Profil & Biografi Jose Mourinho

Loading...

Jose Mourinho adalah pelatih sepak bola asal Portugis dan salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola dunia atas pencapaian yang telah ia capai sejauh ini. Mourinho terpilih sebagai pelatih terbaik dunia oleh FIFA pada 10 Januari 2011 di Gala Ball d’Or di Z├╝rich, Swiss. Awalnya ia berkarir sebagai pemain sepak bola akan tetapi ia tidak puas dengan karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Biografi Jose Mourinho 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Jose Mourinho
– Keluarga Jose Mourinho
– Karir Jose Mourinho

Kehidupan Pribadi
Jose Mourinho memiliki nama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix lahir di Setubal, Portugal, 26 Januari 1963. Dikutip Merdeka.com, dirinya merupakan putra dari seorang kiper berkebangsaan Potugal bernama Jose Manuel Mourinho Felix dan ibunya bernama Maria Julia Carrajola dos Santos. Pada 23 Maret 2009, Mourinho mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Technical University di Lisbon, Portugal. Pada tahun 1989, ia menikahi Matilde, yang sudah dikenalnya sejak kecil. Mereka memiliki dua anak bernama Matilde dan Jose Jr.

Perjalanan Karir
Mourinho memilih karir sebagai seorang pelatih sama seperti Alex Ferguson. Mourinho mengambil alih kursi kepelatihan Porto pada Januari 2002 dari tangan Octavio Machado. Selama dua setengah tahun di klub, ia berhasil membawa pulang enam piala dan telah memenangkan Treble Winners pada tahun 2003. Dia meninggalkan Os Dragoes (sebutan Porto) pada 31 Mei 2004 untuk kemudian berlabuh ke Chelsea.

Biografi Jose Mourinho 2

Jose Mourinho diperkenalkan sebagai manajer Chelsea pada 2 Juni 2004. Mourinho berhasil menjadikan Chelsea sebagai juara Premier League pada musim pertamanya (2004-2005). Dan musim berikutnya, 2005-2006, ia kembali memimpin Chelsea menjadi juara. Pada periode 2006-2007, Mourinho masih berhasil memimpin Chelsea meraih gelar ganda sebagai Carling Cup dan pemenang Piala FA.

Pada 2 Juni 2008, Mourinho secara resmi ditunjuk sebagai pelatih Inter Milan untuk menggantikan Roberto Mancini, setelah sembilan bulan pelatihannya. Pada 24 Agustus 2008, Mourinho memenangkan trofi pertamanya untuk Inter di Piala Super Italia setelah mengalahkan AS Roma 6-5 melalui adu penalti setelah pertandingan 2-2 untuk 120 menit pertandingan normal plus perpanjangan waktu. Mourinho melewati musim pertamanya bersama Inter Milan di Italia pada musim 2008-09 dengan gelar Serie A Inter musim ini. Inter memenangkan gelar setelah AC Milan kehilangan 1-2 dari Udinese. Untuk kesuksesan ini, kontraknya diperpanjang hingga 2012.

Piala Coppa Italia adalah pencapaian pertama dari tiga trofi yang ditargetkan pada musim 2009-10, Mourinho dan anak buahnya berhasil mengalahkan AS Roma pada 6 Mei 2010 di Stadio Olimpico. Sukses dengan Inter Milan membuat Mourinho ingin pergi dan mencari tantangan lain, tepatnya di Spanyol. Setelah presiden Real Madrid Florentino Perez memecat Manuel Pellegrini pada 27 Mei 2010, Jose Mourinho ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid.

Biografi Jose Mourinho 3

Mourinho memboyong trofi Copa del Rey kepada Real setelah berhasil mengalahkan Barcelona 1-0 di final pada 21 April 2011. Piala itu merupakan gelar pertama Mourinho di Spanyol. Untuk kesuksesan itu, Mourinho sekarang menjadi pelatih pertama yang memenangkan piala domestik di empat negara berbeda (Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol). Ia berhenti dari jabatannya sebagai pelatih Madrid mulai 1 Juni 2013,dengan kesepakatan bersama antara para pejabat klub.

Pada 3 Juni 2013, kepala eksekutif Chelsea Ron Gourlay menegaskan Mourinho kembali dengan durasi kontrak empat tahun. Dari pilihan asosiasi manajer di Inggris, Mourinho dianugerahi manajer terbaik musim ini berkat prestasinya untuk menyajikan dua gelar untuk Chelsea musim 2014/2015. Mourinho di nobat kan sebagai manajer terbaik LMA versi liga Inggris.

Sayangnya dia pada 17 Desember 2015 dia dipecat oleh klub Chelsea, setelah 7 bulan dia membawa Chelsea juara liga Inggris. Pemecatan itu datang dari penampilan Chelsea setelah dimulainya musim 2015-16. Mourinho diberhentikan dengan baik oleh manajemen Chelsea.

Pada 27 Mei 2016, Mourinho menandatangani kontrak tiga tahun dengan klub Manchester United. Di klu ini ia telah mempersembahkan tiga gelar untuk United: Community Shield (mengalahkan Premier League Leicester City 2-1 pada 7 Agustus 2016), Piala Liga Inggris (mengalahkan Southampton 3-2 pada 29 Januari 2017 di Wembley) dan Liga Europa (mengalahkan AFC Ajax 2-0 pada 24 Mei 2017), selama satu tahun masa kepelatihannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 16 =