Profil & Biografi Napoleon Bonaparte

Loading...

Jika berbicara mengenai kota Paris, Perancis mungkin yang terbersit di pikiran Anda adalah keindahan menara eifel yang romantis serta kiblat mode fashion masa kini. Namun, ketika disinggung mengenai tokoh-tokoh penting di Perancis mungkin Anda akan sedikit mengerutkan dahi sembari berpikir siapa saja tokoh yang memiliki peranan penting. Salah satu tokoh yang memiliki peranan penting di Perancis adalah Napoleon Bonaparte. Beliau adalah seorang jendral dan kaisar perancis yang terkenal.

Shows: Napoleon Source: drew gardner

Terlahir di pulau Korsika, 15 Agustus 1769 dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte yang dalam bahasa Korsika Nabolione atau Nabulione. Ayahnya bernama Nobile Carlo Bounaparte yang berprofesi sebagai seorang pengacara dan pernah menjadi perwakilan korsika saat Louis XVI berkuasa pada tahun 1777. Ibunya sendiri bernama Maria Letizia Ramolino.

Kebangsawanan, kekayaan, serta koneksi keluarganya yang luas memberikan kesempatan padanya untuk belajar hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Ia telah menjadi siswa di Akademi Militer Brienne saat usianya menginjak 10 tahun. Dan berkat kecerdasan yang dimilikinya, Napoleon pun lulus akademi pada usia 15 tahun.

Pada usia 25 tahun pasca Revolusi Perancis Napoleon diangkat menjadi panglima perang kerajaan Perancis. Karier militernya semakin menanjak setelah dia berhasil menumpas kerusuhan yang disebabkan oleh kaum pendukung royalis dengan cara menembakkan meriam dari atas menara di kota Paris. Kerusuhan ini terjadi usianya memasuki 26 tahun, lebih tepatnya pada tahun 1795. Berbagai perang yang dimenangkannya diantaranya melawan Austria dan Prusia.

Biografi Napoleon Bonaparte 1

Kemenangan dalam setiap peperangan membuat rakyat Perancis memilihnya sebagai Konsul. Dua tahun kemudian, rakyat Perancis menobatkan Napoleon sebagai Kaisar Perancis. Ia terkenal sangat kejam terhadap lawannya tetapi sangat dihormati oleh pasukannya.

Dalam organisasi militer, Napoleon mengenalkan istilah korps yang terdiri dari beberapa kumpulan divisi. Pembentukan korps ini juga diikuti oleh besarnya pendaftaran tentara sehingga diperlukan suatu kesatuan tentara yang lebih besar dari divisi.

Selain itu, Napoleon juga dikenal dengan penggunaan artileri secara besar-besaran untuk menghancurkan tentara musuh. Dalam pemilihan artileri, Napoleon memilih artileri yang memiliki mobilitas tinggi agar dapat mendukung taktik manuver yang digunakannya dalam pertempuran. Salah satu artileri yang sering digunakan yaitu meriam Sistem Tahun XI yang merupakan inovasi dari meriam Sistem Gribeauval.

Biografi Napoleon Bonaparte

Pada masa kejayaannya, Napoleon Bonaparte menguasai hampir seluruh dataran Eropa baik dengan diplomasi maupun peperangan. Wilayah tersebut meliputi Belanda, Spanyol, Swedia. Selain itu, di bawah kekuasaannya beliau juga merebut sebagian besar wilayah Italia seperti Austria dan Polandia.
Namun sangat disayangkan masa kepemimpinannya harus meredup akibat kekalahan yang dialami pada pertempuran laut di Trafalgar antara armada Perancis-Spanyol. Kekalahan ini menjadi akhir dari karirnya sebagai Kaisar Perancis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 3 =