Profil & Biografi Denzel Washington

Loading...

Denzel Hayes Washington Jr. atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Denzel Washington merupakan seorang aktor, sutradara, dan produser asal Amerika. Dia telah menerima tiga penghargaan Golden Globe, Penghargaan Tony, dan dua Academy Awards sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk film Glory (1989) dan Aktor Terbaik untuk perannya di Thriller kejahatan Training Day (2001).

Biografi Denzel Washington 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Denzel Washington
– Keluarga Denzel Washington
– Karir Denzel Washington
– Penghargaan yang didapat Denzel Washington

Kehidupan Pribadi
Dirinya terlahir di Mount Vernon, New York pada 28 Desember 1954, yang merupakan putra dari pasangan Denzel Hayes Washington, Sr. dan Lennis “Lynne”. Sebagai seorang anak, Denzel dibesarkan di lingkungan yang religius dan disiplin. Ketika Denzel lulus dari sekolah dasar, Pennington-Grimes Elementary School, ayahnya mengirim Denzel ke sekolah khusus di New Windsor, Military Oakland Academy. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya ke sekolah umum di Florida, Mainland High School, selama dua tahun.

Saat bermain dalam serial TV “Wilma”, ia mengenal calon istrinya, aktris TV bernama Pauletta Pearson. Mereka menikah pada 1983. Dari pernikahan tersebut, Denzel dikaruniai empat anak, yaitu John David, Katia dan si kembar, Olivia dan Malcolm.

Biografi Denzel Washington 2

Karir Sutradara
Pada tahun 2002, Denzel membuat debut penyutradaraannya dengan film biografi Antwone Fisher. Upaya pengarahannya yang kedua adalah The Great Debaters, yang dirilis pada tahun 2007. Upaya pengarahan ketiga Denzel, Fences, di mana ia juga membintangi, dirilis pada 16 Desember 2016, dan dinominasikan untuk Academy Award for Best Picture.

Karir Akting
Ketertarikan Denzel dalam berakting dimulai ketika dia bekerja sebagai penasihat di kamp musim panas Camp Sloane YMCA di Lakeville, Connecticut. Ketika bekerja sebagai penasihat kamp, ​​rekan kerja Denzel mendorongnya untuk mencoba karirnya di dunia akting. Mengikuti saran dari rekan-rekannya, Denzel juga mulai mengeksplorasi akting pendidikan yang lebih dalam di Lincoln Center di kampus.

Setelah lulus dan mendapatkan gelar B.A. untuk Drama dan Jurnalisme, Denzel mendapat beasiswa di American Conservatory Theater di San Francisco. Setahun kemudian Denzel kembali ke New York untuk mengejar aspirasi karir sebagai aktor profesional.

Biografi Denzel Washington 3

Pada tahun 1977, Denzel berhasil memulai debutnya sebagai peran utama pertamanya dalam serial TV “Wilma”. Tidak lama setelah kesuksesannya dalam serial TV “Wilma”, Denzel berhasil memulai debutnya sebagai aktor film melalui perannya sebagai Roger Porter dalam film “Carbon Copy” (1981). Kemampuan aktingnya dapat dilihat dalam film box-office seperti “The Pelican Brief” (1993), “The Bone Collector” (1999), “Inside Man”, “The Taking of Pelham 123” dan film yang dirilis Januari 2010, “”The Book of Eli”.

Denzel telah menerima banyak pujian kritis untuk pekerjaan filmnya sejak 1980-an, termasuk penggambaran tokoh-tokoh kehidupan nyata seperti aktivis anti-apartheid Afrika Selatan Steve Biko di Cry Freedom (1987), menteri Muslim dan aktivis hak asasi manusia Malcolm X di Malcolm X (1992), petinju Rubin “Hurricane” Carter dalam The Hurricane (1999), pelatih sepak bola Herman Boone dalam Remember the Titans (2000), penyair dan pendidik Melvin B. Tolson dalam The Great Debaters (2007), dan gembong narkoba Frank Lucas di American Gangster (2007).

Dikutip dari CNNIndonesia.com, sukses meraih dua piala Oscar, kini Denzel kembali meraup kesuksesan berkat film The Equalizer (2014). Sebelumnya, di tahun 2012 film Flight ia berhasil mendapat total penjualan tiket sebesar Rp 304 miliar dan di tahun 2013 film 2 Guns juga ia berhasil meraup sebesar Rp 328 miliar.

Dia telah menjadi aktor utama dalam film-film yang diproduksi oleh Jerry Bruckheimer dan sering menjadi kolaborator direksi Spike Lee, Antoine Fuqua dan Tony Scott. Pada tahun 2016, Denzel menempati urutan ketiga dikalahkan oleh aktor Tom Hanks yang berada diurutan pertama sebagai aktor kesayangan masyarakat Amerika Serikat dari lembaga bertajuk Harris Poll. Di tahun yang sama juga Denzel terpilih sebagai penerima Cecil B. DeMille Lifetime Achievement Award di Penghargaan Golden Globe ke-73.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =