Profil & Biografi Dolores O’Riordan

Loading...

Belum habis sedihnya atas kepergian penyanyi legendaris asal Korea Selatan, Kim Jonghyun, kali ini dunia musik kembali merasa kehilangan atas kepergian Dolores O’Riordan yang meninggal mendadak pada tanggal 15 Januari 2018, saat dia berada di London, Inggris, untuk sesi rekaman. Mari kita mengenang kesuksesan penyanyi bersuara khas tersebut di artikel profil Dolores O’Riordan berikut ini.

Biografi Dolores O'Riordan 1

Kehidupan pribadi
Dolores Mary Eileen O’Riordan lahir pada tanggal 6 September 1971 dan dibesarkan di Ballybricken, sebuah kota di County Limerick, Irlandia. Dia adalah putri dari pasangan Terence dan Eileen O’Riordan dan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Dia pernah bersekolah di Laurel Hill Coláiste FCJ, Limerick.

Pada tanggal 18 Juli 1994, Dolores O’Riordan menikah dengan Don Burton, mantan manajer tur Duran Duran. Pasangan itu memiliki tiga anak. Pada tahun 1998, pasangan itu membeli sebuah peternakan berukuran 61 hektar (, yang disebut Riversfield Stud, berlokasi di Kilmallock, County Limerick, menjualnya enam tahun kemudian pada tahun 2004. Mereka kemudian pindah ke Howth, County Dublin, dan menghabiskan musim panas di sebuah pondok kayu yang terletak di Buckhorn, Ontario, Kanada. Pada tahun 2009, keluarga tersebut pindah sepenuhnya ke rumah mereka di Buckhorn. Pada bulan Agustus 2013, dia kembali tinggal di Irlandia, dan bercerai dengan suaminya pada setahun kemudian setelah 20 tahun bersama.

Dia dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma. Ibunya adalah seorang Katolik taat yang memilih nama putrinya dengan mengacu pada Lady of the Seven Dolours. Dolores mengagumi Paus Yohanes Paulus II. Dia juga bertemu dengan John Paul II sebanyak dua kali, pada tahun 2001 dan 2002. Dia pernah tampil atas undangan Paus Fransiskus pada tahun 2013 di konser Natal tahunan Vatikan.

Biografi Dolores O'Riordan 2

Pada bulan Mei 2017 lalu, secara terbuka Dolores O’Riordan membahas tentang gangguan bipolarnya, yang menurutnya telah didiagnosis dua tahun sebelumnya. Dia mengatakan bahwa dia telah mengalami gejala itu selama bertahun-tahun. The Cranberries selalu menyebutkan “masalah punggung” sebagai alasan untuk pembatalan konser, pada bulan Mei 2017, bagian kedua dari tur Eropa kelompok tersebut. Pada akhir 2017, ia mengatakan bahwa dia telah pulih dan tampil di acara pribadi. Namun saat tanggal 15 Januari 2018 kemarin, Dolores O’Riordan meninggal secara tak terduga di sebuah hotel di London. Penyebab kematian pun tidak segera dipublikasikan.

Perjalanan Karir
Pada tahun 1990, Dolores O’Riordan mengikuti audisi dan memenangkan peran vokalis untuk sebuah band bernama The Cranberry Saw Us (kemudian diubah menjadi The Cranberries). Band ini merilis lima album yaitu “Everybody Else Is Doing It”, “So Why Can’t We?” (1993), “No Need to Argue” (1994), “To the Faithful Departed” (1996), “Bury the Hatchet” (1999) dan “Wake Up and Smell the Coffee” (2001) serta kompilasi hit terbesar berjudul “Stars: The Best of 1992- 2002” (2002), sebelum mereka pergi hiatus pada tahun 2003.

Pada tanggal 25 Agustus 2009, saat mempromosikan album solonya “No Baggage” di New York City di radio 101.9 RXP, Dolores O’Riordan mengumumkan reuni The Cranberries untuk tur keliling dunia. Tur dimulai di Amerika Utara pada pertengahan November, diikuti oleh Amerika Selatan pada pertengahan Januari 2010 dan Eropa pada bulan Maret 2010. Tur dengan anggota asli The Cranberries adalah musisi Denny DeMarchi, yang memainkan keyboard untuk album solonya.

Mandatory Credit: Photo by EDMOND SADAKA EDMOND/SIPA/REX/Shutterstock (8799004m) Dolores O'Riordan The Cranberries in concert, Olympia. Paris, France - 04 May 2017

Band ini memainkan lagu-lagu dari album solo O’Riordan, banyak serial klasik The Cranberries, serta lagu-lagu baru yang sedang dikerjakan band ini. Pada tanggal 9 Juni 2010 The Cranberries tampil di upacara pembukaan Special Olympics di Thomond Park di Limerick. Ini adalah pertama kalinya band ini tampil di kota asalnya selama lebih dari 15 tahun. Pada tanggal 26 Mei 2016, band ini mengumumkan bahwa mereka berencana untuk memulai tur keliling Eropa. Pertunjukan pertama diadakan pada tanggal 3 Juni.

Pada tahun 2004, Dolores O’Riordan pernah tampil bersama artis Italia, Zucchero di album Zu & Co., dengan lagu “Pure Love”. Album ini juga menampilkan artis lain seperti Sting, Sheryl Crow, Luciano Pavarotti, Miles Davis, John Lee Hooker, Macy Gray dan Eric Clapton. Pada tahun yang sama ia bekerja dengan komposer Angelo Badalamenti pada soundtrack Evilenko, memberikan vokal pada beberapa lagu, termasuk “Angels Go to Heaven”, tema film.

Pada tahun 2005, ia muncul di album Jam & Spoon berjudul Tripomatic Fairytales 3003 sebagai vokalis tamu di single “Mirror Lover”. Dolores O’Riordan juga membuat penampilan cameo dalam komedi yang dimainkan Adam Sandler, “Click”, yang dirilis pada tanggal 23 Juni 2006, sebagai penyanyi pernikahan yang menampilkan versi alternatif lagu The Cranberries ‘Linger’. Single pertamanya, “Ordinary Day”, diproduksi oleh pemenang BRIT Awards, Youth, yang sebelumnya termasuk The Verve, Embrace, Primal Scream, U2 dan Paul McCartney.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =