Profil & Biografi Arsene Wenger

Loading...

Arsene Wenger adalah sosok manajer sepak bola asal Perancis dan juga merupakan mantan pesepak bola. Dirinya dikenal karena kiprah besarnya di Arsenal. Dia dijuluki The Professor oleh media dan penggemar sepak bola di Inggris untuk taktik dan pendekatannya ke permainan sepak bola yang menghibur. Salah satu pesepak bola yang pernah dilatihnya ialah Bacary Sagna yang disebutnya sebagai bek kanan terbaik di Liga Premier.

MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 23: Arsene Wenger, manager of Arsenal looks on ahead of the Barclays Premier League match between Manchester City and Arsenal at Etihad Stadium on September 23, 2012 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Arsene Wenger
– Keluarga Arsene Wenger
– Kemenangan yang dibawa untuk Arsenal

Kehidupan Pribadi
Menurut Wikipedia.org, Arsene Wenger lahir di Strasbourg, Perancis, pada tanggal 22 Oktober 1949. Dirinya merupakan putra dari pasangan Louise Wenger dan Alphonse Wenger. Ayah Wenger adalah pengusaha sparepart mobil. Wenger memiliki saudara laki-laki bernama Guy, yang juga seorang pemain sepak bola.

Biografi Arsene Wenger 2

Wenger sendiri adalah lulusan S-2 University of Strasbourg di bidang ekonomi. Ia juga fasih dalam beberapa bahasa, seperti Prancis, Italia, Spanyol, Jepang, Jerman, dan Inggris. Di luar karir kepelatihannya, Wenger adalah suami dari Annie Brosterhous, yang merupakan mantan atlet bola basket. Pasangan ini dikaruniai seorang putri bernama Lea Wenger.

Perjalanan Karir
Sebelum karirnya sebagai pelatih, Wenger pernah menjadi pesepak bola profesional pada tahun 1978. Ia turun sebagai pemain bertahan untuk klub bola RC Strasbourg melawan Monaco. Namun, karir sepak bolanya hanya bertahan sebentar. Pada tahun 1987, ia dipercaya untuk memimpin klub Ligue 1, AS Monaco. Klub yang bermarkas di St. Petersburg Louis II ini dibawa untuk memenangkan liga pada tahun 1988.

Wenger berhasil mempersembahkan Piala Kaisar, kompetisi nasional di Jepang, dan Piala Super Jepang untuk Nagoya. Selain itu, ia juga berhasil meraih peringkat klub, dari tiga terbawah menjadi peringkat kedua klasemen. Atas rekomendasi Gerard Houllier kepada David Dein, pada musim panas 2006, Arsenal setuju untuk mengangkatnya sebagai manajer baru klubnya. Pengangkatannya berlangsung pada 28 September 1996, dan Wenger secara resmi menangani tim tersebut sejak 1 Oktober 1996.

Biografi Arsene Wenger 3

Dua tahun kemudian, The Gunners berhasil dia bawa untuk menjadi double winners, Liga Premier Inggris dan Piala FA pada musim 1997/1998. Dia juga memimpin Arsenal untuk mencapai final Piala UEFA Cup 2000 dan final Piala FA 2001. Kemudian, gelar juara liga dan Piala FA kembali diraihnya pada 2002. Tangan dingin Wenger juga mampu membawa Meriam London mencicipi final pertama di Liga Champions pada tahun 2006. Sayangnya, mereka harus tunduk dari Barcelona dengan skor tipis, 1-2.

Filosofi sepak bola menyerang dan menghibur yang dianut Wenger sering mengundang kekaguman. Bahkan, di musim 2003/2004, The Times menjuluki Arsenal sebagai tim dengan peragaan seni menyerang yang indah. Selain itu, Wenger juga memiliki reputasi besar dalam mencampur pemain-pemain biasa menjadi terkenal. Pengembangan sistem pemain muda tetap menjadi prioritas, daripada menghabiskan banyak uang untuk mendapat pemain mahal. Nama-nama seperti Thierry Henry, Patrick Vieira, Cesc Fabregas hingga Robin van Persie adalah buah dari ramalan masa depan Wenger dalam melihat potensi pemain.

Musim 2012-2014, posisi Wenger terancam karena belum mengantarkan Arsenal meraih juara. Setelah kematian Van Persie pada Juli 2012, prestasi Arsenal merosot baik di Liga Premier dan Liga Champions. Namun Wenger masih tetap optimis membawa Arsenal pada kemenangan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 3 =