Profil & Biografi Alex Ferguson

Loading...

Alex Ferguson adalah seorang pemain, pelatih, dan penyelenggara pertandingan di dunia sepak bola. Salah satu tokoh yang berpengaruh dan menginspirasi di dunia sepakbola Inggris adalah Alex Ferguson. Alex adalah pelatih terkenal di dunia yang telah menjadikan namanya sebagai pelatih terbaik yang pernah ada. Dalam sejarah karirnya, Ferguson telah banyak mempersembahkan gelar gemilang untuk klubnya yang berkuda, Manchester United.

Biografi Alex Ferguson 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Alex Ferguson
– Keluarga Alex Ferguson
– Karir bola dan penghargaan Alex Ferguson

Kehidupan Pribadi
Alex Ferguson memiliki nama lengkap Alexander Chapman Ferguson lahir di Glasgow, Skotlandia, pada tanggal 31 Desember 1941. Dirinya terlahir dari pasangan Alexander Beaton Ferguson dan Elizabeth Hardie. Pada tahun 1966, Alex Ferguson menikah dengan Cathy Ferguson dan dikarunia anak bernama Mark, Darren dan Jason. Dikutip dari Republika.co.id, istrinya juga memiliki peran besar dalam membuat MU sukses. Hal ini diungkapkannya karena apapun yang dilakukan sang istri membuat dia tenang dalam membangun kekuatan di United.

Biografi Alex Ferguson 2

Karir di Dunia Sepak Bola
Sir Alex Ferguson pernah melatih sosok pemain bola tampan Christiano Ronaldo dan menjadi salah satu pelatih terbaik yang telah memenangkan lebih banyak trofi dibanding pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris.

Di awal karirnya, Alex Ferguson telah menjadi pemain sepakbola. Namun karirnya biasa saja. Namun, ketika memutuskan untuk menjadi seorang pelatih, dunia seakan mengubah hidupnya dan ada jalan lapang yang menjadikannya sebagai salah satu pelatih paling fenomenal yang pernah ada. Sir Alex memulai karir kepelatihannya di St. Mirren pada 1974-1978, dan berhasil membawa klub ini meraih gelar juara Liga Premier Skotlandia di musim 1977. Kesuksesan ini membuatnya dikontrak oleh Aberdeen FC, divisi klub utama Skotlandia.

Melatih selama 8 tahun hingga 1986, Sir Alex membawa Aberdeen ke tiga gelar Liga Skotlandia, empat Piala Skotlandia, Piala Drybrough, Piala Liga Skotlandia, Piala Winners Eropa dan Piala Super Eropa masing-masing sekali. Juara Piala Winners sampai sekarang adalah satu-satunya trofi Eropa yang pernah diraih oleh Aberdeen. Pelatih yang dijuluki Furious Fergie pun diminati Manchester United. Selain mampu membawa klub yang awalnya tidak dihitung sebagai juara, Fergie juga dikenal suka melatih pemain muda dan memiliki visi jangka panjang.

Biografi Alex Ferguson 3

Fergie tidak langsung menang di Manchester. Dia benar-benar gagal total di musim perdananya: hanya finish di peringkat 11 dari 22 peserta liga Inggris. Di Piala FA telah terhenti di babak keempat setelah kalah dari Coventry City dan di Piala Liga dikalahkan oleh Southampton 4-1 di babak ketiga (replay). Musim berikutnya, MU mulai mendaki dengan tampil sebagai juara dua liga Inggris. Sayangnya di musim berikutnya, bukannya menjadi juara, MU justru jatuh ke peringkat 11 dan 13 di musim 1989/1990.

Dengan prestasi buruk ini, Sir Alex hampir dipecat. Piala FA Cup yang beruntung pada tahun 1990, membuatnya masih dipercaya manajemen. Tepat setelah era Premier League bergulir, yang menjadikan sepakbola Inggris sebagai industri, era kejayaan MU dan Fergie mulai dan sepertinya tidak terhentikan. Sejak memenangkan Liga Primer Inggris pada musim 1992/1993, Manchester United memenangkan 13 kali dari 21 musim liga yang telah dilakoninya. Manchester United juga mampu memenangkan lima Piala FA yang membuat mereka menjadi pemenang kejuaraan tertua di dunia klub paling sering.

Musim terbaiknya bersama United adalah jelas di musim 1998/1999 ketika ia memenangkan gelar juara treble dengan memenangkan Liga Premier Inggris, Piala FA, dan Liga Champions Eropa. MU juga memenangkan Piala Intercontinental atau Piala Toyota pada 30 November 1999 di Tokyo. Untuk Liga Champions, Fergie kembali memenangkannya pada tahun 2008 pada malam yang dikenal sebagai Magical Night at Moscow di mana United menang adu penalti atas saingan Chelsea. Dia telah menangani Manchester United dari 6 November 1986 hingga 19 Mei 2013 (terakhir melawan WBA). Setelah Fergie pensiun dia digantikan oleh David Moyes (mulai dari 1 Juli 2013).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 7 =