Profil & Biografi Serena Williams

Loading...

Bagi Anda yang mengikuti dunia olahraga, pasti Anda mengenal petenis wanita hebat bernama Serena Williams. Memiliki karir yang nyaris sempurna serta kehidupan rumah tangga yang harmonis mampu membuat banyak yang iri dengan kehidupannya. Meskipun dalam perjalanan karirnya ia sempat menelan pahit kekalahan, namun Serena Williams masih menjadi petenis pro nomor satu di dunia. Jika Anda penasaran dengan atlet ini, mari simak profil Serena Williams, dimulai dari kehidupan pribadinya hingga ke perjalanan karir.

Biografi Serena Williams 1

Kehidupan Pribadi
Dengan nama lengkap Serena Jameka Williams, ia lahir tanggal 26 September 1981 di Saginaw, Michigan, dari pasangan Richard Williams dan Oracene Price. Ia merupakan anak termuda dari lima saudara perempuan Yetunde, Lyndrea, Isha Price, dan Venus. Ketika ia masih kecil, keluarga tersebut pindah ke Compton, California, di mana Williams mulai bermain tenis pada usia tiga tahun.

Ayahnya, Richard, melatih Serena dan kakaknya Venus, bermain tenis. Sementara dia dan kemudian ibunya, Oracene, telah menjadi pelatih resmi. Ada mentor lainnya yang membantu Serena dan Venus untuk mempelajari permainan tenis bernama Richard Williams, seorang pria Compton yang berbagi nama ayahnya dan akan terus melatih tenis pada Venus dan Serena Williams.

Ketika Williams berusia sembilan tahun, dia dan keluarganya pindah dari Compton ke West Palm Beach, Florida, sehingga dia bisa menghadiri akademi tenis Rick Macci, dimana Macci mulai memberikan pembinaan tambahan. Namun, Richard berhenti mengirim anak-anaknya ke turnamen tenis junior nasional saat Williams berusia 10 tahun, karena dia ingin mereka fokus pada pekerjaan sekolah. Pengalaman rasisme juga mendorongnya untuk melakukan ini, karena Richard Williams sering mendengar orang tua kulit putih berbicara tentang anak-anaknya dengan cara yang menghina selama turnamen.

Pada saat itu, Serena Williams memiliki rekor 46-3 di turnamen tenis Asosiasi Amerika Serikat dan berada di peringkat satu di antara pemain di bawah usia 10 di Florida. Pada tahun 1995, ketika Williams berada di kelas sembilan, ayahnya menarik putrinya keluar dari akademi Macci dan, sejak saat itu, mengambil alih semua pelatihan tenis di rumah mereka.

Biografi Serena Williams 2

Mengenai kehidupan asmaranya, Serena Williams mengumumkan pertunangannya dengan pendiri dan penemu Reddit, Alexis Ohanian pada tanggal 29 Desember 2016. Pada tanggal 19 April 2017, ia memposting sebuah foto secara menyamping berisi dirinya di Snapchat yang berfokus pada bagian perutnya. Foto ini memiliki caption “20 minggu”, yang memicu spekulasi bahwa Serena sedang hamil.

Fakta bahwa dia hamil 20 minggu saat mengumumkan kehamilannya berarti dia hamil 8 minggu saat dia memenangkan Australia Open pada bulan Januari. Pada tanggal 1 September 2017, Serena melahirkan seorang perempuan bernama Alexis Olympia Ohanian. Dia berencana untuk pindah ke San Francisco bersama Ohanian setelah pernikahan. Serena Williams dan pasangannya kemudian menikah pada 16 November 2017 di New Orleans. Tamu di pernikahan dihadiri oleh Beyoncé Knowles, Kelly Rowland dan Kim Kardashian West.

Perjalanan Karir
Selama perjalanan karirnya, Serena Williams dikenal sebagai petenis profesional asal Amerika. Asosiasi Tenis Putri (WTA) menempatkannya pada peringkat nomor 1 dunia di nomor tunggal dalam delapan kesempatan, dari tahun 2002 sampai 2017. Dia menjadi petenis nomor 1 dunia untuk pertama kalinya pada tanggal 8 Juli 2002.

Pada kesempatan keenam, dia memegang peringkat 1 untuk 186 minggu berturut-turut, mengikat rekor yang ditetapkan oleh Steffi Graf untuk minggu paling berurutan sebagai petenis nomor satu dunia dari petenis wanita. Secara total, dia telah menjadi petenis nomor satu dunia untuk 319 minggu, yang menempati urutan ketiga di Era Terbuka di antara petenis wanita. Banyak komentator, pemain dan penulis olahraga menganggapnya sebagai petenis wanita terbesar sepanjang masa. Pada tanggal 19 April 2017, dia mengumumkan absennya dari dunia tenis sampai 2018 karena kehamilannya.

Biografi Serena Williams 3

Serena Williams pernah meraih gelar Grand Slam terbanyak di nomor tunggal, ganda, dan ganda campuran yang digabungkan di antara pemain aktif. Rekornya dari 39 gelar Grand Slam menempatkannya yang ketiga dalam daftar sepanjang masa dan yang kedua di Era Terbuka yaitu 23 di nomor tunggal, 14 di nomor ganda putri, dan 2 di ganda campuran.

Dia adalah pemain tenis wanita terbaru yang telah menyelenggarakan keempat gelar Grand Slam secara bersamaan (2002-2003 dan 2014-2015) dan pemain ketiga untuk meraih rekor ini sebanyak dua kali setelah Rod Laver dan Steffi Graf. Dia, bersama dengan kakaknya Venus, pemain tenis terbaru yang telah memegang keempat gelar ganda putri Grand Slam secara bersamaan (2009-2010).

Total 23 gelar Grand Slam-nya menandai rekor kemenangan Grand Slam paling banyak oleh petenis di Era Terbuka, dan berada di posisi kedua dalam daftar sepanjang masa di belakang Margaret Court. Dia adalah satu-satunya petenis dalam sejarah (pria atau wanita) yang telah memenangkan gelar tunggal setidaknya enam kali dalam tiga dari empat turnamen Grand Slam, dan satu-satunya pemain yang pernah memenangkan dua dari empat Grand Slam tujuh kali masing-masing (tujuh Gelar Wimbledon dan tujuh gelar Australia Terbuka).

Serena Williams juga satu-satunya petenis yang telah memenangkan 10 gelar tunggal Grand Slam dalam dua dekade terpisah. Dia telah memenangkan rekor terbanyak sepanjang masa dari 13 gelar tunggal Grand Slam di lapangan . Bahkan, ia memegang rekor Open Era untuk meraih sebagian besar gelar juara di Australia Open dan berbagi rekor Open Era untuk meraih sebagian besar gelar juara di AS Open bersama Chris Evert. Selain itu, ia memegang rekor sepanjang masa untuk pertandingan tunggal wanita yang menang di Grand Slam dengan total 316 pertandingan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 9 =