Profil & Biografi Epik High

Loading...

Epik High adalah grup hip hop alternatif dari Seoul, yang terdiri dari Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz. Mereka dikenal karena memiliki genre gabungan dan gaya hip hop yang berbeda sepanjang karir mereka, yang telah merilis sebelas album studio sejak debut mereka di tahun 2003. Kelompok tersebut sempat hiatus karena dua anggota bertugas wajib militer. Sekembalinya mereka, YG Entertainment menjadi label Mithra Jin dan DJ Tukutz pada tanggal 25 Juli 2012, dengan Tablo telah merilis album solo di bawah label tersebut. Berikut ini profil Epik High yang bisa Anda ketahui.

Biografi Epik High 1

Awal Karir
Epik High dibentuk pada tahun 2001 setelah vokalis Tablo kembali ke Korea Selatan setelah dididik di Vancouver dan Stanford. Dengan penambahan Mithra Jin dan DJ Tukutz, kelompok ini memulai perjalanan mereka di scene hip hop bawah tanah di Seoul, tampil bersama kelompok hip hop Korea lainnya seperti CB Mass dan sebagai bagian dari “Movement Crew”, salah satu pinggul terbesar kru hop waktu di Korea Selatan.

Karena genre ini tidak populer di kalangan khalayak mainstream, Epik High relatif tidak dikenal sejak awal dalam karir mereka, dengan kritikus melihat sedikit pasar untuk musik lirik yang kompleks yang tidak sesuai dengan model K-pop saat itu. Pertunjukan pertama mereka adalah penonton kecil di taman hiburan Everland pada tahun 2002. Setelah itu, Epik High merilis album debut mereka, “Map of the Human Soul”, di bawah Woollim Entertainment, labelnya L Infinite, pada tahun 2003, dan mulai mendapatkan kesuksesan dengan merilis album kedua mereka, “High Society” (2004).

Biografi Epik High 2

Perjalanan Karir
“Swan Songs”, dimaksudkan untuk menjadi album terakhir Epik High, menyusul kinerja buruk dari dua rilis sebelumnya. Namun, tak disangka ini menjadi hit utama dan menjadikan mereka salah satu grup hip hop paling populer di Korea. Album ini sukses dengan judul lagu, “Fly”, yang mencapai nomor satu di tangga lagu domestik. “Fly” juga tampil di soundtrack FIFA 07 dan Pump It Up. Lagu lagu lainnya, seperti “Paris” yang menampilkan Loveholics ‘Jisun, juga menjadi hit di Jepang dan Korea. Album ini dikemas ulang tahun berikutnya sebagai “Black Swan Songs”, yang mencakup remix beberapa lagu.

Awalnya ditetapkan untuk rilis pada bulan Oktober 2006, album keempat Epik High “Remapping the Human Soul” dirilis pada tanggal 23 Januari 2007. Dua single utama , “Fan” dan “Love Love Love”, menjadi hits, sementara album lainnya bergenre lebih ‘dark’ dan menangani beragam tema termasuk kejahatan seksual, perang, agama, dan pendidikan. Album ini dilaporkan dan disensor oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sebagai hasil konten lirik dan tematiknya. Meskipun demikian, album ini adalah kesuksesan komersial di Korea dan Jepang. Epik High berhasil menjual 120.301 eksemplar sepanjang tahun, menjadikannya album terlaris ketiga tahun 2007 di Korea Selatan.

Biografi Epik High 3

Pada bulan Juli 2012, dikonfirmasi bahwa Epik High akan kembali tampil sebagai grup di bawah YG Entertainment setelah hiatus tiga tahun. Pada tanggal 9 Oktober, grup ini merilis single “It’s Cold” yang menampilkan Lee Hi yang baru ditandatangani, yang juga mencapai kesuksesan. Mereka secara digital merilis album ”99”, serta video musik untuk lagu “Up” (menampilkan Park Bom) dan “Do not Hate Me”, pada tanggal 19 Oktober. Album ini secara fisik dirilis pada tanggal 23 Oktober di tahun itu dengan dua lagu tambahan yang tidak ada rilis digital. Pada tanggal 23 Oktober 2013, Epik High merilis single “420” yang menampilkan Double K, Yankie, Dok2, Sean2Slow, Dumbfoundead, TopBob, dan MYK untuk merayakan ulang tahun usia kesepuluh mereka sejak debut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =