Profil & Biografi Utada Hikaru

Loading...

Bagi penggemar musik Jepang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyanyi Utada Hikaru. Ya, penyanyi yang terkenal dengan lagu andalannya “First Love” ini masih eksis hingga sekarang. Suara merdunya pun tetap setiap menemani para fans-fansnya di seluruh dunia. Jika Anda termasuk salah satu penggemar dari penyanyi cantik berumur 35 tahun tersebut, mari simak profil Utada Hikaru sebagai berikut.

Biografi Utada Hikaru 1

Kehidupan Pribadi
Utada Hikaru lahir pada tanggal 19 Januari 1983 di Manhattan sebagai anak tunggal Teruzane, produser rekaman Jepang, dan istrinya Junko, seorang penyanyi enka, tampil dengan nama panggung Keiko Fuji. Pada usia 10 tahun, Utada mulai menulis musik dan lirik. Dia melakukan rekamannya dengan ibunya, merilis lagu di bawah sebuah band bernama “U3” (juga dikenal sebagai Utada 3). Sampai tahun 1996, dia sempat memulai proyek solonya yang pertama, “I’ll be Stronger”.

Single “I’ll be Stronger” adalah lagu pertama yang ditulis Utada. Lagu ini dirilis dengan nama artis Cubic U, sebuah referensi matematika untuknya menjadi “kekuatan” Utada yang ketiga, dan merupakan nama samaran Hikaru sebelum menjadi superstar di Jepang. Lagu ini tidak dirilis di Amerika Serikat, dan pada tahun 1997, dia memulai proyek berikutnya, meskipun pada awalnya dia ragu-ragu. Cubic U merilis single debutnya “Close to You”, yang merupakan cover lagu The Carpenters. Dia kemudian merilis album debutnya “Precious” di tahun berikutnya, baik album maupun single, gagal menempati posisi di tangga lagu Oricon.

Dalam kisah asmaranya, pada tanggal 7 September 2002, Utada Hikaru menikahi Kazuaki Kiriya, seorang fotografer dan sutradara film yang telah mengarahkan beberapa video musiknya. Umurnya lima belas tahun lebih tua darinya. Pada tanggal 2 Maret 2007, pasangan tersebut mengumumkan perceraian mereka, dengan alasan perubahan pribadi dan kurangnya komunikasi karena sifat pekerjaan mereka. Pada bulan September 2009, Utada berkencan dengan seorang pria tanpa nama yang berusia 8 tahun lebih tua darinya. Namun beberapa bulan kemudian, dilaporkan bahwa mereka telah mengakhiri hubungan.

Biografi Utada Hikaru 2

Pada tanggal 3 Februari 2014, melalui pengumuman di situs pribadinya, Utada Hikaru mengatakan bahwa dia akan bertunangan dan menikah. Dihari yang sama, mantan suaminya, Kazuaki Kiriya mengucapkan selamat kepadanya atas pernikahan baru tersebut. Mereka pun menikah secara resmi pada 23 Mei 2014, hingga di tanggal 3 Juli 2015, Utada mengumumkan bahwa dia telah melahirkan seorang anak laki-laki.

Karir
Di situs resminya, Utada Hikaru mengutip 15 musisi dan komposer yang telah berjasa menginspirasinya di sepanjang karir musik seperti Freddie Mercury, Cocteau Twins, Nine Inch Nails, Jimi Hendrix, Pangeran, Édith Piaf, Chick Corea, Nil Biru, Björk, Lenny Kravitz, Béla Bartók, Mozart, Jeff Buckley, Yutaka Ozaki, dan Hibari Misora sebagai a artis favoritnya, dan pada titik lain mencantumkan artis R&B Aaliyah, dan Mary J. Blige sebagai inspirasinya juga

Utada Hikaru saat ini telah dikenal sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu asal Jepang-Amerika. Dia memulai debutnya dengan nama panggung “Cubic U” pada tahun 1998, merilis album berbahasa Inggris “Precious”, namun kemudian menjadi terkenal pada tahun 1999 dengan merilis album keduanya (dan rilis bahasa Jepang pertama), “First Love”, yang terjual lebih dari delapan juta kopi di Jepang dan menjadi album berbahasa Jepang terlaris sepanjang masa.

Biografi Utada Hikaru 3

Dia sebelumnya memegang rekor penjualan album minggu pertama dalam satu wilayah, saat album “Distance” terjual lebih dari 3 juta kopi di Jepang selama minggu 28 Maret 2001. Dia juga memiliki tiga album studio Jepang-nya di daftar 10 album terlaris yang pernah ada di Jepang (nomor 1, 4, 8) dan enam albumnya (termasuk satu bahasa Inggris dan satu kompilasi) yang dipetakan dalam daftar 275 Daftar album Jepang terlaris.

Utada telah memiliki dua belas single nomor satu di tangga lagu Oricon Singles, dengan dua pencapaian rekor terkenal untuk artis solo atau kelompok wanita, dimana nomor lima dalam penyanyi terlaris dan empat di Top 100 All-Time Best-selling Singles. Diperkirakan Utada telah menjual lebih dari 52 juta rekaman di seluruh dunia, menjadikannya salah satu artis musik terlaris di Jepang.

Pada tahun 2009, dia dianggap sebagai “seniman paling berpengaruh dalam dekade ini” di lanskap Jepang oleh The Japan Times. Selain itu, Utada terkenal di Barat karena membuat dua sumbangan lagu tema untuk serial permainan kolektif Square Enix dan Disney Kingdom Hearts, “Simple and Clean” (yang merupakan versi bahasa Inggris 10 bahasa Jepang yang dia tulis ulang “Hikari “) untuk Kingdom Hearts dan “Sanctuary” untuk Kingdom Hearts II (“Passion” dalam versi bahasa Jepang dari lagu tersebut).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =