Profil & Biografi Calvin Murphy

Loading...

Calvin Murphy adalah seorang pensiunan pemain bola basket profesional asal Amerika yang bermain sebagai ‘guard’ untuk NBA San Diego/Houston Rockets dari 1970 hingga 1983, dan saat ini merupakan anggota dari tim siaran TV Olahraga Rockets Houston Rockets. Di tahun 1993 dirinya masuk ke dalam Basketball Hall of Fame sebagai pemain NBA terpendek dan bermain dalam NBA All-Star Game (yang terakhir karena diikat oleh Yesaya Thomas di 2016).

Biografi Calvin Murphy 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Calvin Murphy
– Keluarga Calvin Murphy
– Karir Calvin Murphy

Kehidupan Pribadi
Anak dari pasangan Phyllis Davidson dan Ina Miller memiliki nama lengkap Calvin Jerome Murphy yang lahir pada tanggal 9 Mei 1948. Dirinya terlahir lebih muda satu tahun dari pensiunan pemain bola basket NBA lain, Kareem Abdul-Jabbar. Dirinya memiliki tinggi 5 kaki 9 inci (1,75 m). Murphy dikonfirmasi telah menjadi ayah dari empat belas anak dari sembilan wanita yang berbeda.

Biografi Calvin Murphy 2

Perjalanan Karir
Sebelum bermain basket, Calvin Murphy adalah pemain baton twirler. Pada tahun 1963, ia memenangkan kejuaraan nasional dalam baton twirler. Reputasinya sebagai twirler membuatnya mendapatkan undangan untuk tampil di acara olahraga besar dan York World’s Fair tahun 1964. Pada tahun 1977, pada puncak karir basketnya di Houston, Murphy memenangkan Kejuaraan Twirling Texas State.

Dia mulai bermain basket untuk Norwalk High School, di mana dia All-State tiga kali dan All-America dua kali. Dia adalah anggota dari Hall of Fame Konsultan Pelatih Connecticut dan pemenang Penghargaan Kunci Emas Sportswriters Connecticut. Dilansir dari Wikipedia.org, Murphy kuliah di Universitas Niagara, dimana dia adalah All-American tiga kali. Dia mencetak 2.548 poin dalam 77 pertandingan (33,1 poin per game).

Salah satu permainan terbaiknya adalah 68-poin outing melawan Syracuse University di Niagara Gallagher Center. Pada tahun 1970, ia memimpin Niagara ke turnamen NCAA dan maju ke putaran kedua, di mana mereka kalah dari Villanova. Selama karirnya ia terkenal sebagai salah satu dari “The Three M’s”, bersama dengan Pete Maravich dan Rick Mount, keduanya adalah NCAA Men’s Division I Basketball All-American bersama Murphy. Murphy adalah anggota dari persaudaraan Iota Phi Theta.

Biografi Calvin Murphy 3

Murphy diposisikan oleh San Diego Rockets (sekarang Houston Rockets) sebagai pick pertama di babak kedua (keseluruhan 18) dari draft NBA 1970. Di musim pertamanya, Murphy dinominasikan ke tim NBA All-Rookie. Meskipun pendek dari pemain yang lain, Murphy dikenal memiliki kecepatan dan kemampuan defensif.

Murphy adalah salah satu pemegang rekor lemparan bebas tertinggi dan terbaik yang pernah ada. The Rockets berhasil mencapai final NBA pada tahun 1981, kalah dari Boston Celtics dalam enam pertandingan. Setelah pensiun dari NBA pada tahun 1983, Calvin Murphy dilantik menjadi Hall of Fame Basket pada tahun 1993.

Setelah pensiun, Murphy terus bekerja untuk organisasi Rockets dalam berbagai peran, terutama sebagai analis televisi untuk permainan Rockets. Saat ini dia adalah analis paruh waktu dan pasca-permainan untuk siaran Rockets lokal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − three =