Profil & Biografi BoA

Loading...

Kwon Bo-ah atau lebih dikenal secara profesional sebagai BoA, adalah penyanyi dan aktris yang aktif di Korea Selatan dan Jepang. Saat ini, ia disebut sebagai Ratu Pop Korea. Wanita cantik ini pernah berduet dengan artis-artis lainnya seperti Westlife, Palm Drive, m-flo, Mondo Grosso, dan Howie Dorough dari Backstreet Boys. Mari kita simak profil BoA di bawah ini.

Biografi BoA 1

Kehidupan Pribadi
BoA lahir tanggal 5 November 1986 dan besar di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Dia ditemukan oleh SM Entertainment saat dia menemani kakaknya untuk mendaftar di agensi tersebut. Pada tahun 2000, setelah dua tahun mengikuti pelatihan, dia merilis “ID; Peace B”, album debutnya di Korea. Dua tahun kemudian, ia merilis album debutnya di Jepang, “Listen to My Heart”, yang membuatnya menjadi bintang pop Korea pertama yang memasuki industri musik di Jepang. Pada tanggal 14 Oktober 2008, BoA memulai debutnya di Amerika Serikat dengan single “Eat You Up” dan merilis album debutnya berbahasa Inggris, BoA pada tanggal 17 Maret 2009.

Keterampilan multibahasa BoA (dia berbicara bahasa Jepang dan Inggris bersama dengan orang Korea asli dan telah merekam lagu dalam bahasa Mandarin) telah berkontribusi terhadap kesuksesan komersialnya di Asia Timur. Dia adalah satu-satunya artis Korea yang memiliki tiga album terjual lebih dari satu juta kopi di Jepang dan merupakan satu dari dua artis yang memiliki enam album studio yang berturut-turut berada di nomor 1 tangga lagu Oricon sejak debutnya, yang lainnya adalah Ayumi Hamasaki.

Biografi BoA 2

Perjalanan Karir
Pada usia sebelas tahun, BoA menemani kakaknya ke SM Entertainment, agensi bakat yang juga menaungi Red Velvet. Meskipun kakaknya adalah orang yang mengikuti audisi sebagai break-dancer, pencari bakat SM malah memperhatikan BoA dan menawarinya kontrak pada malam yang sama dengan audisi. Orang tuanya awalnya menentang gagasan agar BoA untuk memasuki bisnis hiburan namun akhirnya menyetujui persuasi kakak laki-lakinya. Dia mengatakan bahwa pengaruh awalnya sebagai penyanyi adalah Seo Taiji.

BoA menjalani dua tahun pelatihan (melibatkan pelajaran vokal, tarian, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang), dan pada usia tiga belas tahun merilis album debutnya “ID; Peace B” di Korea Selatan pada tanggal 25 Agustus 2000. Album ini cukup sukses karena masuk Top 10 dari chart Korea Selatan dan terjual sekitar 156.000 unit. Sementara itu, label rekaman Korea-nya, SM Entertainment, membuat kesepakatan dengan label Jepang Avex Trax untuk meluncurkan karir musiknya di Jepang. Dia dipaksa untuk berhenti sekolah demi mempersiapkannya. Hingga pada awal tahun 2001, BoA merilis mini album pertamanya, “Don’t Start Now” yang terjual sekitar 90.000 unit. Setelah dirilis, dia mengambil hiatus dari industri musik Korea untuk fokus pada pangsa Jepang saat dia bekerja untuk memperkuat ketrampilannya dalam bahasa Jepang.

Biografi BoA 3

Pada bulan 12 Januari 2016, BoA merilis single berbahasa Inggris berjudul “Make Me Complete”, yang berfungsi sebagai lagu tema untuk drama spesial Fuji TV Ooku, yang dibintangi oleh Sawajiri Erika dan Watanabe Mayu. Pada bulan Juni, BoA berkolaborasi dengan rapper asal Korea, Beenzino, sebagai bagian dari S.M. Entertainment Station. Duo ini merilis single ke-18 proyek berjudul “No Matter What” pada 16 Juni 2016 dengan video musik yang menyertainya. Lagu ini berada di puncak lima tangga lagu domestik. Setelah itu, BoA bekerja dengan BeatBurger untuk satu single SM Station berjudul “Music Is Wonderful”, dimana dia berpartisipasi dalam penyusunan dan penulisan lagu tersebut.

Dari bulan Oktober sampai November 2016, BoA membintangi acara melodrama asmara JTBC berjudul “My Wife’s Having Affair this Week”. Ini menandai kembalinya BoA ke layar kaca setelah absen tiga tahun. Pada tanggal 23 Februari 2017, dikonfirmasi oleh Mnet bahwa BoA akan menjadi perwakilan produsen nasional untuk Produce 101 Season 2, yang ditayangkan mulai 7 April sampai 16 Juni tahun lalu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =