Profil & Biografi RAN

Loading...

RAN adalah kelompok atau grup musik asal Indonesia beranggotakan tiga pemuda dan grup musik ini berdomisili di Jakarta. Band ini dibentuk pada tahun 2006. Nama grup musik ini diambil dari huruf pertama dari ketiga personel tersebut yakni Rayi, Asta, dan Nino. Akhir Juni 2013, RAN berkolaborasi bersama Tulus. Mereka meluncurkan satu single, Kita Bisa. Lagu di album keempatnya yang berjudul Dekat di Hati menjadi lagu favorit para RANers (sebutan fans untuk RAN). Berikut profil RAN yang bisa diketahui.

Biografi RAN 1

Biografi Personil RAN
Rayi Putra Rahardjo lahir di Jakarta tanggal 26 Juni 1987. Rayi telah menikahi Ria Zhafarina Hadju di tanggal 18 Desember 2011. Selain menjadi salah satu personil RAN, Rayi juga menjadi produser untuk band HiVi bersama personil lainnya. Personil lainnya Anindyo Baskoro lahir di Jakarta tanggal 21 November 1987. Nino merupakan vokalis dalam group ini. Terakhir Astono Andoko lahir 01 Maret 1987 di London. Asta merupakan personil yang selalu memainkan gitar saat RAN tampil.

Biografi RAN 2

Perjalanan karir
Rayi dan Asta mulai bermain musik bersama sejak SMA di Al-Izhar, Pondok Labu. Bersama teman-temannya, mereka telah membentuk sebuah band bernama F.R.D. (Funk Rap Disco) dan memenangkan berbagai kompetisi band antar sekolah. Setelah lulus SMA, band ini vakum karena beberapa personilnya melanjutkan studi di luar negeri. Mereka menggandeng Nino, yang merupakan adik kelas mereka untuk bergabung dalam sebuah band dan mengikuti Festival Lagu Indonesia 2006 yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta. RAN meraih tempat kedua di festival musik dengan lagu berjudul “Pandangan Pertama”, yang akhirnya mengenalkan RAN kepada produser Dondy Soedjono yang kemudian menggiring demo ini ke Universal Music Indonesia.

RAN merilis album debut pertama mereka, RAN For Your Life di bawah manajemen dan label Universal Music Indonesia di akhir tahun 2007,. Dan album ini berhasil diterima di pasar musik Indonesia. Berawal dari lagu Pandangan Pertama, Nothing Last Forever dan Selamat Pagi ramai diputar di radio dan televise seluruh Indonesia.

Biografi RAN 3

Setelah sukses dengan album pertama, RAN menggarap album kedua, Friday di tahun 2009. Di album kedua ini, RAN menggandeng penyanyi Malaysia Sheila untuk berkolaborasi dalam lagu Tunjukkan Cintamu. RAN yang hanya tampil bertiga sering membawa pemain tambahan saat tampil live. Biasanya, mereka perfom bersebelas dengan dua gitar, dua keyboard, dua backing vokal, pemain drummer dan pemain perkusi. Mereka sering tampil bersama Joey (bass), Rio (drum), Aldhan (Keyboard) dan Eva (keyboard).

Prestasi RAN bukan sekedar isapan jempol belaka. 9 Mei 2010, RAN terpilih sebagai penyanyi favorit duo/grup versi Nickelodeon Kids Choice Award. Dan karir musik RAN ‚Äč‚Äčtidak terhenti di album kedua. Pada tahun 2011, mereka merilis album ketiga, HOP3. Di tahun 2011, tepatnya pertengahan bulan Oktober band ini kemudian menjadi salah satu artis yang mengisi album kompilasi band KLA Project berjudul A Tribute To KLa Project yang mengisi lagu Tentang Kita dan merupakan lagu pertama awal berjuang KLa Project di scene musik indonesia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 8 =