Profil & Biografi Michael Faraday

Loading...

Listrik merupakan sumber energi yang digunakan untuk membantu kelangsungan hidup manusia. Berkat penemuan yang ditemukan oleh Michael Faraday, kita dapat menikmati listrik untuk penerangan dan lainnya. Michael Faraday adalah seorang imuan asal Inggris yang menemukan listrik dan dijuliki sebagai “Bapak Listrik”.

Biografi Michael Faraday 1

Berkat hasil kerja keras ilmuan inggris ini dalam menemukan listrik, listrik telah menjadi teknologi yang banyak berguna untuk setiap orang. Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di kota Newington, Inggris. Keluarganya pindah ke Inggris di saat musim dingin terjadi pada tahun 1790. Michael Faraday adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Pada saat usianya berumur 14 tahun ia bekerja sebagai penjual dan penjilid buku. Setelah sekian lama ia bekerja sebagai penjual dan penjilid buku, kesempatan ini membuatnya lebih banyak dipergunakan untuk membaca banyak buku dan pada saat inilah ia mengembangkan rasa keingintahuannya pada Sains.

Saat usianya 20 tahun ia berhenti bekerja dan berkuliah yang akhirnya bertemu dengan ilmuan yang bernama Humphry Davy. Disinila ia kemudian berhubungan langsung dengan Davy dan pada akhirnya ia mempunyai kesempatan untuk menjadi asisten Davy.

Biografi Michael Faraday 2

Penemuan pertama Michael Faraday yang paling penting adalah penemuannya di bidang listrik yang terjadi pada tahun 1821. Dua tahun sebelum Michael Faraday menemukan listrik, ilmuan yang bernama Oersted sudah menemukan bahwa jarum magnet kompas dapat berjalan jika arus pada listrik dialirkan pada kawat yang berdekatan. Hal ini membuat Michael Faraday membuat kesimpulan, jika magnet didekatkan maka kawat akan ikut bergerak. Dalam kerjanya kerasnya dalam hal ini, ia berhasil membuat skema yang sangat jelas dimana kawat akan terus berputar jika berdekatan dengan magnet. Dalam hal ini ia pun sudah menemukan motor listrik pertama, skema pertama yang penggunaan arus listriknya membuat sesuatu benda bergerak. Walaupun penemuannya ini masih sangat kuno tetapi ini merupakan motor listrik pertama dari semua motor listrik yang digunakan di seluruh dunia hingga saat ini.

Pada tahun 1831, Michael Faraday menemukan sebuah teori bahwa jika magnet dilewati oleh sepotong kawat, maka arus listrik akan mengalir di kawat sedangkan magnet akan bergerak. Keadaan seperti ini disebut sebagai “pengaruh elektro magnetik”. Penemuan ini disebut dengan “Hukum Faraday” dan pada umumnya penemuannya ini dianggap sebagai penemuan yang terpenting dan terbesar.

Biografi Michael Faraday

Ia juga memberi sumbangan ilmunya di bidang kimia. Dia merencanakan untuk mengubah gas menjadi cairan, ia juga menemukan berbagai jenis kimiawi termasuk juga benzene. Penemuannya yang lebih penting adalah usahanya di bidang elektro kimia, dimana ia melakukan penyelidikan terhadap akibat kimia ke arus listrik. Penyelidikannya ini dilakukan dengan ketelitian yang sangat tinggi dan menghasilkan dua hukum kimia.

Michael Faraday bukan hanya cerdas tetapi ia juga termasuk pria yang sangat tampan dan mempunyai gaya sebagai seorang ilmuan. Walaupun seperti itu ia adalah sosok pria yang sederhana, dan tidak peduli dalam hal uang, kekayaan, sanjungan dan juga kemasyuran. Ia pun menolak diberikan gelar bangsawanan dan juga menolak untuk menjadi ketua British Royal Society. Sewaktu pernikahannya berlangsung ia dan keluarganya sangat bahagia, tetapi sayangnya keluarganya tidak diberi kesempatan untuk mempunyai keturunan. Michael Faraday meninggal pada tanggal 25 Agustus 1867 di kota London.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − five =