Profil & Biografi James Watt

Loading...

Pernahkah Anda pergi berlibur dengan mengendarai kereta api yang masih menggunakan mesin yang masih mengeluarkan asap atau disebut dengan mesin uap? Namun, ingatkah Anda dengan seorang tokoh yang menemukan meish uap itu sendiri? Penemu mesin uap adalah James Watt. Seorang matematikawan sekaligus insinyur yang berasal dari tanah Skotlandia. Beliau dilahirkan pada 19 Januari 1736 tepatnya di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia.

Biografi James Watt 1

Kedua orang tuanya adalah Presbiterian dan Covenanters yang kuat. Ayahnya berprofesi sebagaoi seorang pembuat kapal, pemilik kapal dan kontraktor, dan juga menjabat sebagai kepala Baillie kota. Sementara ibunya senidir yaitu Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan. Kakeknya sendiri berprofesi sebagai seorang guru matematika dan Baillie ke Baron dari Cartsburn.

Dimasa sekolahnya dahulu, James Watt bersekolah secara tidak teratur, namun tetap mendapatkan pendidikan di rumah oleh ibunya sendiri. Beliau memiliki kemampuan dalam ilmu matematika dan sangat menyukai legenda dan cerita rakyat Skotlandia.
Ketika berusia 18 tahun, Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan study tentang pembuatan instrument dan peralatan selama satu tahun. Kemudian beliau kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya. Dengan dibantu oleh tiga orang professor yang ada di Universitas Glasgow, James Watt akhirnya diberi kesempatan untuk membuka bengkel kecil disana.

Biografi James Watt 2

Setelah empat tahun berjalan, James Watt mulai melakukan percobaan dengan mesin uap. Pada saat itu, Watt sama sekali tidak pernah mengoperasikan mesin uap, tetapi dia tetap berusaha untuk membuat satu model mesin.

Berawal dari kegiatannya dalam membetulkan mesin ciptaan Newcomen yang dianggapnya masih terdapat kekurangan. Percobaan pertama ia menghasilkan satu enambahan ruang terpisah yang diperkokoh dan berhasil di patenkan pada tahun 1769. Dia juga membuat isolasi pemisah untuk mencegah menghilangnya panas pada silinder uap serta menemukan mesin ganda. Dengan beberapa perbaikan kecil, pembaruan yang ditemukannya ini menghasilan peningkatan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih.

Kemudian, beliau juga menemukan seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini meningkatkan secara besar-besaran penggunaan mesin uap. Selain itu, Watt juga berhasil menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis, menciptakan alat pengukur bertekanan, alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap sebagai tambahan perbaikan lainnya.

Biografi James Watt

Penemuan mesin uap oleh James Watt memainkan peranan penting dalam Revolusi Industri. Pada tahun 1819, James Watt meninggal dunia, tepatnya pada 25 Agustus 1819 di Handsworth, Birmingham, Inggris. Hingga akhir hayatnya, beliau telah memiliki 6 hak paten atas penemuan-penemuan yang dilakukannya. Selain itu, atas jasanya nama Watt juga disematkan sebagai hal yang penting untuk mengenang jasanya. Seperti penggunaan namanya untuk satuan energi hingga penggunaan pada suatu nama universitas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + nineteen =