Profil & Biografi Fernando Alonso

Loading...

Fernando Alonso adalah seorang pembalap F1 yang berhasil menjadi juara dunia termuda dalam sejarah F1 tahun 2005. Alonso juga telah menjadi pembalap termuda yang pernah memenangkan Grand Prix dan memenangkan pole position, masing-masing dalam seri GP Hungaria 2003 dan GP Malaysia 2003. Pada musim 2011 Alonso muncul sebagai atlet terkaya peringkat 11 oleh majalah Forbes. Berikut profil Fernando Alonso yang bisa diketahui.

Biografi Fernando Alonso 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Fernando Alonso
– Kehidupan pribadi Fernando Alonso
– Pertandingan dan tim yang diikuti Fernando Alonso
– Rekor yang didapat oleh Fernando Alonso

Kehidupan Pribadi
Fernando Alonso Díaz merupakan nama asli dari Fernando Alonso, lahir tanggal 29 Juli 1981 di Oviedo, Spanyol. Dirinya anak dari pasangan Jose Luiz Alonso dan Ana Maria. Ayahnya bekerja sebagai mekanik bengkel dan juga sesekali bekerja di sebuah pertambangan. Ibunya bekerja sebagai kasir sebuah minimarket. Alonso menikah pada 17 November 2006 dengan seorang penyanyi bernama Raquel del Rosario namun sayang mereka memilih untuk bercerai pada tanggal 20 Desember 2011.

Karir
Alonso memulai balapan dengan gokart saat usia 3 tahun. Dia kemudian memenangkan kejuaraan turnamen Spanyol pada 1994-1997, dan kemudian menjadi juara dunia gokart pada tahun 1996. Dia kemudian memulai debutnya di balapan F1 pada tahun 2001 dengan tim Minardi, dan kemudian pindah ke tim Renault sebagai test driver tahun berikutnya. Mulai musim 2003 Alonso kemudian diangkat menjadi pembalap utama tim Renault yang merupakan tim asal Prancis.

Biografi Fernando Alonso 2

Saat usianya 24 tahun, ia menjadi juara dunia termuda dalam sejarah F1 saat memenangkan gelar pada tahun 2005, sehingga memecahkan rekor berumur 33 tahun milik Emerson Fittipaldi yang berusia 25 tahun saat memenangkan gelar juara dunia di musim 1972. Rekor dipecahkan Lewis Hamilton di musim 2008 dan kemudian dipecahkan lagi oleh Sebastian Vettel di musim 2010.

Setelah sempat mampir di tim McLaren pada musim 2007, Alonso kemudian kembali ke Renault selama dua musim pada 2008-2009, dan sejak musim 2010 Alonso kemudian memperkuat tim Italia, Scuderia Ferrari. Tercatat bahwa pada musim 2010 pendapatan Alonso di Ferrari diperkirakan mencapai 30 juta Euro setahun sehingga membuatnya masuk menjadi Pembalap Termahal F1 pada musim itu. Pada musim 2011 Alonso muncul di Majalah Forbes sebagai atlet terkaya peringkat 11 dan peringkat ketiga sebagai olahragawan termahal di dunia dengan penghasilan bersih 45 juta dolar menurut Sports Illustrated.

Alonso memilih untuk bergabung kembali dengan McLaren untuk musim 2015 dan dia bermitra dengan mantan juara dunia Jenson Button. Di Austria, Alonso bertabrakan dengan mantan rekan setimnya Kimi Raikkonen. Di Hungaria, Alonso berhasil finish di posisi kelima yang menjadi posisi terbaiknya hingga musim 2015 berakhir. Memulai musim 2016, Alonso terlibat dalam kecelakaan besar dengan Esteban Gutierrez di Australia dengan McLaren MP4-31 Alonso terhempas dan menabrak dinding.

Biografi Fernando Alonso 3

Masalah mesin Honda yang tidak kompetitif masih menjadi masalah besar bagi McLaren di musim 2016. Posisi finish tertinggi Alonso di musim ini adalah finish kelima di Monaco dan Amerika Serikat. Sebuah penalti memalukan diterima oleh McLaren di GP Belgia salah satunya yang menimpa Alonso dengan penalti turun di posisi 50 posisi. Saat balapan berlangsung Alonso berhasil bangkit dan finish di posisi ketujuh. McLaren dengan Honda baru saja memulai tren positifnya dalam dua balapan terakhir musim ini dengan Alonso yang dapat menyelesaikan finish urutan 10 di Brasil dan Abu Dhabi.

Menurut Wikipedia.org, untuk musim 2017 Alonso bermitra dengan Stoffel Vandoorne. Alonso memiliki masalah teknis ketika dia akan memulai balapan di Rusia yang menyebabkan dia gagal mengikuti start. Dalam perlombaan Grand Prix Spanyol untuk pertama kalinya Alonso dapat membawa McLaren Honda lolos ke kualifikasi Q3 dan kemudian meraih posisi start ketujuh bahkan ketika balapan ia hanya bisa finish di urutan 12.

Pada bulan April Alonso mengumumkan bahwa ia akan absen di Grand Prix Monako untuk ambil bagian dalam perlombaan IndyCar Indianapolis 500 dan posisinya untuk sementara akan digantikan oleh Jenson Button. Alonso juga mencatat poin dan lap tercepat ketika finish di urutan keenam di Hungaria. Pada bulan September McLaren mengumumkan penggantian mesin dari Honda ke Renault untuk musim 2018. Kemudian pada 19 Oktober McLaren secara resmi mengumumkan Alonso bertahan untuk musim 2018 dengan Vandoorne.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =