Profil & Biografi Sam Walton

Loading...

Samuel Moore Walton atau lebih dikenal dengan nama Sam Walton lahir pada 29 Maret 1918, ia adalah seorang pengusaha Amerika yang terkenal karena mendirikan salah satu perusahaan retail terbesar di dunia yakni Wal-Mart Stores Inc. Dirinya pun tercatat menjadi salah orang terkaya di dunia. Sebulan sebelum kematiannya, Sam Walton mendapatkan penghargaan Presidential Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat, George H.W Bush.

Biografi Sam Walton 1

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Sam Walton
– Perjalanan hidup Sam Walton
– Riwayat pekerjaan Sam Walton
– Tentang perusahaan Wal-Mart

Perjalanan Hidupnya
Sam dilahirkan di Kingfisher, Oklahoma, Amerika Serikat dari pasangan yang sudah menikah Thomas Gibson Walton dan Nancy Lee. Sam memiliki satu saudara laki-laki bernama James. Sejak kecil, Sam dan keluarganya selalu berpindah-pindah sebelum akhirnya menetap di Columbia, Missouri. Ia dibesarkan di tengah keluarga yang bekerja keras untuk dapat menyambung hidupnya.

Sam kecil juga menjual koran dan membantu menjajakan susu dari beberapa sapi yang mereka miliki, untuk membantu meringankan beban kedua orang tuanya. Sam pernah menjadi ketua kelas ketika belajar di Hickman High School di Columbia, Missouri. Setelah lulus dari sana, Sam kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Missouri. Sam lulus pada tahun 1940 dengan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Missouri, menempuh ilmu di universitas yang sama dengan Jack Dorsey yang merupakan seorang penemu Twitter.

Biografi Sam Walton 2

Sam Walton menikahi istrinya, Helen Robson pada tanggal 14 Februari 1943. Mereka dikaruniai empat anak, yakni Alice Walton, Jim Walton, S. Robson Walton dan John T. Walton. Bersama dengan istrinya, Sam menjadi seorang aktivis di Gereja dekat rumahnya. Sam juga senang berburu, terutama berburu burung puyuh. Selain itu Sam juga sangat senang bisa menghabiskan waktu luangnya dengan anjing kesayangannya.

Pada 5 April 1992 tepat usianya yang ke 74 tahun, Sam Walton akhirnya meninggal karena penyakit leukemia dan kanker sumsum tulang yang dideritanya. Dia meninggalkan kekayaan lebih dari $ 23 miliar dalam saham Wal-Mart-nya. Sebelum kematiannya, Sam menulis sebuah buku berjudul “Sam Walton, Made in America”.

Riwayat Pekerjaan
Beberapa hari setelah lulus dari University of Missouri, Sam bergabung dengan J.C.Penney sebagai trainee manajemen di Des Moines, Iowa. Kemudian pada tahun 1942 ia mengundurkan diri dari pekerjaannya. Sam kemudian bekerja sebagai perwira intelijen Angkatan Darat selama Perang Dunia II. Sebelum bergabung dengan tentara, Sam juga pernah bekerja di pabrik amunisi DuPont, Tulsa, Oklahoma. Dikutip dari Wikipedia.org, Sam bergabung dengan Korps Intelijen Angkatan Darat AS dan dia bertugas mengawasi keamanan di pabrik-pabrik pesawat terbang dan tawanan perang. Hingga akhirnya Sam mendapat pangkat Kapten dalam karir militernya dan memutuskan untuk kembali ke kehidupannya seperti biasa setelah perang berakhir.

Biografi Sam Walton 3

Awal Mula Wal-Mart
Sam memutuskan untuk mengejar karir bisnis dengan saudaranya James dengan meminjam uang dari ayah mertuanya seharga $ 25.000 untuk membuka toko pertamanya pada tahun 1945 dengan nama Ben Franklin waralaba di Newport, Arkansas. Dalam waktu kurang dari dua dekade, Sam dan saudaranya berhasil mengembangkan tokonya dengan memiliki 15 cabang.

Dengan keyakinan, Sam melanjutkan perjuangannya untuk membuka toko Wal-Mart pertamanya pada 2 Juli 1962, di Rogers, Arkansas. Dalam proses membangun bisnisnya, saudara Sam juga bekerja sama untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Menjaga harga produk rendah adalah salah satu kekuatan utama di balik kesuksesan Wal-Mart. Sam memfokuskan usahanya pada sumber produk yang dia suplay dari produsen di Amerika yang dapat memasok barang dagangannya dengan harga sangat rendah. Jadi Sam berharap Wal-Mart akan mampu bersaing dengan para pesaingnya.

Selama beberapa tahun berikutnya, pada tahun 1967, Sam mulai membuka beberapa cabang toko Wal-Mart di beberapa negara sampai akhirnya Sam memiliki 24 toko Wal-Mart yang tersebar di beberapa negara. Dan barulah kemudian Wal-Mart secara resmi muncul sebagai perusahaan dengan nama Wal-Mart Stores, Inc. Perusahaan Wal-Mart dipublikasikan secara luas pada tahun 1970. Saham pertama Wal-Mart dihargai $ 16,50 per saham. Pada tahun 1972, Wal-Mart mendaftarkan diri di Bursa Efek New York (WMT). Pada tahun 1980, perusahaan Wal-Mart telah memperoleh hingga $ 1 miliar dalam penjualan tahunannya.

Pada 1988, Sam mengundurkan diri sebagai CEO tetapi tetap aktif di perusahaan untuk tetap memantau kesuksesan Wal-Mart. Kesuksesannya dibuktikan oleh nilai saham perusahaan sebesar $ 45 miliar. Hal ini juga menjadikan Wal-Mart peritel terbesar di Amerika Serikat pada tahun 1991, bahkan mampu bersaing dengan Sears, Roebuck & Company. Higga saat ini, Wal-Mart telah menjadi perusahaan multinasional dengan lebih dari 11.000 toko di 28 negara. Wal-Mart juga menjadi perusahaan terbesar di dunia berdasarkan tingkat pendapatan, dan menjadi perusahaan swasta terbesar di dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − three =