Profil & Biografi Ryan Giggs

Loading...

Memiliki nama lahir Ryan Joseph Wilson, membuat mantan pemain sepak bola Wales yang lebih dikenal dengan nama Ryan Giggs menjadi sosok pemain sepak bola yang sepenuhnya berkarir profesional untuk Manchester United sejak 1990 hingga pensiun pada tahun 2014. Penguasaan bola dan kemampuannya untuk menciptakan peluang mencetak gol bagi rekan setimnya, membuat Giggs sekalipun sudah pensiun, dipercaya untuk menjadi Asisten Pelatih di klubnya, Manchester United hingga 2016.

Biografi Ryan Giggs 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Ryan Giggs
– Keluarga Ryan Giggs
– Karir sebagai pemain
– Karir sebagai pelatih

Kehidupan Pribadi
Mantan pemain bola MU ini terlahir di Cardiff, Wales, Inggris, 29 November 1973. Ayahnya bernama Danny Wilson, pemain rugby dan Ibunya bernama Lynne. Dirinya memiliki adik laki-lakinya bernama Rhodri Giggs, yang juga merupakan seorang pemain sayap yang bermain untuk FC United of Manchester, klub non-liga yang didirikan oleh fans yang tidak setuju dengan pengambilalihan Manchester United oleh Malcolm Glazer. Giggs menikahi pacar lamanya, Stacey Cooke, pada tahun 2007. Mereka memiliki dua anak bernama Liberty dan Zach, keduanya lahir di Salford.

Biografi Ryan Giggs 2

Karir Pemain Bola
Giggs membuat penampilan pertamanya untuk klub selama musim 1990-1991 dan telah menjadi pemain reguler sejak musim 1991-1992. Selama tahun 1990an, Giggs berhasil membuktikan bahwa dirinya layak menjadi pemain sayap kiri terbaik untuk klubnya. Tidak hanya ditahun itu saja, kepantasannya berlanjut pada posisi yang sama sampai tahun 2000-an, meskipun ia telah semakin banyak digunakan dalam peran playmaking terutama dalam beberapa tahun terakhirnya bermain.

Dirinya menjadi sosok pemain pertama terbanyak yang tampil untuk MU sepanjang sejarah(805 kali) setelah memecahkan rekor Sir Bobby Charlton (758 kali) dan menjadi pemain terlama yang membela klub Manchester United. Dia telah mengalahkan rekor pemain Liverpool F.C., Alan Hansen dan Phil Neal, karena berhasil memenangkan dua belas gelar liga bersama Manchester United. Selain itu, ia pun memperoleh empat gelar Piala FA, dua gelar Piala Liga dan dua gelar Liga Champions.

Biografi Ryan Giggs 3

Dilansir dari Goal.com, loyalitas Giggs kepada Manchester United selama lebih dari 18 tahun, harus menjadi panutan bagi para pemain muda sekarang ini. Karena seperti yang diketahui hal ini adalah sangat kontras dengan gaya pemain sekarang yang setiap musim pindah klub demi mencari bayaran yang lebih tinggi.

Berkat jasa dan pengabdiannya untuk sepak bola Inggris, Giggs berhasil memperoleh gelar Order of British Empire (OBE), yang artinya dirinya diperbolehkan menggunakan jabatan ‘Sir’ dari Ratu Inggris 2007. David Beckham dan Alan Shearer juga mendapat gelar yang sama.

Karir Pelatih
Giggs memulai musim 2013-2014 dengan menjadi Asisten Pelatih David Moyes dan sekaligus masih menjadi pemain. Pada saat David Moyes dipecat tanggal 22 April 2014, akhirnya Giggs Pun dipercaya menangani Manchester United hingga Manajemen mencari pelatih pengganti. Pada 26 April 2014, pertandingan pertama Giggs menjadi pelatih, Giggs berhasil mensukseskan pertandingan pertamanya untuk klub yang dilatihnya dan berhasilkan mengalahkan Norwich City dengan skor 4 – 0.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 8 =