Profil & Biografi Adam Smith

Loading...

John Adam Smith atau lebih dikenal dengan nama Adam Smith adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Beliau lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723. Ayahnya adalah seorang pengacara yang telah meninggal sebelum ia dilahirkan, hanya ibunya yang menemaninya waktu itu diumurnya yang ke 90 tahun.

Biografi Adam Smith 2

Adam Smith bukanlah orang pertama yang mengabdikan diri pada teori ekonomi, banyak gagasan-gagasannya yang populer bukanlah asli keluar dari kepalanya. Namun, dialah orang pertama yang menghadirkan teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna yang cukup tepat sebagai dasar bertolak untuk perkembangan bidang itu di masa depan.

Biografi Adam Smith 1

Pada usia 13, Smith masuk ke Universitas Glasgow, dimana dia belajar tentang filosofi matematika, ekonomi politik serta moral. Disini, Smith meningkatkan hasrat kuatnya akan kebebasan, akal sehat, serta kebebasan memiliki pendapat. Tahun 1740 dia dianugerahi Snell exhibition serta masuk ke Universitas Balliol, Oxford, namun dia meninggalkan kampus itu di tahun 1746. Dalam Buku ke V dari The Wealth of Nations, Smith berkomentar pada instruksi kualitas rendah serta kegiatan intelektual yang berjumlah sedikit dibandingkan dengan di Skotlandia. Komentarnya ditujukan pada beberapa orang yang dianugerahi kekayaan dari kampus-kampus Oxford dan Cambridge, dimana membuat pemasukan dari beberapa profesor tak berdasarkan pada kekuatan mereka untuk menarik murid, serta pada kenyataan bahwa beberapa orang yang menyaru sebagai “Men of Letters” dapat menikmati kehidupan lebih nyaman dari menteri di Church of England.

Biografi Adam Smith

Lewat karyanya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations atau lebih popular dengan sebutan The Wealth of Nations, Adam Smith mulai dikenal juga sebagai pelopor ekonomi kapitalis (ilmu ekonomi moderen). Smith beradu pendapat serta menentang teori lama ekonomi perdagangan yang mengutamakan arti penting perlunya negara mempunyai persediaan batangan emas dalam jumlah besar. Begitu juga, bukunya menolak pandangan beberapa physiokrat yang mengatakan bahwa tanah adalah sumber paling utama dari nilai. Sebaliknya Smith menekankan arti pokok yang paling utama merupakan tenaga kerja.

Smith dengan gigih mengutamakan bahwa penambahan produksi bisa dicapai melalui pembagian kerja dan dia menyerang habis seluruh ketentuan pemerintah yang usang dan campur tangannya tersebut hambatan-hambatan yang menghambat perubahan serta pelebaran industri. Tahun 1778 Smith ditunjuk untuk menempati pos sebagai komisioner untuk bea cukai di Skotlandia. Dia wafat di edinburgh pada 17 Juli 1790 lantaran sakit keras serta dikuburkan di Canogatw Kirkyard. Smith meninggalakan banyak catatan serta material yang tidak dipublikasikan, namun memberi instruksi untuk menghancurkan apa pun yang tidak layak dipublikasikan. Pengikut kontemporer Adam Smith termasuk juga John Millar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 2 =