Profil & Biografi Kim Jonghyun

Loading...

Pentolan artis dari SM Entertainment, Kim Jonghyun dikabarkan meninggal dunia akibat keracunan asap briket di apartemennya. Berita tersebut pun menjadi kabar duka yang begitu mendalam bagi dunia masik dunia dan para fansnya di penjuru negeri. Oleh karena itu, mari kita kenang sosok pria tampan ini dalam artikel profil Kim Jonghyun, dimulai dari awal debut hingga perjalanan karir yang begitu gemilang.

Biografi Kim Jonghyun 1

Mengenai Tokoh
Kim Jong-hyun lahir pada tanggal 8 April 1990 dan lebih dikenal dengan panggilan Jonghyun, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu dan pembawa acara radio asal Korea Selatan. Dia adalah vokalis boybad Shinee, dan selanjutnya berpartisipasi dalam S.M. Entertainment bernama S.M.The Ballad, dimana di dalamnya beranggotakan Changmin, Yesung, Taeyeon, Zhou Mi, Chen, Krystal, dan Zhang Liyin.

Jonghyun memulai debutnya sebagai artis solo pada 12 Januari 2015, dengan EP pertamanya, berjudul “Base”. Pada tahun yang sama, 17 September, Jonghyun merilis album kompilasi, “Story Op.1”. Tahun lalu, Jonghyun merilis album studio pertamanya, “She Is”, diikuti oleh album kompilasi keduanya, “Story Op.2” pada tanggal 24 April 2017.

Biografi Kim Jonghyun 2

Jonghyun adalah artis pertama S.M. Entertainment yang telah banyak berpartisipasi dalam menulis, mengatur, dan menyusun sebuah album. Perusahaan ini dikenal di industri K-Pop karena membatasi kontrol para senimannya atas produksi album mereka. Kim Da-hee dari Korea Times mengatakan Jonghyun sebagai salah satu dari empat musisi K-pop yang telah membedakan diri dari penyanyi produksi massal di industri idol, tiga lainnya adalah G-Dragon, Zico dan Jinyoung. Jonghyun dianggap memiliki gaya dalam musiknya yang semuanya miliknya sendiri, dan dipuji karena menulis dan composing sebagian besar lagu solonya. Insight Korea menyebut dia sebagai satu dari tujuh anggota kelompok idol yang “terlahir untuk musik”.

Perjalanan Karir
Pada tahun 2008, Jonghyun terpilih sebagai anggota kelompok Shinee. Kelima anggota boy group ini memulai debutnya pada tanggal 25 Mei 2008, di SBS’s Inkigayo. Pada tahun 2009, Jonghyun mulai berkontribusi pada grup tersebut sebagai penulis lagu, menulis lirik untuk single keempat mereka di Korea, “Juliette”, yang ditampilkan di album mini kedua grup, “Romeo”. Jonghyun ingin menulis tentang kisah asmara yang “akan membuat semua orang tertarik tapi juga cerita yang bisa dikenali setiap orang karena terinspirasi oleh film klasik, Romeo dan Juliet.

Saat bulan Juni 2011, Jonghyun bergabung dengan acara KBS “Immortal Songs 2”, di mana penyanyi membuat versi mereka sendiri dari lagu-lagu lama legenda musik dan pemenang dipilih melalui voting. Jonghyun memenangkan putaran pertama dan mengalahkan rekan sesama SM, Yesung, tapi dia meninggalkan pertunjukan setelah episode pertama karena jadwalnya yang sibuk. Kemudian, Jonghyun memulai debutnya sebagai komposer dari lagu “A Gloomy Clock” yang terdapat di album ketiga IU, “Modern Times”. Lagu yang dinyanyikan Jonghyun kepada IU sebagai teman, juga ditulis oleh Jonghyun dan dijuluki sebagai duet. Dua bulan kemudian di bulan Desember “Red Candle” dirilis oleh Son Dam Bi, yang juga disusun dan ditulis oleh Jonghyun.

Biografi Kim Jonghyun 3

Setelah empat tahun absen, SM the Ballad kembali pada tanggal 4 Februari 2014, dengan line-up baru, dimana Jonghyun menjadi satu-satunya anggota dari line-up aslinya. Jonghyun juga berpartisipasi dalam duet bersama Taeyeon dalam “Breath,” yang mereka promosikan bersama. Pada bulan Juli tahun yang sama, Jonghyun memulai debutnya sebagai pembawa acara radio untuk program radio MBC “Blue Night”. Dia dipilih oleh jaringan radio karena dedikasinya terhadap aktivitas dan gairah pada musik.

Pada tanggal 12 Januari 2015, Jonghyun membuat debut solonya dengan mini album pertamanya, “Base”. Album debut Jonghyun mendapat pujian kritis dan menarik perhatian untuk keikutsertaannya dalam proses pembuatan album dan kolaborasi ganda dengan artis di luar S.M. Ent, termasuk Younha, Wheesung dan Zion.T. Album ini akhirnya memuncak di tempat pertama dalam rilis fisiknya di chart Billboard World Album dan Gaon Album Chart.

Setelah itu, Jonghyun mengadakan konser solo pertamanya bertajuk “The Story by Jonghyun”, ia membawakan lagu-lagu dari mini album pertamanya, dan juga merilis album kompilasi baru untuk lagunya yang direkam dalam acara radionya “Blue Night”. Album kompilasi, “Story Op.1”, dirilis pada tanggal 17 September 2015. Setelah merilis album tersebut, Jonghyun menampilkan total 12 konser yang tiketnya selalu terjual habis, berjudul “The Story of Jonghyun” pada bulan Oktober. Pada tanggal 24 Mei 2016, S.M. Entertainment merilis album studio pertama Jonghyun bertajuk “She Is,” yang terdiri dari sembilan lagu. Album ini berisi lagu-lagu yang ditulis dan disusun oleh dirinya sendiri.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 13 =