangani kontrak bersama CEO YG Entertainment, Yang Hyun-suk.

Pada tanggal 12 Mei 2012, diumumkan bahwa Lee Hi akan memulai debutnya dengan sebuah kelompok gadis bernama SuPearls (yang aslinya terdiri dari Michelle Lee, Park Ji-min, Lee Seung-joo dan Lee Jung-mi) yang pada awalnya terbentuk pada K- pop Star Season 1 dan masuk ke YG. Namun akhirnya, dia ditetapkan untuk menggantikan Ji-min yang memutuskan untuk masuk dengan JYP Entertainment setelah menang.

Setelah debut, Lee Hi yang sukses sebagai artis solo, membuat YG mengumumkan secara tiba-tiba pada tanggal 13 Februari 2013, bahwa kelompok gadis yang dinanti-nantikannya, SuPearls, tidak akan lagi berlanjut sebagai ansambel dan anggota lainnya yang tersisa telah keluar, sehingga Lee Hi akan melanjutkan karirnya sebagai artis solo.

Biografi Lee Hi 2

Perjalanan Karir
Pada tanggal 24 Oktober 2012, Lee Ha Yi akan memulai debutnya sebagai artis solo dengan nama panggung, “Lee Hi”, dengan single debut “1, 2, 3, 4”. Single ini dirilis empat hari setelah pengumuman tersebut. “1, 2, 3, 4” ditulis oleh Masta Wu dan diproduksi oleh Choice37 dan Lydia Paek. Video musik tersebut disutradarai oleh sutradara Han Sa-min, yang juga pernah menggarap “Blue” dan “Monster” dari 2NE1 dari Big Bang. Lagu yang dinyanyikan Lee Hi menempati puncak di Chart Digital Gaon bulanan untuk bulan November.

Single keduanya berjudul “Scarecrow” (sebuah lagu yang ditulis oleh JYP dan awalnya direkam, walaupun belum pernah dirilis, oleh Park Bom sebelum menjadi bagian dari 2NE1), dirilis pada 22 November 2012.

Pada tanggal 2 Maret 2013, YG Entertainment mengungkapkan bahwa album debut Lee Hi, yang berjudul “First Love” akan dirilis sebagai mini album digital pada tanggal 7 Maret yang menampilkan 5 lagu, dengan rilis album penuh pada tanggal 28 Maret yang menampilkan 10 lagu. Judul lagu, “It’s Over” dan “Rose” dirilis tak lama kemudian dari debut album tersebut. Di dalam album ini juga Lee Hi bukan hanya bernyanyi, tapi juga rapping.

Biografi Lee Hi 3

Pada bulan Agustus 2015, dikonfirmasi bahwa Lee Hi akan merilis album baru melalui label Tabloid HIGHGRND. Penyanyi muda tersebut masih berada di bawah YG Entertainment, namun HIGHGRND hanya akan bertanggung jawab atas keseluruhan produksi album barunya. Saat tanggal 9 Maret 2016, Lee Hi merilis separuh album bertajuk “Seoulite”. Dua video musik diluncurkan untuk single “Breathe” dan “Hold My Hand”.

“Breathe” ditulis oleh Kim Jong-hyun SHINee. Lee Hi memulai promosi untuk kedua lagu tersebut di siaran Mnet “M! Countdown” pada 10 Maret 2016. Sebulan kemudian, YG Entertainment mengungkapkan daftar lagu album penuh untuk album Lee Hi, Seoulite. Album ini dirilis pada tanggal 20 April 2016 dengan “My Star” sebagai judul lagu utama. Lee Hi juga ikut menulis dan memproduksi lagu “Passing By”.

Pada bulan September 2016 lalu, Lee Hi bermitra dengan Epik High, untuk menyumbangkan sebuah OST berjudul “Can You Hear My Heart” untuk drama Moon Lovers yang sangat dinanti, “Scarlet Heart Ryeo” dan lagu “My Love” untuk drama yang sama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =